Korea Selatan vs Meksiko, Mulai Rontoknya Kekuatan Asia

Proses gol/REUTERS

SETELAH menang dari tim besar Eropa, Jerman pada laga perdananya, kali ini Meksiko berhasil menekuk Korea Selatan. Pertandingan yang dilaksanakan di Rostov Arena, Sabtu 13 Juni 2018, malam WIB ini berakhir dengan kedudukan 2-1 untuk Meksiko.

Pada pertandingan ini Juan Carlos Osorio Arbelaez, pelatih Meksiko menggunakan formasi 4-3-3 dengan mengandalkan tiga penyerang: Hirving Lozano, Javier Hernandez, dan Carlos Vela. Sementara pelatih Korea Selatan, Shin Tae-Yong memakai formasi 4-4-2 guna memperbanyak jumlah pemain di bagian belakang dan tengah. Dia rela hanya mengadalkan dua penyerang, Son Heung-Min dan Lee Jae-Sung.

Sejak menit awal babak pertama, Javier Hernandez tak pernah luput dari perhatian pemain Korea Selatan. Setaip sang penyerang menguasai bola, para pemain Korea Selatan langsung berusaha untuk menjatuhkannya.

Sementara di kubu Korea Selatan, Son Heung-min menjadi sosok menonjol. Beberapa kali dia mencoba meluncurkan tendangan keras. Satu-dua tendangannya masih bisa di blok oleh pemain belakang Meksiko, tendangan ketiganya mengarah ke sisi gawang.

Gol perdana di laga ini datang untuk Meksiko. Pada menit ke-25, Meksiko mendapat hadiah penalti akibat pemain belakang Korea Selatan, Jang Hyun-Soo handsball saat mencoba menutup umpan silang dari Jesus Gallardo. Eksekusi penalti Carlos Vela berhasil menebus gawang Cho Hyun-Woo. Skor 1-0, Meksiko unggul dari Korea Selatan.

Tertinggal satu angka membuat Korea Selatan berupaya bangkit. Peluang didapat Korea Selatan dari tendangan bebas Son Heung-Min. Namun bola yang dieksekusi dari jarak sekitar 30 meter itu masih melintas di atas mistar gawang. Hingga akhir babak pertama, Meksiko masih unggul satu angka dari Korea Selatan.

Klasemen Sementara Grup F

Tim M M S K GM GK SG Poin
- Meksiko 2 2 0 0 3 1 2 6
- Swedia 1 1 0 0 1 0 1 3
- Jerman 1 0 0 1 0 1 -1 0
- Korea Selatan 2 0 0 2 1 3 -2 0

Babak kedua

Belum puas dengan keunggulan satu gol, memasuki babak kedua Meksiko terus coba menggempur pertahanan Korea Selatan. Sebaliknya, pressing ketat yang dilakukan Meksiko membuat Korea Selatan hanya bisa sesekali melakukan ancaman. Para pemain Korea Selatan bahkan kehabisan akan karena kesulitan untuk sekadar menembus lapangan tengah. Sejak mereka membangun serangan dari lini pertahanan, para pemain depan Meksiko sudah melakukan pressing. 

Peluang sempat didapatkan Moon Seon-Min saat melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti Meksiko. Bola dapat diblok Carlos Salcedo menggunakan tangan. Namun wasit tak memberi penalti karena memutuskan bahwa tangan Carlos Salcedo dalam keadaan pasif menempel di badan.

Menit ke-64 justru Meksiko yang berhasil menggandakan keunggulan. Memanfaatkan umpan dari Hirving Lozano dalam sebuah serangan balik, tendangan Javier Hernandez dapat menembus gawang Korea Selatan. Skor bertambah menjadi 2-0 untuk Meksiko.

Usai tertinggal 2 gol, para pemain Korea Selatan cenderung bermain keras. Sejumlah kartu kuning pun dihadiahkan wasit pada mereka. Sementara di kubu Meksiko, beberapa pemain juga mesti mendapatkan perawatan karena benturan.

Dalam masa lima menit tambahan waktu yang diberikan oleh wasit, gol untuk Korea Selatan akhirnya lahir. Tendangan keras Son Heung-Min dari luar kotak penalti tak mampu dijangkau Guillermo Ochoa. Gol tersebut memberi spirit baru bagi Korea Selatan. Namun sampai pertandingan berakhir, tak ada gol tambahan. Skor 2-1 untuk keunggulan Meksiko bertahan.

Hasil ini membuat Korea Selatan ada di dasar klasemen Grup F. Sebelumnya, wakil Asia lain, Arab Saudi sudah pasti angkat koper dari Rusia. Wakil Asia lain yang masih punya harapan adalah Iran, Australia, dan Jepang. (Reza Ramadhan)***

Baca Juga