Tim Putra Indonesia Pastikan Tempat di Perempat Final Badminton Asia Team Championships 2018

Anthony Sinisuka Ginting/DOK PBSI

ALOR SETAR, (PR).- Tim putra Indonesia memastikan tempat di babak '8 Besar' Badminton Asia Team Championships 2018 setelah memetik kemenangan kedua pada fase penyisihan Grup D. Bertanding melawan Filipina di Stadion Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Malaysia, Jonatan Christie dkk. kembali petik kemenangan penuh 5-0.

Laga terakhir di penyisihan grup hari ini melawan India akan jadi penentu siapa yang akan maju ke babak selanjutnya sebagai juara Grup D. Mengingat saat ini baik India maupun Indonesia sama-sama memetik kemenangan sempurna dari Maladewa dan Filipina.

Sementara ini, Indonesia dalam klasemen grup masih berada di posisi kedua, meski memiliki kemenangan yang sama dengan India yang menempati posisi puncak. Hanya saja, India lebih unggul dalam selisih poin 420-183, sementara Indonesia hingga dua pertandingan ini membukukan poin 420-197.

Angka kemenangan pertama Indonesia atas Filipina disumbangkan oleh Jonatan yang unggul 21-15, 21-13 atas tunggal terbaik lawan, Ros Leonard Pedrosa di partai pertama. Kemudian poin kedua dipersembahkan Mohammad Ahsan-Rian Agung Saputro.

Mereka menyingkirkan pasangan  Carlos Antonie Cayanan-Philip Joper Escueta juga dalam straigh game 21-16, 21-11.

Anthony Sinisuka Ginting memastikan langkah Indonesia setelah menyikat habis Arthur Samuel Salvado di partai ketiga. Anthony menang telak 21-14, 21-9.

Pada dua pertandingan terakhir yang tidak menentukan lagi, Hendra Setiawan-Angga Pratama dan Ihsan Maulana Mustofa melengkapi kemenangan Indonesia. Hendra-Angga menang 21-17, 21-16 atas Peter Gabriel Magnaye-Alvin Morada dan Ihsan menumbangkan Lanz Ralf Zafra 21-8, 21-12.

Manajer Tim Indonesia yang juga Kabid. Binpres PBSI, Susy Susanti mengatakan jika performa tim putra kemarin dinilai cukup bagus. Meskipun adaptasi lapangan para pemainnya tersebut dinilai masih ada yang kurang. 

"Pindah lapangan, beda lagi kondisi angin dan sebagainya. Tetapi secara keseluruhan, hasil yang didapat sesuai dengan prediksi dan harapan kami," kata Susy sesuai rilis PBSI.

Partai penyisihan terakhir di fase grup dinilai Susy akan seru. Pasalnya, kedua tim ini memiliki kekuatan di sektor yang berbeda.

India kuat di tunggal putra, sementara ganda menjadi peluang Indonesia untuk mengamankan poin.

"India kuat di tunggal, kami kuat di ganda. Baik di tim putra maupun putri, sektor ganda mau tak mau harus mencuri dua poin. Tetapi kepada atlet sih kami tekankan kalau semua punya tanggung jawab yang sama. Kalau bisa ambil poin ya ambil," tuturnya.

Menurut dia, di laga nanti dirinya tidak menekankan berapa poin yang harus diambil, karena yang terpenting baginya adalah menang atas India. Mengingat Indonesia sudah pasti lolos dan seandainya kalah pun tidak berpengaruh ke babak selanjutnya.***

Baca Juga