Timnas U-19 Petik Kemenangan 3-1 Atas Taiwan, Strategi Lawan Sesuai Perkiraan

Tiimnas U-19/ANTARA
PESEPAK bola Indonesia Egy Maulana Vikri berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Taiwan dalam laga Grup A Piala Asia U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, 18 Oktober 2018. Indonesia menang dengan skor 3-1.*

JAKARTA, (PR).- Pelatih tim nasional sepak bola U-19 Indonesia Indra Sjafri mengatakan, strategi bermain yang diterapkan Taiwan dalam pertarungan kedua tim di Grup A Piala U-19 Asia 2018, Kamis, 18 Oktober 2018 malam, sesuai dengan perkiraannya. Indra menyebut, hal itu membuat para pemainnya bisa menyesuaikan diri dengan baik di pertandingan dan akhirnya menang dengan skor 3-1.

"Apa yang ditunjukkan Taiwan sudah kami perkirakan. Mereka menampilkan pertahanan rapat. Namun pemain kami sabar dan merespons dengan baik hingga kami meraih tiga poin," ujar Indra usai pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Dia melanjutkan, pertahanan ketat Taiwan membuat anak-anak asuhnya harus menyerang dari sisi lapangan dan beberapa kali melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Taktik itu berjalan dengan baik, ditunjukkan dari ketiga gol Indonesia di babak kedua yang selalu berawal dari sisi kiri maupun kanan pertahanan Taiwan.

"Di babak kedua ini kami melihat mereka tidak lagi menekan pemain kami sejak dari tengah lapangan dan garis pertahanan Taiwan lebih tinggi dibandingkan paruh pertama laga. Kami pun bisa memanfaatkan ruang kosong di belakang garis pertahanan mereka," tutur Indra.

Sementara terkait satu gol Taiwan yang tercipta karena salah antisipasi bek Nurhidayat Haji Haris, Indra Sjafri mengakui itu adalah kesalahan lini belakangnya.

Menurut pelatih asal Sumatera Barat itu, kejadian tersebut menjadi salah satu hal yang akan dievaluasi menuju laga berikutnya di Grup A pada Minggu, 21 Oktober 2018 menghadapi Qatar.

Tim nasional sepak bola U-19 Indonesia berhasil menaklukkan Taiwan dengan skor 3-1 di laga Grup A Piala U-19 Asia 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis.

Gol pertama dipersembahkan oleh Egy Maulana Vikri di menit ke-50 yang memanfaatkan umpan silang Witan Sulaeman.

Witan lalu mencetak gol pada menit ke-70 melalui sundulan dan gol keduanya ditorehkannya pada di menit ke-89. Sementara gol Taiwan dibuat pada menit ke-52 oleh Wang Chung-Yu.

Kemenangan itu membuat Indonesia untuk sementara memimpin Grup A dengan keunggulan selisih gol dari peringkat dua Uni Emirat Arab yang menaklukkan Qatar 2-1 di laga sebelumnya.***

Baca Juga

Timnas Indonesia Kini, Darah Muda Bikin Juara Bukan Cuma Mimpi

TAHUN ini mungkin jadi  tahunnya generasi muda Tim Nasional Indonesia. Mulai dari Timnas U-16 hingga U-23 di Asian Games 2018, semua menunjukkan performa yang ciamik, meskipun secara hasil bisa dibilang masih belum beruntung.