Sejumlah Statistik dan Fakta di Sirkuit Laguna Seca

CALIFORNIA, (PRLM).-Persaingan di arena balapan MotoGP semakin panas saja. Apalagi sejak kemunculan juara dunia sembilan kali GP Valentino Rossi pasca absen dari balapan karena mengalami cedera yang memaksanya untuk beristirahat dari sengitnya persaingan balapan selama enam pekan.

Sementara dominasi rekan setim Jorge Lorenzo terhenti di seri kedelapan Sachsenring, Jerman yang diwarnai dengan insiden kecelakaan yang menimpa sejumlah pembalap. Mampukah Jorge Lorenzo akan kembali naik podium sebagai juara di sirkuit yang penuh dengan sejarah balapan di sirkuit Laguna Seca di akhir pekan ini?

Berikut ini adalah fakta dan statistik yang mewarnai seri kesembilan "Red Bull U.S. Grand Prix" yang akan berlangsung, Minggu (25/7) nanti.

Pembalap asal Prancis Randy de Puniet (LCR Honda MotoGP) mengalami cedera patah pada bagian "tibia" kaki kiri dan tulang betis dalam kecelakaan di Sachsenring Jerman. Yang memaksanya harus absen di seri balapan yang berlangsung di Amerika Serikat. Pupus pula untuk mencetak rekor sebagai pembalap yang secara berturut-turut start sebanyak 190 kali selama karir balapannya, sejak debut pertamanya di Grand Prix pada 1999.

Setelah seri balapan MotoGP di Jerman ada 67 pembalap MotoGP asal Amerika Serikat yang tak pernah meraih podium juara di "rumahnya" sendiri. Gelar juara terakhir diraih Nicky Hayden di Laguna Seca pada
2006.

Pada hari dimana balapan digelar akan menjadi hari ulang tahun kemenangan yang ke-34 bagi mendiang pembalap asal Inggris Barry Sheene yang memenangkan Grand Prix di Swedia Anderstorp pada 1976, sebuah kemenangan gelar juara dunia pertamanya dan gelar pertama bagi Suzuki di kelas utama 500cc.

Kemenangan pembalap asal Spanyol Dani Pedrosa di Grand Prix Jerman adalah kemenangan yang ke-33 selama karirnya di semua kelas balapan dengan mesin Honda. Setara dengan yang diraih oleh Valentino
Rossi saat masih membela tim Honda. Hanya ada tiga pembalap telah memenangkan lebih banyak seri balapan Grand Prix untuk Honda yaitu Mick Doohan (54 kali menang), Jim Redman (45 kali menang) dan Mike
Hailwood (41 kali menang).

Pada hari dimana sesi kualifikasi digelar di Laguna Seca, bertepatan dengan kemenangan yang diraih pembalap asal Texas, Amerika Serikat Kevin Schwantz di kelas utama 500cc yang berlangsung
di sirkuit Donington Park, Inggris pada 1994, setelah mengalami kecelakaan saat sesi kualifikasi. Merupakan gelar juara terakhir dari 25 kemenangan Grand Prix-nya.

Penyelenggaraan balapan yang ke-15 kalinya di Amerika Serikat. Dua seri pertama GP di Amerika Serikat yaitu pada 1964 dan 1965 digelar di sirkuit Daytona, ada sebanyak 11 kali seri GP diadakan
di sirkuit Laguna Seca dan selama dua tahun terakhir digelar pula di sirkuit Indianapolis.

Kemenangan pembalap asal Spanyol Dani Pedrosa di seri Jerman lalu, merupakan kemenangan yang ke-10 di kelas utama. Jumlah tersebut sama dengan yang diraih oleh rekan senegaranya Jorge Lorenzo. Satu-satunya pembalap asal Spanyol yang memenangkan lebih banyak balapan di kelas utama adalah Alex Crivillé dengan 15 kali juara di kelas utama.

Jorge Lorenzo secara berturut-turut naik podium di kelas utama sebanyak delapan kali di musim balapan 2010 ini, masuk kedalam deretan pembalap terkemuka yang meraih podium secara berurutan di kelas utama
seperti yang telah diraih oleh legenda GP Giacomo Agostini, Wayne Rainey, Mick Doohan, Kevin Schwantz dan juara dunia sembilan kali GP Valentino Rossi .

Pembalap asal Spanyol telah memenangkan tujuh balapan terakhir MotoGP, merupakan masa kemenangan terpanjang di kelas utama berdasarkan negara asal pembalap.

Setelah seri Sachsenring Jerman, hanya ada empat pembalap yang telah mencetak poin di setiap seri balapan, dari delapan seri MotoGP yang telah digelar sepanjang musim balapan 2010 ini yaitu Jorge
Lorenzo, Dani Pedrosa, Andrea Dovizioso dan Hector Barbera.

Sebanyak tiga orang pembalap (Lorenzo, Pedrosa dan Stoner) yang telah naik podium pada tiga seri terakhir.

Pembalap asal Italia Valentino Rossi belum pernah start di posisi satu (pole position) di seri Laguna Seca.(Ton/kur)***

Baca Juga

19 Merek Mobil dan 7 Merek Motor Ramaikan BCA Expo 2018

NGAMPRAH, (PR).- Bandung menjadi salah satu pasar mobil yang potensial. Hal itu dibuktikan dengan kemunculan beberapa diler dari sejumlah pabrikan. Mereka berupaya menangkap peluang, tingginya minat masyarakat yang ada di Bandung terhadap otomotif.

DFSK Gelar Program Super Experience Activity

BANDUNG, (PR).- rata-rata setiap tahun tercatat pertambahan kendaraan bermotor yang lalu-lalang di jalanan kota Bandung sebesar sebelas persen. Sehingga tak kurang dari 1,5 juta kendaraan bermotor ada di wilayah kota Bandung dan sekitarnya.