Antonio Conte Melawan "Liarnya Alam" di Chelsea

Antonio Conte/REUTERS

CHELSEA terseok-seok di ajang Liga Inggris setelah selasa 6 Februari 2018 dini hari WIB dikalahkan Watford, 1-4. Sebelumnya, The Blues juga menerima kekalahan dari Bornemouth 0-3.

Pelatih Chelsea Antonio Conte, pada musim 2016-2017 menyumbangkan trofi Liga Inggris. Namun jika melihat penampilan akhir-akhir ini, Antonio Conte kerap dipertanyakan terkait masa depannya di klub itu.

Jika melihat fakta Chelsea saat ini yang berada di posisi empat klasemen sementara Liga Inggris dan tengah mengikuti ajang bergengsi seperti Liga Champions dan Piala FA, peluang dipecatnya sang pelatih tergolong minim.

Selain itu, setelah pertandingan melawan Watford, tidak ada perbincangan mengenai kerawanan posisi Antonio Conte.

Andy Townsend, mantan pemain tengah Chelsea mengatakan, rawannya posisi Antonio Conte di Chelsea adalah efek dari "liarnya alam" di bawah kepemilikan Roman Abramovich,

tidak akan pemecatan terhadap Antonio Conte selama manajemen klub belum menyatakan akan mencari pelatih baru.

Menanggapi rumor panas tentang Antonio Conte setelah mengalami dua kekalahan, Gary Cahill dan Thibaut Courtois memberi dukungan kepada pelatih asal Italia tersebut. Mereka berdua percaya kepada sang pelatih dan tim.

”Hal ini jelas (membuktikan) ada yang tidak beres dan sesuatu sedang terjadi dan pemilik klub tidak akan menyukainya. Jika Anda ingin berperang melawan Abramovic, Anda yang akan kalah dan hanya ada satu pemenang,” ujar Andy Townsend kepada BBC.

Andy Townsend juga mengatakan bahwa Antonio Conte merupakan pelatih yang tekun dan percaya bahwa dia akan menunjukkan permainan terbaik dari para pemainnya, Conte adalah orang yang tepat untuk terus menempati posisi pelatih di klub.

Saat ini The Blues menempati posisi ke-4 klasemen sementara dan hanya unggul 1 poin dari Tottenham Hotpsur di posisi ke5.

Sebelum melawan dua raksasa Manchester

Antonio Conte yang merupakan mantan pelatih Juventus memiliki sisa durasi kontrak 18 bulan bersama Chelsea. Pelatih berumur 48 tahun tersebut telah membuka diri terhadap rumor pemecatan dan berusaha sebisa mungkin memberikan yang terbaik kepada klub.

The Blues, pada transfer musim dingin lalu mendapatkan pemain depan Prancis, Oliver Giroud dengan harga 18 juta poundsterling.

Pertandingan yang akan dilakoni Chelsea bulan ini ialah babak 16 Besar Liga Champions melawan Barcelona, di Camp Nou.

Pertandingan lainnya di ajang Liga Inggris, The Blues akan menghadapi West Brom. Di Piala FA, The Blues akan melawan Hull City dan di penghujung Februari akan bertandang ke Old Trafford untuk mengadapi Manchester United pada lanjutan Liga Inggris.

Mantan pemain Chelsea, Chris Sutton mengatakan, klub harus membuat putusan sebelum melawan Manchester United dan Manchester City.

“Manchester United dan Manchester City sangat berbahaya dan Antonio Conte akan menghadapi keduanya,” ujar Sutton.

Ia mengatakan, dalam kondisi seperti ini, hanya akan ada satu pemenang, dan Antonio Conte meminta dukungan kepada dewan, tetapi tampaknya ia tidak akan mendapatkan dukungan tersebut.

Reaksi pendukung Chelsea

Alex Churcill, perwakilan fans Chelsea kepada BBC mengatakan, para pendukung Chelsea gelisah karena mereka sangat menyukai Antonio Conte apalagi jika mellihat prestasi yang ia dapatkan di musim 2016-2017.

Akan tetapi, dalam beberapa bulan terakhir, Antonio Conte tidak menampilkan kinerja yang baik dan hanya menyalahkan beberapa pihak.

Alex Churcill juga berharap Antonio Conte segera bangkit dan kembali kepada performa terbaiknya sebelum semuanya terlambat.

Sang pelatih tidak bisa menyalahkan tekanan publik saat ini karena ia digaji 8 juta poundsterling per taun untuk melakukan pekerjaannya secara profesional. Ia dan dewan Chelsea harus bekerja sama untuk menyelesaikan masalah ini. (Pambudi Driya Sasmaya)***

Baca Juga

Chelsea Menang Atas West Brom, Conte: Terima Kasih Para Pendukung

LONDON, (PR).-  Manajer Chelsea Antonio Conte memuji pendukung klubnya yang tetap memberikan dorongan moral terhadapnya usai kemanangan 3-0 atas West Bromwich Albion di Stadion Stamford Bridge, London, Selasa 13 Februari 2018 dini hari WIB