Opini

Cawapres Sunda Opsi Kemenangan

Artinya, usulan Ki Sunda agar Jokowi atau Prabowo untuk mengambil Ahmad Heryawan dan Yuddy Chisnandi sebagai calon wakil presiden, bukan sekedar aspirasi dari entitas kedua terbesar di Indonesia, tetapi sebuah opsi potensial yang menjanjikan kemenangan.

Menanti Pemimpin Milenial

Tantangan yang tidak mudah, mengelola dan membangun penduduk yang banyak dengan luas wilayah yang tidak sedikit. Namun demikian, Ridwan Kamil setidaknya tidak perlu bekerja dari nol. Sudah banyak capaian pembangunan yang telah diraih pemimpin sebelumnya. Jika dimanfaatkan dengan baik, ini bisa menjadi modal awal yang kuat.

Membenahi Peradilan

Kementerian Hukum dan HAM beserta jajaran terkait mempunyai tugas mengawasi dan mengamati lapas sebagai pihak internal. Sedangkan pengawasan dan pengamatan eksternal seharusnya dilakukan oleh hakim wasmat. Apabila sistem pengawasan dan pengamatan tersebut berjalan secara terpadu dengan laporan secara berkala tentu saja tidak akan ditemukan sel mewah di rutan atau lapas juga tidak akan ada napi pelesiran dan tidak perlu ada Satgas Pemberantasan Mafia Hukum atau OTT KPK.

Lapas Koruptor

Ketika palu hakim Pengadilan Tipikor diketok untuk menghukum koruptor, semuanya dianggap selesai disitu. Padahal proses menjalani hukuman di lapas juga mestinya menjadi garapan dalam proses pemberantasan korupsi. Dari berbagai kejadian suap menyuap di lapas dimana sejumlah kalapas dari berbagai di Indonesia diberikan sanksi copot jabatan, menunjukan lapas telah gagal menjalankan fungsinya sebagai lembaga pemasyarakatan.

Dunia Tanpa Pemimpin

Indonesia negara terbesar di Asia Tenggara dianggap mampu bertransformasi menjadi negara demokrasi. Dikenal sebagai negara dengan kepercayaan rakyat terbesar terhadap pemerintahnya (OECD, Government at a Glance 2017, 13/7/17). Keanggotaan Tidak Tetap Indonesia dalam DK PBB menjawab harapan dunia agar lebih berperan dalam perdamaian dan keamanan dunia. Jika program pemberantasan korupsi, reformasi di bidang penegakan hukum, reformasi birokrasi, pemerataan ekonomi serta peningkatan kualitas dan pendidikan sumber daya manusia berjalan baik, bukan hal yang mustahil Indonesia memimpin transformasi badan dunia tersebut.

Koperasi Kreasi Baru

Dukungan penguasaan teknologi informasi bagi pelaku menjadi penting untuk menciptakan kreasi baru (create value) dalam proses bisnis koperasi. Di kalangan generasi milenial kini telah banyak lahir bisnis koperasi baru yang sangat “membingungkan” bagi para pelaku lama koperasi. Hal ini sering penulis temukan dalam berbagai kegiatan pelatihan yang dijalankan oleh gerakan koperasi. Maka dapat dipastikan, bila ada pendapat yang mengatakan koperasi saat ini mengalami kemunduran, bisa dipastikan yang dimaksud adalah koperasi yang masih mengandalkan kreasi lama, yang belakangan ini jumlah dan aktivitas usahanya semakin menyurut.

Netralitas ASN

Jika ASN harus memiliki integritas, itu hal yang penting. Dengan integritas kepada negeri dan bangsanya akan mengembangkan kapasitas, kapabilitas serta personality jempolan seperti ditulis Sulistyani (2008). Oleh sebab itu, integritas tersebut jangan dibelokkan untuk sejumlah pihak yang sedang berambisi menjadi penguasa. Tidak heran bila Sutor (1999) menghendaki ASN untuk berintegritas kepada publiknya agar kebutuhan publik dapat dilayani dengan baik walaupun mengabaikan kepentingan politik penguasanya. 

Pilkada & Piala Dunia

Akhirnya, alangkah indahnya bila memaknai pilkada sebagai peristiwa kompetisi sebagaimana halnya sepak bola. Meniru tradisi simbolik nilai-nilai sportivitas sepak bola seperti selebrasi kemenangan yang tidak berlebihan, saling bertukar kostum skuad antarpemain yang sebelumnya bertarung, atau saling berpelukan untuk melupakan kompetisi yang baru saja lewat. Memandang pilkada sebagai kompetisi bukan sebagai konflik, sebuah pertarungan tapi bukan sebuah sengketa yang menjunjung etika dan  sportivitas.

Kang Iwan & Netralitas Pilgub Jabar

Dengan modal sosial tersebut, Iwan diharapkan mampu menjadi leader dalam forum muspida guna menjaga proses pilkada dengan memerankan diri sebagai wasit atau tokoh sentral di Jabar yang jika terjadi sesuatu bisa menjadi figur pemersatu dan mampu memberikan kenyamanan bagi seluruh pihak yang terlibat dalam proses pilkada. M Iriawan tentu sangat sadar bahwa dirinya bukan saja mempertaruhkan karier pribadinya, tetapi di pundak dia juga institusi Polri akan dipertaruhkan. Tentu dia tidak akan mengorbankan karier pribadinya dan kehormatan institusi kepolisian.

Etape Akhir Pilgub

Etape akhir Pilgub Jabar menjelang hari pencoblosan merupakan saat-saat yang menentukan bagi para paslon. Paslon yang mampu memanfaatkan momentum penting, memobilisasi suara di kantung-kantung pemilih besar, merekrut political endorser dan siap menghadapi serangan kampanye hitam mempunyai potensi besar untuk memenangkan Pilgub Jabar.

Dukungan pada Kemerdekaan Palestina

Karena itulah momentum Hari Al Quds Internasional tanggal 8 Juni perlu dimanfaatkan untuk mengarusutamakan kembali dukungan publik pada Palestina serta mengingatkan bangsa ini kepada janji Bung Karno (1962), “Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel.

Citarum & Daya Saing Bangsa

Kita dapat melaksanakan pembuatan peralatan teknologi untuk sistem percepatan program Citarum Harum. Di Bandung pendidikan keahlian politeknik kita memiliki lulusan yang sudah berhasil berkreasi dengan berbagai produk teknik yang dihasilkannya. Dengan memberdayakan kaum muda pembelajar maupun lulusan dalam negeri, kita mampu menghasilkan peralatan percepatan untuk menangani proses sungai bersih baik sampah maupun limbah beracun.