5 Fakta Calon Tuan Rumah Piala Dunia 2026

fifa.com

SEREMONI dan laga Russia vs Arab Saudi membuka gelaran Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis 14 Juni 2018 malam. Namun sebelum itu mata dunia saat ini tertuju pada gelaran Kongres FIFA ke-68 yang salah satu agendanya adalah menentukan tuan rumah Piala Dunia 2026.

Digelar di kota yang sama, 206 dari 211 anggota FIFA akan berpartisipasi dalam pemungutan suara. Mereka akan menentukan pilihan antara gabungan Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko (United 2026) atau Maroko sebagai tuan rumah Piala Dunia 2026.

Hingga berita ini disusun, proses pemungutan suara belum berlangsung. Kongres FIFA masih membahas sejumlah agenda lain termasuk kesiapan akhir Russia dalam menggelar Piala Dunia 2018.

Proses penentuan tuan rumah Piala Dunia 2026 sebenarnya sudah dimulai sejak 2017 lalu saat FIFA membuka lelang bagi negara-negara anggotanya. Namun sesuai aturan, lelang tersebut tertutup untuk anggota FIFA dari zona Eropa (UEFA) dan Asia (AFC), sehingga kesempatan hanya menjadi milik negara-negara di zona Afrika (CAF), Amerika Utara (CONCACAF), Amerika Selatan (CONMEBOL) dan Oceania (OFC).

Sempat muncul rumor terkait pengajuan terpisah masing-masing, AS, Kanada dan Meksiko akhirnya sepakat mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama dengan titel United 2026 pada 10 April 2017. Pengajuan itu sempat tak mendapat pesaing selama beberapa bulan sampai pada detik-detik terakhir, Maroko menjadi rival mereka setelah mengajukan diri pada 11 Agustus 2017.

Melihat peta kekuatan, Maroko bagaikan semut yang melawan tiga gajah. Namun hal itu bukanlah masalah karena olahraga dalam hal ini sepak bola, tak mengenal batas apapun.

Hal itu juga pernah dialami oleh Afrika Selatan sebagai negara Afrika pertama yang menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2010 lalu. Bukan tidak mungkin, hal itu juga akan dialami Maroko jika dunia menginginkannya.

Apapun hasil dan keputusannya nanti, ada sejumlah fakta menarik soal penentuan tuan rumah Piala Dunia 2026. Berikut fakta-fakta tersebut:

1. Minim Kesempatan

Jika Maroko terpilih, maka akan menjadi negara Afrika Kedua yang menjadi tuan rumah Piala Dunia. Selama ini, Afrika memang masih sedikit mendapat kesempatan bahkan dibandingkan Asia di mana dua negara Korea Selatan dan Jepang pernah menjadi tuan rumah piala dunia meskipun bergabung dalam satu waktu

2. Multinegara

Jika United 2026 terpilih, maka akan menjadi kedua kalinya piala dunia digelar di multinegara setelah Korea-Jepang 2002. Selain itu menjadi pertama kalinya piala dunia digelar di tiga negara sekaligus.

3. Pengalaman

Dari negara-negara yang tengah bersaing menjadi tuan rumah Piala Dunia 2026, AS dan Meksiko sudah berpengalaman, sedangkan Kanada dan Maroko belum.

4. Event Besar Lain

Meskipun demikian, Kanada pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia Perempuan 2015. Sementara Maroko sukses menggelar Piala Afrika 2015 dan 2018 serta Piala Dunia Antarklub 2014 dan 2014.

5. Pengajuan ke-5

Bagi Maroko, ini merupakan kelima kalinya mereka mengajukan diri sebagai tuan rumah piala dunia. Sebelumnya mereka juga pernah mengajukan diri pada 1994, 1998, 2006 dan 2010.***

 

Baca Juga