Islandia Tak Sepelekan Indonesia di Laga Indonesia vs Islandia

Heimir Hallgrímsson/DOK. PSSI
PELATIH Timnas Islandia Heimir Hallgrímsson dalam jumpa pers jelang pertandingan di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu, 13 Januari 2018.*

JAKARTA, (PR).- Tim Nasional Islandia ternyata tidak menyepelekan Timnas Indonesia. Laga uji coba internasional Indonesia vs Islandia yang digelar Minggu, 14 Januari 2018 merupakan salah satu persiapan The Our Boy menuju Piala Dunia 2018 di Rusia nanti.

Mereka berlatih dengan serius kendati mengetahui lawannya, Timnas Indonesia memiliki rangking dunia yang jauh di bawah skuad mereka. Bagi Islandia, laga nanti bisa memberikan pengalaman bagi para pemain mudanya.

"Kami disambut dengan baik di sini. Ini adalah pengalaman berharga bagi Federasi Sepak Bola Islandia (KSI) dan timnas Islandia. Bulan ini memang bukan waktu ideal untuk melakukan laga uji coba, mengingat para pemain elite kami yang bermain di Eropa sedang dalam masa sibuk. Jadi kami membawa beberapa pemain senior dan muda. Khususnya untuk pemain muda," kata Pelatih Timnas Islandia Heimir Hallgrímsson.

Heimir menyampaikan hal itu dalam jumpa pers jelang pertandingan di Hotel Fairmont, Jakarta, Sabtu, 13 Januari 2018. Heimir berharap laga Indonesia vs Islandia nanti bisa menambah pengalaman Timnas Islandia. "Karena kami ingin para pemain muda ini memahami permainan negara lain di luar Eropa. Karena di Piala Dunia nanti, lawan kami akan lebih banyak dari luar Eropa," kata Heimir.

Sebelumnya, dalam uji coba lapangan, Asisten Pelatih Heimir, Helgi Kolvidsion menuturkan, mereka sangat menyegani Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla. Milla dinilainya pelatih yang berkarakter.

"Dia pernah membawa Timnas Spanyol U-21 juara Piala Eropa pada 2011. Jadi tidak bisa diremehkan juga. Karena Timnas Indonesia memiliki pelatih yang berpengalaman, punya filosofi yang baik dalam permainan menyerang dan bertahan," ucapnya.

Khusus untuk melawan Indonesia, kemarin Timnas Islandia sengaja berlatih di siang bolong. Hal tersebut menurut Helgi adalah untuk aklimatisasi mengatasi cuaca panas.

Lawan berkualitas

Sementara itu, Pelatih Indonesia Milla mengatakan kegembiraannya akan pertemuan dengan Islandia. Menurutnya bertemu dengan tim yang sedang dalam puncak permainan terbaiknya sangat bagus untuk memberikan pelajaran bagi pemain timnas Indonesia. Terutama pemain yang sedang dipersiapkan untuk Asian Games 2018.

"Bisa dibayangkan betapa senangnya kami bisa mendapatkan lawan tanding yang berkualitas. Ini sangat baik untuk persiapan kami (jelang Asian Games 2018). Islandia sedang ada di puncak kekuatannya, mereka bisa masuk ke Piala Dunia 2018. Saya nilai itu bukan sebuah kebetulan, tapi proses yang sangat panjang. Semoga besok, mereka(Islandia) bisa memberi pelajaran berharga untuk anak-anak," katanya

Timnas Indonesia ternyata juga mempersiapkan dengan serius laga melawan Islandia ini. Dalam dua hari kemarin, Milla bahkan menggelar latihan secara tertutup di Lapangan Timnas GBK.

Milla mengaku telah menganalisis kekuatan calon lawannya tersebut dari pertandingan melawan Indonesia Selection beberapa waktu lalu. Dari hasil evaluasinya, Islandia dinilainya merupakan tim yang mampu menyerang dan melakukan transisi bertahan dengan baik.

"Kekalahan besar Indonesia selection jadi evaluasi kami. Kami tidak ingin hal serupa tentu terjadi, karena itu para pemain saya minta usahakan agar bisa meminimalisasi kesalahan dalam 90 menit pertandingan. Saya sendiri percaya para pemain bisa mempersulit lawan, karena kita juga memiliki skuad yang berkualitas. Kita akan main rapat dan kolektif," kata Milla.***

Baca Juga

Pelatih Islandia Puji Pemain Indonesia Selection

SLEMAN, (PR).- Meski timnya menang, pelatih tim Islandia Heimir Hallgrimsson memuji penampilan tim Indonesia Selection. Ia menilai secara individu, pemain Indonesia memiliki kualitas yang baik.

Indonesia Telan Kekalahan 1-4 dari Islandia

JAKARTA, (PR).- Uji coba internasional perdana Tim Nasional Indonesia di 2018, melawan Islandia, Minggu, 14 Januari 2018, berakhir dengan kekalahan.

Luis Milla Puji Gelandang Persib Febri Hariyadi

JAKARTA, (PR).- Pelatih Tim Nasional Indonesia Luis Milla mengaku perasaannya campur aduk, menyusul hasil kekalahan yang diraih anak asuhnya, Minggu, 14 Januari 2018.