Penutupan Asian Games 2018, Meriah dan Syahdu di Tengah Guyuran Hujan

Penutupan Asian Games 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu 2 September 2018/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Para atlet dari sejumlah negara seperti Indonesia, Malaysia, Kazakhstan, Vietnam, dan Tiongkok mengenakan jas hujan di tengah pawai Upacara Penutupan Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Minggu 2 September 2018 malam.

Hujan deras yang mengguyur kawasan SUGBK membuat para atlet harus menggunakan jas hujan agar tidak basah kuyup saat sedang berpawai.

Meski demikian, beberapa atlet tampak memilih tidak memakai jas hujan saat berpawai, khususnya para pemegang bendera yang berjalan terlebih dahulu di depan setiap rombongan masing-masing negara.

Hujan dengan intensitas sedang dan besar mengguyur kawasan Kompleks Olah Raga GBK dan wilayah di sekitarnya sejak pukul 16.30 WIB hingga acara penutupan berlangsung.

Meski diguyur hujan, acara penutupan tetap berlangsung sebagaimana yang telah dijadwalkan sebelumnya.

Dalam acara penutupan, setelah parade atlet dari 45 negara peserta Asian Games 2018, penyelenggara turut menampilkan pawai dari para relawan yang telah berpartisipasi dalam pesta olah raga empat tahunan itu.

Di samping atlet dan relawan, tiga maskot Asian Games 2018 yang saat ini tengah banyak diburu masyarakat, Kaka, Atung, dan Bhin-Bhin juga ikut berparade pada upacara penutupan.

Selepas berparade, penyelenggara juga menampilkan rekaman pertandingan yang menjadi sorotan. Isyana Saraswati bernyanyi di tengah arena SUGBK di bawah guyuran hujan.

Upacara penutupan Asian Games 2018 dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, danPresiden OCA(Dewan Olimpiade Asia) Sheikh Ahmad Al Fahad Al Sabah.

Hanifan dan bendera

Atlet pencak silat Hanifan Yudani Kusumah membawa bendera Merah Putih saat parade upacara penutupan Asian Games 2018.

Meski disiram hujan, Hanifan Yudani Kusumah hanya menggunakan jaket dan celana merah tanpa jas hujan.

Para atlet lain dari berbagai negara yang ikut melakukan parade upacara penutupan terlihat bahagia meski diguyur hujan deras.

Saat para atlet memasuki bagian tengah stadion, terlihat Syeikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah dan Jusuf Kalla berdiri sambil bertepuk tangan.

Hanifan Yudani Kusumah meraih medali emas saat mengalahkan Thailand pada babak final pertandingan pencak silat kelas C putra 55-60 kg di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah.

Saat itu, Presiden Joko Widodo dan Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia Prabowo Subianto yang juga merupakan pesaing Joko Widodo untuk Pilpres 2019 hadir.

Saat Hanifan Yudani Kusumah menang, dia langsung mendatangi serta memeluk Joko Widodo dan Prabowo. Hal itu sontak langsung menjadi sorotan media dan publik.

Membaur

Ribuan atlet dari 45 negara dan para relawan membaur dalam pesta penutupan Asian Games 2018. Kehadiran mereka yang menjadi bintang di pesta olah raga itu disambut meriah ribuan penonton.

Atlet dari 45 negara tidak dipisahkan berdasarkan kontingen masing-masing negara seperti saat upacara pembukaan Asian Games 2018. Mereka dibagi sesuai cabang olah raga agar bisa menyatu sebagai wujud semangat Energy of Asia.

Wajah-wajah ceria tampak jelas saat mereka melambaikan tangan ke arah penonton dan siap melepas beban setelah melewati pertandingan.

Rombongan relawan bergabung dengan para atlet. Kehadiran mereka juga mendapat sambutan meriah dari penonton yang memadati SUGBK.

Penonton memberi tepuk tangan kepada para relawan yang sudah mendukung suksesnya perhelatan Asian Games 2018 sejak 18 Agustus hingga 2 September.

Atlet serta relawan itu kemudian membaur di tengah lapangan dan menikmati pesta penutupan Asian Games 2018.

Upacara penutupan Asian Games 2018 diramaikan sederet musisi Indonesia dan Asia di antaranya Bunga Citra Lestari, Isyana Sarasvati, RAN, Denada, Gigi, Dira Sugandi, Winky Wiryawan, JFlow, Lea Simanjutak, Siti Badriah, Jevin Julian, Bams, Alffy Rev, Irfan Samsons, dan Ade Govinda.

Pencinta K-pop bisa menikmati penampilan grup terkemuka Korea Selatan Super Junior dan iKon. Ada pula Siddharth Slathia yang menyanyikan lagu "Meraih Bintang" versi India.***

You voted 'terinspirasi'.

Baca Juga

Penutupan Asian Games 2018, Sukacita Antara Lombok dan Jakarta

JAKARTA, (PR).- Presiden Joko Widodo menyapa kontingen dan penonton upacara penutupan Asian Games 2018di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dari tenda pengungsi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu 2 September 2018 malam.

Tim Basket Putri Indonesia Harus Relakan Gelar Juara Grup

JAKARTA, (PR).- Tim putri Indonesia gagal meraih gelar juara grup bola basket 3x3 Asian Games 2018. Indonesia dikalahan Korea Selatan dengan skor 9-22 pada laga yang berlangsung di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Sabtu 25 Agustus 2018.