Kroasia vs Inggris, Gol Mandzukic Pastikan Football Is Not Coming Home

Kroasia vs Inggris/REUTERS
PEMAIn Kroasia Mario Mandzukic merayakan gol penentu kemenangan ke gawang Inggris dalam laga semi final Piala Dunia 2018 di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia, Kamis 12 Juli 2018 dini hari WIB.*

MOSKOW, (PR).- Final Piala Dunia 2018 akan mempertemukan Prancis dengan Kroasia. The Blazers maju ke babak final berkat gol penentu dari Mario Mandzukic menit ke-109 dalam laga semifinal di Luzhniki Stadium, Moskow, Rusia, Kamis 12 Juli 2018 dini hari WIB.

Kemenangan itu sekaligus memastikan bahwa sepak bola tidak pulang ke tanah kelahirannya, Inggris.

Kroasia akan bersua Prancis yang menang atas Belgia, 1-0, sehari lebih awal. Laga final akan digelar pada Minggu 15 Juli 2018 pukul 22.00 WIB.

Melawan Inggris, Kroasia dikejutkan gol cepat Kieran Trippier saat laga baru berumuru 4 menit. Luca Modric menjatuhkan Dele Alli sekitar semeter di luar kotak penalti. Bek Tottenham Hotspur Kieran Trippier maju sebagai eksekutor. Bola sepakannya yang melengkung meluncur mulus di atas pagar betis Kroasia.

Itulah gol pertama Inggris di Piala Dunia yang dihasilkan melalui skenario tendangan bebas sejak David Beckham melakukannya kala Inggris melawan Ekuador di Piala Dunia 2006 silam.

Kroasia mencoba keluar dari tekanan. Kroasia sejatinya mendominasi lapangan tengah. Luca Modric dan Marcelo Brozovic kerap memenangi perebutan bola dengan para pemain Inggris.

Akan tetapi, mereka kesulitan mendapat peluang melepaskan tembakan bersih ke gawang Jordan Pickford. Dari 6 tembakan, hanya satu yang mengarah tepat ke gawang Inggris. Sepakan tepat sasaran baru mereka ciptakan menit ke-32 melalui Ante Rebic. Hingga turun minum, Inggris unggul 1-0.

Pada paruh kedua, Kroasia memperagakan umpan-umpan silang guna melewati pertahanan Inggris yang berlapis. Kroasia bermain dengan determinasi tinggi dan menyamakan kedudukan menit ke-68.

Gol lahir kala Ivan Perisic melompat di depan gawang Jordan Pickford dan melepaskan tendangan ala karate yang membelokkkan umpan silang Sime Vrsaljko.

Beberapa menit berselang, Kroasia hampir berbalik unggul andai tendangan Ivan Perisic dari sudut sempit tak membentur mistar gawang.

Performa Raheem Sterling kembali mendapat sorotan karena terlalu mudah kehilangan bola saat berada di area berbahaya lawan. Dia akhirnya digantikan Marcus Rashford menit ke-74.

Sejak menit ke-70, Kroasia mendikte permainan. Menjelang peluit panjang, The Three Lions balik menyerang. Namun, tak ada gol tercipta sehingga dibutuhkan 2 X 15 menit babak tambahan waktu untuk menghasilkan pemenang.

Serangan dari kedua tim menurun drastis karena faktor kelelahan. Menkt ke-109, Mario Mandzukic membuat Kroasia unggul 2-1.

Berawal dari umpan sundulan Ivan Perisic yang mengarah ke muka gawang Inggris, Mario Mandzukic menyambut bola dengan bergerak di antara dua pemain lawan dan menyonteknnya pelan tetapi terarah.***

Baca Juga

Kalahkan Kroasia, Prancis Juara Piala Dunia 2018

SEJARAH akhirnya mencatat Prancis sebagai juara Piala Dunia edisi 2018. Gelar ini menjadi yang kedua bagi Si Biru sepanjang sejarah Piala Dunia setelah mereka memperolehnya pada 1998 saat menjadi tuan rumah.