Liverpool vs Manchester City, Kesempatan Melukai Raja Klasemen Liga Inggris

Liverpool/REUTERS
PARA pemain Liverpool merayakan gol ke gawang Everton dalam laga Piala FA di Stadion Anfield, Liverpool, 5 Januari 2018.*

LIVERPOOL, (PR).- Akhir pekan ini, Minggu 14 Januari 2018 pukul 23.00 WIB, Liverpool akan dikunjungi tim pemuncak klasemen sementara Liga Inggris, Manchester City.

Laga bertitel big match itu tentunya akan dijadikan kesempatan emas bagi pasukan Juergen Klopp untuk membalas kekalahan di putaran pertama lalu. Usaha revans kepada pasukan Josep Guardiola akan didukung oleh rekor bagus Liverpool saat menjamu Manchester City di Anfield.

Manchester City tidak pernah memenangi pertandingan Liga Inggris di Anfield selama hampir 15 tahun dan hal itu menajdi kabar buruk bagi sang pemuncak klasemen menjelang pertemuan dengan Liverpool.

Manchester City kalah dalam 14 dari total 20 pertemuan di Liverpool selama era modern Liga Inggris. Mereka hanya sekali menang, 2-1, pada Mei 2003 ketika usia gelandang City Leroy Sane masih tujuh tahun.

Dalam kurun 15 tahun itu, Manchester City pernah menelan kekalahan terbesar melawan Si Merah yaitu pada Oktober 1995 ketika Ian Rush dan Robbie Fowler masing-masing mencetak dua gol. Jamie Redknapp dan Neil Ruddock menyempurnakannya dengan kemenangan 6-0. Secara total, Manchester City kemasukkan 40 gol di ajang Liga Inggris di Anfield sejak 1992 dan hanya mencetak 17 gol.

Kali ini, performa Liverpool semakin membaik, tepatnya sejak pertengahan Desember 2017. Jordan Henderson dan kolega bahkan terlihat memiliki mental bertanding yang lebih baik dari sebelumnya.

Contohnya bisa dilihat saat laga melawan Leicester City. Saat itu, mereka bisa bangkit dan menang meski sempat tertinggal. Lalu saat melawan Burnley, The Reds nyaris ditahan imbang setelah lawan menyamakan kedudukan menjelang laga berakhir. Namun, Liverpool tak putus asa, terus menyerang, dan akhirnya bisa mencetak gol kemenangan.

Mohamed Salah

Dalam pertandingan kali ini, Liverpool masih tak akan bisa berlaga dengan memakai jasa Nathaniel Clyne, Alberto Moreno, dan Jordan Henderson, yang semuanya masih cedera. Daniel Sturridge juga masih diragukan bisa bermain.

Bagusnya, ada kemungkinan Mohamed Salah bisa bermain kali ini. Ia sebelumnya disebut mengalami masalah di pangkal pahanya dan kini sudah terlihat kembali berlatih dengan rekan-rekannya. Juergen Klopp juga bakal bisa memainkan bek anyarnya, Virgil Van Dijk.

Bek Liverpool, Joe Gomez, yakin timnya bisa menjadi klub pertama yang mengalahkan Manchester City di Liga Inggris musim ini. Apalagi, duel akan digelar di Anfield yang merupakan markas kebesarannya.

"Mereka (Manchester City) melakukan hal besar musim ini. Status belum terkalahkan jadi bukti betapa bagus mereka, tetapi saya tidak merasa inferior melawan tim mana pun. Khususnya saat tim lawan datang ke Anfield," kata Gomez seperti dilaporkan Tribal Football.

Liverpool tentu ingin menang juga di laga ini demi mengamankan posisi 4 Besar untuk tetap menjaga kans bermain di Liga Champions. The Reds saat ini berada di posisi 4 klasemen sementara dengan 44 poin dari 22 laga.

"Sangat penting bisa mengamankan posisi 4, khususnya setelah kami merasakannya di musim ini (bisa berlaga di kompetisi elite Eropa, Liga Champions) dan saya pikir kami punya kualitas bisa meraih posisi 4 Besar dengan kehadiran manajer kami (Juergen Klopp) dan tim yang kami punya saat ini," tuturnya.

Tak peduli

Sementara itu, Manchester City bertekad meneruskan kegemilangan mereka musim ini. Mereka tak memusingkan fakta bahwa terakhir kali mereka menang di Anfield adalah pada Mei 2003.

"Kami tak peduli soal itu. Memang begitulah jalannya sepak bola. Kami pergi ke sana untuk memenangi pertandingan," ujar gelandang Manchester City, Kevin De Bruyne seperti diberitakan situs resmi klub.

Pada pertemuan terakhir, Manchester City menghajar Liverpool 5-0 di Etihad Stadium. Namun, untuk laga pada akhir pekan ini, Liverpool mendapat tambahan kekuatan di lini belakang usai merekrut Virgil Van Dijk.

"Mereka akan punya tim yang sangat tangguh. Mereka ingin lolos ke Liga Champions. Tapi, kami akan berusaha melakukan hal-hal yang biasanya kami lakukan dengan baik dan kita lihat saja apa yang terjadi," tutur Kevin De Bruyne.***

Baca Juga

Liverpool Ungguli Swansea City 5-0

LIVERPOOL meraih kemenangan 5-0 atas Swansea City yang dijamunya di Stadion Anfield, Rabu 27 Desember 2017 dini hari WIB.  Lima gol Liverpool dicetak oleh Philippe Coutinho (menit ke-6), Roberto Firmino (52' dan 66'), Trent Alexander-Arnol