Uji Coba Timnas Indonesia vs Islandia, PSSI Panggil 24 Pemain

Timnas Indonesia/DOK. PR

JAKARTA, (PR).- PSSI akan memanggil sekitar 24 nama pemain Tim Nasional (Timnas) yang akan dipersiapkan untuk laga uji coba melawan Timnas Islandia. Adapun Timnas Islandia merupakan kontestan Piala Dunia 2018.

Uji coba akan berlangsung pada 14 Januari mendatang. Nama-nama pemain Timnas yang dipanggil rencananya akan diumumkan secara resmi pada 4 Januari mendatang. 

Hal tersebut diungkapkan Asisten pelatih Timnas Indonesia, Bima Sakti saat dihubungi wartawan, Rabu, 2 Januari 2018. Menurut Bima, pemain yang akan dipanggil tidak akan jauh berbeda dengan turun di Turnamen Tsunami Cup di Aceh akhir tahun lalu.

"Timnas yang akan berlaga nanti adalah Timnas U-23 plus beberapa pemain senior. Skuadnya tidak berbeda jauh dengan yang dipilih di Turnamen Aceh kemarin. Tapi ada perubahan sedikit saja," ungkapnya. 

Untuk jumlah pastinya, Bima mengaku sekitar 23-24 pemain. Bocorannya, ada nama punggawa Timnas U-19 Egy Maulana Vikri yang akan ikut bergabung nanti.

Pemusatan latihan

Sementara itu pemusatan latihan untuk laga uji coba tersebut, kata Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisah Destria akan dimula pada 11 Januari mendatang. Timnas Indonesia akan menjalani pemusatan latihan di Lapangan Latihan Timnas (Lapangan ABC) baru di kawasan Gelora Bung Karno. 

Penggunaan lapangan yang memiliki rumput sintetis tersebut akan menjadi kegiatan latihan perdana timnas di GBK paska renovasi. 

"Untuk Timnas akan mulai latihan TC pada 11 Januari mendatang di Lapangan ABC. Ini akan jadi latihan perdana Timnas di lapangan latihan baru setelah diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Desember lalu," tuturnya. 

Menunggu surat

Ujicoba antara Timnas melawan Timnas Irlandia sendiri rencananya akan dilangsungkan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Namun, hingga saat ini pihaknya mengaku masih menunggu surat resmi dari Kementerian Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (PU-PR) yang bertanggung jawab atas SUGBK selama masa renovasi Asian Games 2018.

"Kami masih menunggu surat resmi dari PU-PR, karena kan yang punya kewenangan mereka. Kami sudah bersurat secara resmi, berkomunikasi secara informal pun sudah, dan survei dengan Dirjennya. Tapi kami belum terima surat resminya dari mereka. Mungkin karena kemarin libur panjang, hari ini (kemarin -Red.) baru akan diproses," katanya.

Dalam laga uji coba internaisonal tersebut, PSSI menurut Tisha akan menguji coba sistem manajemen suporter Indonesia, yakni menerapkan sistem penomoran bangku bagi para penonton. Hal itu dilakukan mengingat di SUGBK sudah menggunakan "single seat", hingga nanti sistem penjualan tiket pun secara berangsur akan dilakukan secara online. 

Ini sesuai dengan aturan yang diberlakukan oleh pengelola SUGBK. Sistem ini pun dinilainya bisa meminimalisir adanya praktek pencaloan. Karena nomor kursi tidak bisa berubah.

"Saat ini kami sedang membicarakannya. Mengingat di stadion belum semua sistem pengamanan bisa berjalan. Tapi memang akan ada pengaturan untuk alur masuk penonton," ungkap Tisha.***

Baca Juga

Indonesia Telan Kekalahan 1-4 dari Islandia

JAKARTA, (PR).- Uji coba internasional perdana Tim Nasional Indonesia di 2018, melawan Islandia, Minggu, 14 Januari 2018, berakhir dengan kekalahan.