Peserta Asian Games 2018 Bertambah Jadi 26 Tim

Ilustrasi/CANVA

JAKARTA, (PR).- Jumlah peserta cabang sepak bola Asian Games 2018 besar kemungkinan bertambah menjadi 26 tim. Setelah keberatan Palestina serta UEA diterima oleh Federasi Sepakbola Asia (AFC), dan meminta Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) untuk melakukan pengundian ulang.

Palestina dan UEA sebelumnya mengajukan protes karena nama mereka tidak masuk pada undian cabang beregu yang dilangsungkan oleh Inasgoc danOCA di Hotel JS Luwansa, 5 Juli lalu. Padahal mereka sudah mendaftarkan diri.

Mereka mengajukan protes lewat Komite Olahraga masing-masing, dan menuntut adanya undian ulang. Hal itu diungkapkan Direktur Teknis dan Olahraga NOC UEA Ahmed Al Tayeb.

Meskipun mengakui adanya kesalahan, tapi Ketua Inasgoc Erick Thohir menegaskan pihaknya menolak untuk melakukan pengundian ulang. Meskipun yang meminta adalah AFC.

"AFC memang meminta ada drawing ulang karena Palestina dan UEA mau ikut. Tapi kami dari panitia tidak mau drawing lagi. Kalau mereka mau ikut, silakan drawing di poll masing-masing, jangan drawing total. Meskipun yang menentukan adalah AFC, tapi kami mau berjuang dulu," ujarnya.

Deputi I Inasgoc, Harry Warganegara menambahkan, tidak masuknya kedua negara tersebut dalam drawing awal dikarenakan keduanya mendaftarkan lewat offline. Sementara semua pendaftaran entry by number dan name dilakukan dengan sistem online.

"Ya itu karena mereka mendaftar offline, itu salahnya mereka. Jadi nanti ada drawing lagi untuk mereka saja, itu yang kita mau," tuturnya.

Karena masalah ini, OCA pun masih menunda hasil undian cabang sepakbola putra. Itu tertulis dalam website resmi mereka. "Men's Draw (Pending - Entries To be Confirmed)" artinya, drawing sepakbola putra di tunda menunggu konfirmasi.

Bila kedua negara tersebut masuk, maka dipastikan peserta cabang sepak bola bertambah menjadi 26 negara. UEA sendiri masuk dalam pot 2 bersama Tiongkok, Korea Utara, Oman, Qatar, Bahrain, Kyrgyzstan, dan Thailand. Sedangkan Palestina di Pot 4 bersama Nepal, India, Kamboja, Timor Leste, Tajikistan, Singapura, dan Myanmar.*** 

Baca Juga

Irak Mundur, Ini Jadwal Baru Sepak Bola Asian Games 2018

JAKARTA, (PR).- Mundurnya Irak dari cabang olah raga sepak bola Asian Games 2018 membuat Konfederasi Sepakbola Asia AFC kembali melakukan undian ulang untuk Grup C, tempat sebelumnya Irak berada di dalamnya.

Timnas Pelajar U-12 Indonesia Berjaya di Tiongkok

GUANGXI, (PR).- Timnas Pelajar Indonesia U-12 berhasil menjuarai kompetisi “Dream Come True” International Youth Football Tournament di Wuzhou Provinsi Guangxi, pada Minggu, 22 Juli 2018.