Swedia vs Inggris, Underdog Menantang Singa Bertaring Lengkap

Marcus Berg-Harry Kane/REUTERS

PENAMPILAN Swedia penuh kejut­an. Bukan hanya pada putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia, tetapi juga sejak babak kualifikasi. 

Tim berjuluk Blagult itu mampu menyingkirkan Belanda. Tampil ­sebagai runner-up Grup A di bawah Prancis, Swedia harus berhadapan dengan Italia pada babak play-off.

Sebagai underdog, Blagult mampu menying­kir­kan Gli Azzurri dengan agregat 1-0 (menang 1-0 di Friends Arena dan imbang 0-0 di San Siro). Kejutan Swedia berlanjut di Rusia. Kekalahan 1-2 dari Jerman pada laga kedua penyisihan Grup F Piala Dunia 2018, membuat Swedia berada di ujung tanduk.

Mereka diperkirakan akan pulang lebih awal. Soalnya, Swedia akan menghadapi pimpinan klasemen Meksiko pada laga terakhir penyi­sihan. Sebagai underdog, ternyata Swedia secara mengejutkan me­ngalahkan Meksiko 3-0. Blagult yang semula bakal ter­singkir justru tampil sebagai juara Grup F.

Kini, pada laga perempat final ­Piala Dunia 2018 melawan Inggris di Samara Arena, Sabtu 7 Juli 2018 pukul 21.00 WIB, Swedia kembali tampil sebagai underdog.

Akan tetapi, Blagult bertekad membuat kejut­an seperti saat mengalah­kan Belanda, Italia, dan Meksiko. Akankah Inggris jadi korban berikutnya? Bek Swedia Victor Lindelof memperingatkan Inggris bahwa tim berjuluk The Three Lions tersebut akan menghadapi pertandingan yang keras di perempat final nanti.

"(Melawan Inggris) Kami jadi underdog tapi kami akan mengandalkan kebersamaan tim. Ini sempurna. Kami masih bertahan di sini (Piala Dunia 2018). Saya harap Swedia bisa terus melaju," kata bek yang memperkuat Manchester United itu seperti dilaporkan Mirror.

Lindelof menyatakan, Swedia mengandalkan kekuatan tim. Blagult selalu bermain sangat terorga­nisasi dan sangat sulit dikalahkan.

"Menurut saya, akan sulit menghadapi kami karena kami bertahan sangat bagus. Sangat sulit untuk menemukan ruang di antara lini," katanya.

"Ini akan sulit buat lawan. Kami bekerja sangat keras. Tidak ada tempat buat lawan. Kami bertahan sangat bagus. Lawan akan sulit mencetak gol," ujarnya.

Akan tetapi, pertahanan Swedia sedikit terganggu dengan absennya bek kanan Michael Lustig karena hukuman akumulasi kartu. Namun, posisi Lustig akan digantikan Emil Krafth yang tampil mengesankan saat Swedia mengalahkan Swiss 1-0 pada babak 16 Besar.

Inggris lengkap

Sementara itu, pelatih Inggris Gareth Southgate mengatakan, timnya akan tampil dengan kekuatan penuh.

Gelandang Dele Alli yang sempat absen saat melawan Panama dan Belgia karena cedera paha terlihat fit saat The Three Lions menyingkirkan Kolombia pada babak 16 Besar.

"Dele baik-baik saja setelah pertandingan (melawan Kolombia). Ia tidak merasa apa-apa. Menurut saya, tambahan (istirahat) dalam beberapa hari benar-benar membantunya," ucapnya.

Mengenai kondisi Ashley Young dan Kyle Walker, yang digantikan setelah terlihat menderita keram pada adu penalti melawan Kolombia, menurut dia, kedua pemain tersebut baik-baik saja.

"Young dan Walker, keduanya sudah kembali berdiri pada hari ini. Namun, kami melihat perkem­bangan­nya. Kami ­ingin seluruh pemain dalam kondisi 100 persen," tuturnya.

Striker Inggris Harry Kane menambahkan, penampilan The Three Lions terus meningkat di setiap pertandingan. Penyerang berumur 24 tahun tersebut berharap ­Inggris tampil lebih bagus lagi saat menghadapi Swedia di perempat ­final.

"Perjalanan kami di ­Piala Dunia masih jauh. Namun, dengan kebersamaan dan karakter kuat, kami berharap bisa terus melaju," tutur Harry Kane yang jadi pen­cetak gol terbanyak Piala Dunia 2018 de­ngan enam gol.***

Baca Juga

Diananda Choirunisa ke Final Recurve Individual Asian Games 2018

JAKARTA, (PR).- Pemanah putri Indonesia Diananda Choirunisa lolos ke final nomor recurve women individual Asian Games 2018 setelah menyingkirkan Lei Chien-Ying (Taiwan) 7-3 di Lapangan Panahan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kam

Emas Road Race Putra Asian Games 2018 Milik Kazakhstan

SUBANG, (PR).- Pebalap Kazakhstan Lutsenko Alexey berhasil meraih medali emas balap sepeda men's Individual Road Race Asian Games 2018 yang berlangsung di Kabupaten Subang, Kamis, 23 Agustus 2018.