Babak Pertama, Indonesia vs Islandia Imbang 1-1

Pemain Timnas Indonesia Ilham Udin/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Sempat unggul lebih dulu selama 45 menit, Timnas Indonesia mengakhiri babak pertama pertandingan kontra Islandia dengan hasil imbang 1-1, Minggu, 14 Januari 2018. Islandia melesakkan gol penyeimbang tepat sebelum peluit turun minum berbunyi pada laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno tersebut.

Keunggulan Indonesia terlahir dari gol yang dicetak Ilham Udin Armaiyn pada menit ke-28. Sementara Islandia menyamakan kedudukan tepat sebelum babak pertama berakhir, melalui Albert Gudmundsson.

Pertandingan berlangsung di bawah hujan yang cukup deras. Pada 15 menit awal babak pertama, Timnas Indonesia beberapa kali mencoba membangun serangan. Umpan silang Febri Hariadi di menit ke-12, tidak bersambut dan hanya melewati daerah pertahanan Islandia.

Islandia nyaris mengancam dengan serangannya di menit ke-17. Kapten tim Islandia Olafur Ingi Skulason melepas tendangan dari sayap kanan pertahanan Timnas Indonesia, beruntung bola masih mampu diatasi Adritany.

Timnas Indonesia banyak membangun serangan, namun sedikit kesulitan menembus pertahanan Islandia. Selain karena faktor fisik Timnas Islandia yang memang lebih tinggi dari para pemain Merah-Putih, juga karena di babak pertama ini pelatih Timnas Indonesia Luis Milla tidak menurunkan dua pemain senior Boaz Solossa dan Lerby Eliandry.

Sebaliknya, pemain muda Ilham Udin Armaiyn dipercaya di lini depan dengan didukung gelandang Febri Hariyadi, dan Osvaldo Haay.

Kepercayaan pelatih tersebut ternyata sukses dibuktikan Ilham Udin Armaiyn dengan mencetak gol di menit ke-28. Meskipun terdapat sedikit faktor keberuntungan, namun Ilham berhasil memanfaatkan kesalahan kiper Islandia yang gagal mengamankan bola.

Berawal dari tendangan Febri Hariyadi dari luar kotak penalti, kiper Runar Alex Runarsson menangkap si kulit bundar dengan kedua tangannya. Namun bola yang nampak licin kemudian terlepas, dan Ilham yang berada tepat di hadapan Runarsson tidak membuang kesempatan untuk menendang bola ke gawang.

Unggul 1-0, semangat para pemain besutan Luis Milla pun berkobar. Serangan yang dibangun di menit ke-38 cukup mengejutkan para pemain Islandia, setelah Hargianto melepaskan tendangan yang sayangnya melambung tipis di atas mistar.

Sundulan Bayu Pradana yang memanfaatkan sepak pojok Febri Hariyadi di menit ke-40, juga membahayakan jantung pertahanan Islandia. Sayangnya, sundulan Bayu belum berhasil menggandakan keunggulan Tim Garuda.

Beberapa detik sebelum babak pertama berakhir, Timnas Islandia menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Albert Gudmundsson berhasil melalui lini pertahanan Timnas Indonesia, dan melesakkan bola ke gawang Indonesia. Andritany sempat terlebih dulu menghadang bola, namun bola menggelincir yang kemudian diteruskan Albert Gudmundsson ke gawang untuk menyamakan kedudukan.

Adapun susunan pemain Timnas Indonesia di pertandingan malam ini: Adritany (kiper), Putu Gede, Fachruddin, Hansamu, Rezaldi, Pradana, Hargianto, Osvaldo Haay, Septian David, Febri Hariadi, Ilham Udin.

Susunan pemain Timnas Islandia: Runarsson, Fridjonsson, Fjoluson, Eyjolfsson, Fridriksson, Traustason, Skulason, Smarason, Sigurdarson, Finnbogason, Bjarnason.

Sebelum laga Indonesia kontra Islandia berlangsung, Presiden Joko Widodo meresmikan SUGBK hasil renovasi. Diketahui, renovasi stadion menelan biaya sebesar Rp 760 miliar. Stadion ini berkapasitas 76.152 single seat. Mulai dari kursi penonton umum (73.479), difabel (132 seat), tribun media (595 seat), tribun VIP (1.705 seat) dan VVIP (221 seat).***

Baca Juga

Indonesia Telan Kekalahan 1-4 dari Islandia

JAKARTA, (PR).- Uji coba internasional perdana Tim Nasional Indonesia di 2018, melawan Islandia, Minggu, 14 Januari 2018, berakhir dengan kekalahan.

Indonesia Selection Dilumat Islandia 0-6

SLEMAN, (PR).- Tim Indonesia Selection harus mengakui keunggulan timnas Islandia yang menekuk mereka 0-6 dalam laga persahabatan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Kamis 11 Januari 2018 malam.