Haornas Momentum Evaluasi Olahraga Indonesia

Pemberian Bonus Atlet/ANTARA
PRESIDEN Joko Widodo (kedua kanan) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla melihat isi buku tabungan saat pemberian bonus kepada atlet peraih medali di Istana Negara, Jakarta, Minggu, 2 September 2018 lalu. Pemerintah memberikan bonus kepada para atlet yang berhasil meraih medali dalam ajang Asian Games 2018.*

TERNATE, (PR).- Perayaan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-35 2018 di Ternate, Maluku Utara, diharapkan bisa menjadi momentum untuk mengevaluasi olah raga Indonesia. Mengingat tahun ini merupakan tahun yang menggairahkan untuk olahraga nasional yang puncaknya adalah pencapaian apik di Asian Games 2018 lalu.

Apa yang ingin dicapai berikutnya, karena setelah pelaksanaan Asian Games, akan ada Asia Para Games 2018 yang juga diharapkan bisa menyamai pencapaian Asian Games 2018.

"Haornas ini merupakan momentum terbaik untuk evaluasi olah raga kita. Apa harapan kedepannya yang bisa ditatap secara optimis karena bulan depan ada APG. Namun, bukan hanya olahraga prestasi saja, tapi juga di olahraga rekreasi dan olahraga pendidikan yang merupakan salah satu cara untuk pembentukan karakter bangsa apa yang bisa ditingkatkan," tukas Deputi III pembudayaan olahraga Kemenpora, Raden Isnanta dalam pembukaan pameran Olahraga di Gd. Dhuafa, Ternate, Jumat, 7 September 2018.

Dengan tema  "Ayo Olahraga Bangun Indonesia", diharapkan olahraga membangun semua lini. Dalam konteks lewat olahraga, masyarakat Indonesia bisa semakin meminati untuk berolahraga dan jadi kebutuhan hidupnya. Karena dengan begitu, akan lahir generasi olahraga dunia seperti terbukti pada Asian Games 2018 lalu.

"Lewat olahraga juga, kita juga sama-sama bisa menguatkan rasa kebersamaan dan sinergitas di semua sektor," katanya. 

Haornas kali ini menjadi sesuatu yang spesial. Pasalnya, untuk kali pertama, perayaannya digelar di luar Pulau Jawa. 

"Ini luar biasa, karena baru pertama kali berlangsung di luar Jawa. Mengapa ternate, pertama karena mereka satu-satunya daerah di luar Jawa yang melamar menjadi tuan rumah. Kedua, mengingat belum pernah Haornas digelar di luar Pulau Jawa, dan Ternate menjadi wakil Wilayah Timur Indonesia. Ketiga, karena olahraga harus digelorakan hingga pelosok sesuai amanat Presiden RI Joko Widodo dan keempat karena Ternate sudah banyak menghasilkan para atlet nasional maupun dunia, sebut saja Albert Papilaya dan keluarga Mainaky," ucap Ketua Panitia Pelaksana Teguh Raharjo menambahkan.
 
Ada beberapa rangkaian kegiatan menyambut Haornas di tahun ini, mulai dari pameran olahraga, gala desa, goes nusantara yang diikuti 5.000 peserta, menggiatkan kembali senam SKJ untuk para lansia, hingga pawai obor Asian Para Games yang rencananya akan mulai di nyalakan serta diarak dari Ternate ini, dan puncak Haornas pada 9 September mendatang di Lapangan Gelora Kie Raha, Ternate, Maluku Utara.

"Melalui Haornas kita ingin membantun masyarakat Indonesia yang sehat dan bugar serta berprestasi. Nantinya Stadion Kie Raha akan disetting dengan tata panggung menarik dengan bentuk Ikan Pari, ciri khas Ternate.  Untuk penampilannya, kita akan merangkum empat kebudayaan dari empat Kerajaan yang ada di Ternate ini," ucapnya.

Pawai obor

Di Ternate ini nantinya, api Asian Para Games 2018 (APG) yang diambil dari api abadi Mrapen, Grobogan akan dinyalakan ke obor untuk pertama kali di perayaan Haornas. Lalu, pawai obor api APG keliling 8 kota pun akan dimulai.

Untuk pawai obor di Kota Ternate, Sekjen Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc) Bayu Rahadian mengatakan, akan dimulai dari Kedaton Kesultanan Ternate. Lalu api yang berada di dalam lentera, akan dinyalakan ke Obor oleh Ketua Inapgoc Raja Sapta Oktohari, dan diserahkan kepada torch bearer untuk kemudian dibawa keliling ke dalam kota Ternate.

Nantinya, pada saat pelaksanaan Haornas, rencananya api akan diserahkan kepada Presiden RI Joko Widodo yang direncanakan akan membuka pelaksanaan Haornas nanti. Setelah, itu obor api kemudian akan langsung diberangkatkan ke Makassar untuk menjalani proses pawai obor pada 12 September mendatang.***

Baca Juga