Ini Format Liga 1 2018

kongres pssi/WINA SETYAWATIE/PR
Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi berbicara di depan peserta Kongres Luar Biasa PSSI di Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, Sabtu 13 Januari 2018.

JAKARTA, (PR).- Liga 1 2018 masih digelar dalam format kompetisi penuh dengan jumlah peserta 18 tim. Sementara Liga 2 yang sebelumnya diikuti 60 tim pada 2017, kini hanya akan diikuti 24 tim.

Hal itu disepakati dalam Kongres Luar Biasa PSSI yang digelar di  Indonesia Convention Exhibition (ICE), Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang, Banten, Sabtu 13 Januari 2018.  Dalam kongres itu juga ditetapkan bahwa Liga 1 dan Liga 2 merupakan level kompetisi profesional.

Sementara itu Liga 3 yang tetap digelar dalam fase provinsi dan fase nasional dikategorikan sebagai kompetisi amatir. "Fase nasional terdiri dari 64 besar, yang terdiri dari 40 klub yang terdegradasi di Liga 2 dan sisanya 24 klub terbaik dari 34 fase provinsim" ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria seusai kongres.

Menurut Tisha, format itu merupakan tahap transisi pertama untuk menuju format kompetisi 2019. Selain liga, tahun ini PSSI juga  bersiap untuk menggelar Piala Indonesia yang rencananya akan bergulir pada April-Desember 2018.

Tisha menambahkan, Piala Indonesia akan digelar dengan format 128 tim, yang terdiri dari Liga 1, Liga 2, dan Liga 3. Juara dari kompetisi ini nantinya akan menjadi wakil Indonesia di AFC Cup. "

Ciptakan Pelatih Wasit Berkualitas

Kongres Luar Biasa PSSI kali ini diawali dengan roll call ulang oleh Tisha. Hasilnya, kongres mencatat ada 81 dari 106 total voter PSSI yang hadir, sehingga dinyatakan quorum (50%+1).

Ada dua agenda besar yang dibahas di kongres biasa ini, yakni laporan aktifitas di 2017 dan program kerja di 2018. Untuk program kerja 2018, terkait organisasi, sebagai bentuk implementasi dari statuta maka PSSI mendirikan badan baru yakni NDRC (national dispute resolution chamber).

Menurut Tisha, badan itu bertugas mengurus penyelesaian sengketa nasional.  "Hingga kalau ada sengketa antar anggota PSSI nantinya diarahkan ke sana, tidak lagi sporadis," katanya

Dalam program kerja untuk pengembangan sepak bola, PSSI akan melakukan riset selama satu tahun penuh di tahun ini untuk memahami betul filosofi sepakbola Indonesia.  Saat ini yang beredar baru draft fondasi awal saja. 

Bukan hanya meningkatkan pemahaman akan cara bermain sepakbola ala Indonesia, PSSI juga akan meningkatkan kualitas wasit Indonesia. Dengan mendatangkan Ray Oliver dari Inggris dan Toro Kamigawa dari Jepang yang merupakan best referee assesor yang dimiliki FIFA. 

Mereka nantinya akan membantu dan melatih penilai wasit dan instruktur wasit yang ada di Indonesia.  "Jadi di tahun ini fokusnya bukan membenahi wasit, tapi menghasilkan pelatih wasit yang baik. Sama dengan pemain wasit akan bertambah baik dengan jam terbang," ucap Tisha.*** 

Baca Juga

Ini Pemain dan Klub Terbaik Liga 1

JAKARTA, (PR).- Menutup kompetisi Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar malam "Life Awards Liga Indonesia First & Excellence" di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Desember 2017.