Ini Jadwal Lengkap Test Event Asian Games 2018

basket asian games 2018/WINA SETYAWATIE/PR
Peserta test event bola basket Asian Games 2018 tengah mencoba lapangan di Hall Basket Senayan, Jakarta. Rabu 7 Februari 2018.

JAKARTA, (PR).- Cabang bola basket akan mengawali pelaksanaan test event Asian Games 2018, pada 8-12 Februari di Hall Basket Senayan, Jakarta. Empat negara yakni tuan rumah, Thailand, Timor Leste, dan India akan menjadi peserta dalam test event itu.

Jelang test event bola basket, lapangan Hall Basket Senayan pun sudah mulai dipergunakan oleh tim-tim peserta sejak Rabu 7 Desember 2018 pagi. Sejauh ini lantai lapangan dinilai sudah cukup bagus, tidak licin dan sesuai dengan standar internasional.

"Lapangan sudah bagus. Ini akhirnya ada lapangan yang internasional, semenjak saya main 80-an. Bisa buat prestasi basket bagus. Tapi ada yang sedikit dikeluhkan soal pendingin ruangan yang kurang maksimal, rasanya jadi agak panas saat bermain tadi," ujar Pelatih timnas Indonesia Fiktor Roring kepada wartawan seusai sesi latihan.

Cari Komposisi

Bagi timnas Indonesia, test event ini akan digunakan sebagai ajang untuk mencoba pemain demi mencari komposisi ideal yang akan diturunkan dalam Asian Games Agustus nanti. Hal itu, menurut Fiktor yang akrab dipanggil Ito, sesuai hasil kesepakatan dengan manajer timnas. 

"Kita bisa lihat di timnas, ada pemain yang sudah solid, tapi juga ada yang baru sekali masuk timnas. Jadi kita benar-benar ingin melihat kemampuan pemain di ajang (test event) ini nanti. Karena kan ada beberapa pemain yang masih sibuk dengan turnamen di luar, seperti pemain CLS yang sedang berlaga di ABL. Kita akan coba 12 pemain ini, mengingat saat ini mereka yang terbaik," tutur Fiktor. 

Menurut Fiktor, untuk bisa memilih 12 pemain dengan komposisi ideal tidak lah mudah. Hingga di test event ini, Ito pun tidak terlalu peduli apakah nanti timnas akan kalah atau menang. 

"Saya tidak terlalu peduli dengan lawan. Yang penting, bagaimana permainan anak-anak. Saya mau lihat bagaimana kerjasama tim, itu yang akan saya dulukan. Jadi soal hasil itu kesekian," kata Fiktor. 

Untuk pelaksanaan test event ini, Fiktor pun juga telah menunjuk dua pemain senior Arki Dikania Wisnu dan Christiano Ronaldo Sitepu sebagai kapten tim. Keduanya merupakan kapten tim Indonesia pada SEA Games 2017 lalu dan dinilai sukses serta benar-benar memerankan tugasnya sebagai kapten. 

Bahan Evaluasi

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi meminta kepada Inasgoc dan cabang olahraga agar test event ini benar-benar bisa jadi bahan evaluasi. Dimana kekurangan dari sisi penyelenggaraan, fasilitas, transportasi, keamanan, akomodasi, hingga kecepatan. 

"Baik itu kecepatan dalam penjemputan atlet, atau kecepatan mereka menerima sekaligus memfasilitasi atlet dan oficial tim peserta. Dari situ kita akan lihat kekurangannya dan diperbaiki di sisa waktu yang ada setelah test event hingga jelang Asian Games, baik dari infrastrukturnya, sumber daya manusianya, dan  lain-lain," ujar Imam.

Panpel pertandingan cabang basket yang akan menggelar test event pertama dimintanya untuk benar-benar mencatat kelengkapan fasilitas dan atau kesempurnaan venue apakah sudah sesuai standar internasional atau belum. Lalu, melihat kesempurnaan wisma atlet, mulai dari tempat tidurnya, ruang makannya, makanan, dapur, sanitasi lingkungan, keamanan, lalu lintas, dan lain-lain.

Setelah bola basket, secara serentak pada 10-15 Februari akan berlangsung test event taekwondo (JIExpo Hall B Kemayoran), panahan (Lapangan Panahan Senayan), dan pencak silat (Padepokan Silat TMII). Lalu menyambung, pada 11-14 Februari ada angkat besi (JIExpo Hall A1) dan atletik (Stadion Utama Gelora Bung Karno). Terakhir, tinju (JIExpo Hall C) dan bola voli (tennis Indoor Senayan) pada 11-15 Februari 2018. ***

Baca Juga