Sejauh Ini Persiapan Panjat Tebing Kota Bandung Untuk Porda Jabar 2018

Latihan/SAEDATUL FARIDAH
AURA Paramaratri, atlet FPTI Kota Bandung sedang melakukan latihan panjat tebing, dalam persiapan Porda 2018. KONI Kota Bandung menargetkan 2 emas dalam pelaksanaan PORDA tahun ini.*

BANDUNG, (PR).- Tim panjat tebing Kota Bandung semakin intensif berlatih di papan panjat Gor Saparua, Kota Bandung, Jawa Barat. Latihan tersebut dilakukan dalam rangka persiapan menghadapi Porda Jabar 2018 yang akan berlangsung di Bogor.

Menurut pelatih tim atlet panjat tebing Kota Bandung, Heri Herdiana, persiapan atlet dalam menghadapi Porda Jabar 2018 sudah mencapai 50%. Persiapan atlet sedang memasuki tahap awal latihan. “Karena kemarin baru selesai pra-Porda, kami istirahat dua minggu. Baru minggu ini mulai latihan rutin untuk persiapan ke Porda nanti,” kata Heri di lokasi latihan, Sabtu 13 Januari 2018.

Untuk cabang olahraga panjat tebing, Kota Bandung akan menurunkan sebanyak 13 atlet untuk semua nomor yang dipertandingkan. Namun hal tersebut belum dikonfirmasi karena harus melihat kondisi dan kesiapan para atlet terlebih dahulu.

“Kondisi atlet, semua sehat. Sudah siap latihan lagi. Cuma ada beberapa yang kemarin cedera, belum terlalu intens latihannya,” ujar Heri.

Selain itu, Heri mengatakan bahwa Kota Bandung menargetkan dua emas pada Porda kali ini. Kesiapan atlet, frekuensi dan intensitas latihan, serta strategi juga diterapkan agar bisa memperoleh target tersebut.

“Harapannya, kami bisa menyumbang medali untuk Kota Bandung. Karena kita mengejar perolehan medali, jadi kemungkinan ada beberapa nomor yang tidak kami turunkan, agar atlet tidak turun di nomor yang terlalu banyak,” ujar Heri.

Adapun saingan terberat menurut Heri pada Porda kali ini yakni Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Karawang.

Optimisme

Salah satu atlet yang sedang berlatih, Aura Paramaratri (14) menargetkan mendapatkan medali sebanyak empat sampai enam emas. Aura yang sudah tujuh tahun menjadi atlet panjat tebing ini mengatakan bahwa Porda Jabar 2018 merupakan Porda pertama untuknya.

Ada 6 nomor yang akan diikuti oleh Aura, yakni boulder perorangan, lead perorangan, bolder beregu, lead beregu, boulder mix, dan lead mix.

Meski latihan untuk Porda lebih berat dibandingkan latihan-latihan sebelumnya, Aura merasa yakin untuk mendapatkan empat sampai enam medali emas. “Harus optimistis,” ujarnya. (Nurul Azzahra)***

Baca Juga

Bandung Raya Macet, Wisatawan Kapok?

BANDUNG, (PR).- Jumlah kunjungan wisatawan saat musim liburan terbilang sangat meningkat terutama di wilayah Bandung Raya dan sekitarnya. Namun, hal tersebut tidak berbanding lurus dengan tingkat kepuasan wisatawan. 

Test Event 3 Cabang Olah Raga Asian Games 2018 Minim Peserta

JAKARTA, (PR).- Test event Asian Games 2018 untuk tiga cabang olah raga mengkhawatirkan. Pasalnya, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) membocorkan jika baru ada satu negara yang mengonfirmasi secara resmi keikutsertaannya.