Liverpool Dapat Tiket Domestik, Inggris Hanya Punya 4 Wakil di Liga Champions 2018-2019

Liverpool vs Roma/REUTERS

KESUKSESAN Liverpool menundukan Brighton dalam laga terakhir, membuat tim asuhan Jurgen Klopp itu menempati peringkat ke-4 klasemen akhir Liga Inggris 2017-1018. Artinya, Mohamed Salah dkk sudah mengantongi satu tiket terakhir untuk mewakili Inggris di fase grup Liga Champions 2018-2018.

Dengan begitu, partai final Liga Champions 2017-2018 pada 27 Mei 2018 nanti pun hanya menyisakan adu gengsi perebutan trofi dan titel semata. Soalnya tiket fase grup musim depan yang jatah juara bertahan sudah pasti tak akan diberikan kepada Real Madrid maupun Liverpool.

Sesuai aturan baru UEFA, juara bertahan Liga Champions hanya akan mendapat satu tiket musim depan jika mereka tak bisa mendapat tiket dari jatah negaranya. Sedangkan saat ini, Los Blancos dan The Reds sama-sama sudah lolos berkat posisi mereka di 4 Besar liga masing-masing.

Perbedaan signifikan lain kali ini adalah jatah tersebut tidak akan jatuh ke peringkat di bawah 4 Besar dalam liga sang juara bertahan. Namun tiket tersebut dialihkan kepada juara liga negara peringkat-11 UEFA, Republik Ceko.

Hingga saat ini, Liga Ceko sendiri masih menyisakan dua laga terakhir untuk masing-masing klub. Namun hanya tinggal dua tim yang masih berpeluang menjadi juara yaitu pemuncak klasemen sementara Plzen dan runner up Slavia Praha.

Jatah juara bertahan

Lolosnya Liverpool ke Liga Champions 2018-2019 sekaligus memupus kemungkinan Inggris bisa menempatkan lebih dari empat wakil di kompentisi tersebut. Soalnya jika Chelsea yang lolos dari kompetisi domestik, Liverpool sebenarnya masih bisa menjadi wakil kelima Inggris lewat jatah juara bertahan.

Di sisi lain, Arsenal pun dipastikan tak lolos ke Liga Champions 2018-2019 karena hanya menempati peringkat ke-6 Liga Inggris musim ini. Dari Liga Europa, Arsenal pun gagal menjaga peluang jatah setelah kandas dari Atletico Madrid di semi final.

Dari Liga Europa, Atletico yang sudah lolos ke Liga Champions 2018-2019, tak perlu lagi menjadi juara hanya sekedar untuk mendapat tiket. Justru partai final antara Marseille vs Atletico, Kamis 17 Mei 2018 dini hari, menjadi pertaruhan bagi Marseille.

Hal itu tak lepas dari kegagalan Marseille dalam persaingan 2 Besar Liga Perancis musim ini. Dengan hanya dua jatah, Perancis sudah pasti diwakili oleh PSG dan Monaco atau Lyon di Liga Champions musim depan.

Mau tidak mau, Marseille harus menjadi juara Liga Europa musim ini jika ingin berlaga di Liga Champions musim depan. Jika tidak, jatah juara justru akan jatuh ke Monaco atau Lyon yang lebih berpeluang menempati peringkat ke-3 Liga Perancis musim ini.

Berikut tim yang sudah dipastikan lolos ke Liga Champions 2018-2019:

Spanyol :

  1. Barcelona
  2. Atletico Madrid
  3. Real Madrid
  4. Valencia

Jerman:

  1. Bayern Munchen
  2. Schalke 04
  3. Hoffenheim
  4. Borussia Dortmund

Inggris:

  1. Manchester City
  2. Manchester United
  3. Tottenham Hotspurs
  4. Liverpool

Italia:

  1. Juventus
  2. Napoli
  3. AS Roma
  4. Lazio/Inter Milan

Perancis:

  1. Paris Saint-Germain
  2. Lyon/Monaco

Russia:

  1. Lokomotiv Moskow
  2. CSKA Moskow

Portugal: Porto

Ukraina: Shaktar Donetsk

Belgia: Club Brugge

Turki: Galatasaray/fenerbahce

Juara Liga Champions 2017-2018: Juara Liga Ceko Plzen/Slavia Praha (Karena Madrid dan Liverpool sudah lolos)

Juara Liga Europa 2017-2018: Marseille/Peringkat 3 Liga Perancis (Atletico sudah lolos)

Sisa 6 slot akan diperebutkan lewat babak kualifikasi***

Baca Juga