Oleg Salenko, Rusia dan Rekor Piala Dunia

oleg salenko/FIFA

SELAIN sebagai tim, keuntungan sebagai tuan rumah seharusnya bisa dimanfaatkan oleh Rusia untuk mencatat sejarah prestasi individu di Piala Dunia 2018. Meskipun belum pernah ada yang menjadi pemain terbaik, Rusia memang memiliki seorang pemain yang namanya masih tercatat dalam sejarah piala dunia hingga saat ini.

Dia adalah Oleg Salenko yang pernah menjadi pencetak gol terbanyak pada Piala Dunia AS 1994. Saat itu Salenko mencetak total 6 gol atau sama dengan bintang Bulgaria Hristo Stoichkov.

Setelah itu, Salenko tak pernah lagi memperkuat Rusia dalam ajang pertandingan internasional, sehingga hanya 6 gol itulah yang menjadi koleksinya dalam catatan sejarah piala dunia. Jumlah itu memang masih jauh dari capaian striker Jerman Miroslav Klose sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah putaran final piala dunia dengan total 16 gol atau Just Fontaine (Perancis) yang memegang rekor pencetak gol terbanyak dalam satu turnamen piala dunia dengan 13 gol.

Meskipun demikian, 5 gol Salenko ke gawang Kamerun menjadi rekor gol terbanyak dalam satu pertandingan piala dunia yang belum terpecahkan hingga saat ini. Sebuah catatan yang sekaligus membuktikan dirinya sebagai salah seorang striker terbaik dunia saat itu meski sempat tak diturunkan oleh sang pelatih saat Rusia kalah 0-2 dari Brasil di laga perdana.

Selain Salenko, Klose dan Fontaine, masih ada sejumlah nama legendaris lain dalam daftar rekor pencetak gol piala dunia. Berikut rekor-rekor tersebut:

1. Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Piala Dunia

16 gol
Miroslav Klose (Jerman)
2002-2014

2. Pencetak Gol Terbanyak dalam Satu Turnamen Piala Dunia

13 Gol
Just Fontaine (Perancis)
Piala Dunia 1958

3. Pencetak Gol Terbanyak dalam Satu Laga Piala Dunia

5 gol
Oleg Salenko (Rusia)
Rusia vs Kamerun 6-0
Piala Dunia 1994

4. Pencetak Gol Terbanyak dalam Final Piala Dunia

3 Gol
Geoff Hurst (Inggris)
Inggris vs Jerman
Final Piala Dunia 1966

5. Pencetak Gol Terbanyak dalam Satu Laga Piala Dunia sebagai Pemain Pengganti

3 gol
Laszlo Kiss (Hungaria)
Hungaria vs El Salvador
Piala Dunia 1982

6. Laga Terbanyak dengan Minimal 2 Gol

4 laga
Sandor Kocsis (Hungaria)
Piala Dunia 1954

7. Hattrick Tercepat

8 menit
Laszlo Kiss (Hungaria)
Hungaria vs El Salvador
Piala Dunia 1982

Baca Juga

Iran vs Spanyol, Pertaruhan Hidup dan Mati Tim Matador

PARTAI Iran vs Spanyol di Stadion Kazan Arena, Kamis 21 Juni 2018 dini hari sangat krusial bagi tim Matador pascakegagalan memetik kemenangan di laga perdana Grup B Piala Dunia 2018 kontra Portugal.