Blaise Matuidi Absen, Juventus Harus Berjuang Ekstra

Blaise Matuidi/JUVENTUS.COM

JUVENTUS dikabarkan terancam bermain tanpa gelandang asal Prancis, Blaise Matuidi, jelang bergulirnya babak 16 besar Liga Champions melawan Tottenham Hotspur. Mantan pemain Paris Saint-Germain ini mengalami cedera saat Juventus menang melawan tim Sassuolo, Minggu, 4 Februari 2018 dengan skor telak 7-0 tanpa balas.  

Blaise Matuidi meninggalkan lapangan setelah 26 menit bermain. Ia mengalami cedera sobekan ringan-menengah pada bagian otot flektor di paha kirinya. Dengan kondisi seperti ini, Matuidi kemungkinan akan bisa bermain kembali pada leg kedua babak 16 besar Liga Champions kontra Tottenham, 7 Maret mendatang.

Gelandang La Vecchia Signira (Nyonya Tua) ini sedang menjalani terapi dan pemeriksaan rutin yang diperlukan. Absennya Matuidi, diperkirakan bakal digantikan oleh pemain internasional Italia, Claudio Marchisio, pada akhir pekan nanti.

Sejak didatangkan musim panas lalu dari Paris Saint-Germain (PSG), Matuidi menjadi penyeimbang di sektor tengah Juventus. Dengan waktu kurang dari seminggu Matuidi kemungkinan besar masih mengalami cedera saat menjamu Tottenham Hotspur di Liga Champions nanti. Para pemain Juventus satu per satu dihantam cedera, sama hal nya dengan duowinger Douglas Costa dan Juan Cuadrado yang juga harus absen dalam beberapa laga terakhir akibat cedera pangkal paha.

Tanpa gelandang murni

Minimnya pemain sayap yang dimiliki Bianconeri, membuat Allegri harus memutar otak untuk mengatasi situasi itu. Saat ini, Juventus dipastikan tidak memiliki pemain gelandang murni berpengalaman.

Allegri saat ini akan mengandalkan Rodrigo Bentancur, Paulo Dybala, dan Mario Mandzukic yang pada dasarnya bukan pemain sayap untuk menambah pertahanan di lini sayap. Pilihan lainnya adalah mengubah formasi menjadi 4-2-3-1 yang kerap dia mainkan. Pilihan itu menjadi jalan terbaik untuk tetap bermain efektif jelang kontra Tottenham Hotspur.

Melihat dari sepuluh pertandingan yang dijalani di Liga Serie A, Bianconeri menuai hasil positif dengan memenangkan sembilan pertandingan dan hanya menuai satu hasil imbang saat melawan Inter Milan di Arena Stadion dengan skor 0-0. (Egi Widiyanto)***

Tags: 

Baca Juga