Penonton Timnas Indonesia vs Islandia Diawasi CCTV Terbaik Dunia

Stadion Gelora Bung Karno/ANTARA
Renovasi stadion Gelora Bung Karno yang menelan biaya sebesar Rp769 miliar tersebut telah selesai dan rencananya akan diresmikan Presiden Joko Widodo pada Minggu, 14 Januari 2018 petang sesaat sebelum dipergunakan untuk pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Timnas Islandia.*

JAKARTA, (PR).- Pemasangan CCTV dengan face recognation dalam sistem pengamanan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu, 14 Januari 2018, jadi pengawas penonton laga Tim Nasional kontra Islandia. Beberapa penonton yang mengangkat kakinya di atas single seat langsung tersorot oleh kamera dan disiarkan di dua televisi besar yang terpasang di dalam stadion.

Para penonton lain pun langsung meneriakan kata "buuuu" ketika ada penonton lain yang ketahuan mengangkat kaki di kursi tribun. Jika ada yang tidak sadar mengangkatkan kakinya di kursi, maka camera akan langsung menyorot gambar muka dan kaki penonton yang mengangkat kaki tersebut.

Sesuai aturan yang dipasang di tiap sudut stadion, penonton telah diberitahukan untuk tidak mengangkat kaki dan atau menduduki kursi stadion yang kini sudah single seat. Hal itu untuk meminimalisir kerusakan yang mungkin terjadi sebelum dipergunakan untuk Asian Games 2018, Agustus nanti.

Direktur Pembangunan dan Pengembangan Usaha Gelora Bung Karno, Gatot Tetuko mengatakan jika CCTV yang terpasang di SUGBK ini merupakan pemberian pemerintah Jepang yang memiliki sistem keamanan face recognation terbaik di dunia. Setiap sudut stadion, menurut dia, sudah termonitor oleh sembilan kamera 360 derajat, kecuali di toilet.

"Ini merupakan sistem pengamanan di dalama stadion. Kalau ada sejarah jelek (penonton) di GBK, wajahnya kami simpan. Nanti akan ada bad list record hingga seterusnya bisa untuk penanganan agar penonton tersebut tidak masuk. CCTV ini sistemnya juga terkoneksi dengan kepolisian juga," ucapnya.

PSSI melalui Sekjennya, Ratu Tisha Destria sebelumnya pun juga meminta para suporter yang datang ke SUGBK bisa menjaga kebersihan, keamanan serta kenyamanan. Mengingat renovasi Stadion GBK ini belum rampung 100 persen saat menggelar pertandingan Indonesia menghadapi Islandia.

Karena itu dia pun meminta kesadaran dari masyarakat untuk sama-sama menjaga segala sesuatu yang ada dalam stadion, termasuk fasilitasnya.

SUGBK direnovasi dengan biaya Rp 760 miliar. Stadion ini berkapasitas 76.152 single seat. Mulai dari kursi penonton umum (73.479), difabel (132 seat), tribun media (595 seat), tribun VIP (1.705 seat) dan VVIP (221 seat).***

Baca Juga

Indonesia Telan Kekalahan 1-4 dari Islandia

JAKARTA, (PR).- Uji coba internasional perdana Tim Nasional Indonesia di 2018, melawan Islandia, Minggu, 14 Januari 2018, berakhir dengan kekalahan.