Simulasi Asian Games 2018 Temukan Beberapa Solusi

Test Event Asian Games/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
(KI-KA) Direktur Transportation, Ipung Purrnomo, Direktur Arrival, depature, logistic, & hospitality, dan petugas media & PR Inasgoc Arrival, dan depature, logistic, & hospitality, Indra Gamulya menjawab pertanyaan di Media Press Center Test Event Asian Games 2018, di Hotel Century, Jakarta, Senin 12 Februari 2018.*

JAKARTA, (PR).- Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) menjamin kelancaran pengiriman peralatan tanding atlet pada saat Asian Games 2018 Agustus mendatang. Sejumlah cara dinilai bisa dilakukan oleh para kontingen peserta guna menjamin peralatan tanding mereka bisa masuk ke Indonesia dengan lancar tanpa tertahan di bea cukai. 

"Negara peserta sudah harus dari jauh-jauh hati mengkonfirmasi peralatan tanding apa saja yang akan dikirimkan pada saat 'games time' nanti," kata Direktur Arrival, Departure, Logistic & Hospitality, Indra Gamulya, kepada wartawan di Media Press Center Test Event Asian Games 2018, di Hotel Century, Jakarta, Senin 12 Februari 2018.

"Jadi misalnya kontingen membawa berapa item peralatan tandingnya, nanti pulang mereka juga harus membawa item tanding yang sama. Jangan ada yang berkurang atau bertambah," ucapnya.

Pemeriksaan

Dalam test event, simulasi untuk kelancaran barang atlet yang masuk pun di uji coba. Setelah keluar bagasi, seluruh barang atlet akan masuk dalam pemeriksaan x-ray. Akan ada penandaan untuk barang yang di nilai bea cukai barang spesifik, seperti atlet tinju dengan sarung tinjunya. Nanti barang atlet yang diberikan tanda oleh Bea Cukai kan difasilitasi oleh petugas. 

Kelancaran di dalam mengatur arus kedatangan atlet pun dinilai sejauh ini selama uji coba di test event berjalan lancar. Untuk urusan pengecekan imigrasi untuk para atlet dan ofisial negara peserta, di test event ini Inasgoc telah menurunkan 43 personal assistant dan Polwan, Kowad, Kowal, dan Wara, serta perwira angkatan laut yang bertugas di ring I untuk membantu kontingen peserta test event ini dalam menjalani pemeriksaan imigrasi. 

Jumlah line imigrasi yang dibuka pada saat Asian Games nanti dinilainya akan lebih dari cukup. Berkaca dari pengalaman di Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil hanya membuka dua jalur imigrasi untuk para kontingen yang masuk hingga antrean sangat lama.***

Baca Juga

20 Pemain Top Dunia Ambil Bagian di Indonesia Master 2018

JAKARTA, (PR).- Gelaran turnamen Indonesia Master 2018 yang akan digelar pada 23-28 Januari 2018 mendatang di Istana Olahraga (Istora) Senayan, Jakarta akan menjadi bagian dari road to Asian Games 2018.