Kickoff Liga 1 2018 Masih Bisa Berubah

PSSI/DOK. PR

JAKARTA, (PR).- Meskipun telah memiliki jadwal, namun kickoff Liga 1 musim 2018 kemungkinan masih bisa berubah. Kepastian tanggal dimulainya kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia ini akan dikunci pada kongres tahunan PSSI, 13 Januari mendatang di Jakarta.

Agenda kompetisi akan menjadi salah satu hal yang dibicarakan dalam kongres tersebut. Mengingat jadwal kompetisi juga harus menyesuaikan dengan sejumlah agenda Timnas dan kejuaraan internasional lainnya yang di bawah lisensi FIFA.

Berdasarkan perhitungan PSSI, waktu kick off Liga 1 2018 yang ideal jatuh pada akhir Februari mendatang. Mengingat di awal tahun, Januari masih ada agenda turnamen pra-musim Piala Presiden. Sedangkan pada pertengahan Januari pada 10-18 Februari akan digelar test event Asian Games 2018.

"Tapi hal itu masih kemungkinan mengalami perubahan. Karena terkait kompetisi, pembahasan final akan dibicarakan pada Kongres Tahunan (PSSI), 13 Januari nanti," ungkap Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono kepada wartawan akhir pekan lalu. 

PT Liga Indonesia Baru (LIB) lewat Direktur Operasionalnya, Tigor Shalomboboy mengungkapkan kemungkinan berubah itu memang ada. Terlebih dua jadwal di awal tahun memang diakuinya memiliki selisih waktu yang mepet dengan pelaksaan kompetisi. 

"Ada selisih waktu yang mepet antara jadwal Piala Presiden dan test event Asian Games dengan pelaksanaan kompetisi. Pasalnya, kedua event tersebut baru berakhir 17 dan 18 Februari mendatang atau hanya sepekan dari kick off Liga 1, 24 Februari mendatang. Sementara waktu ideal untuk klub melakukan evaluasi setelah pra-musim sekitar dua pekan. Dalam medio waktu tersebut, klub bisa melakukan evaluasi timnya," kata Tigor.

Melihat agenda Timnas, maka pihaknya mengaku telah mengusulkan kepada PSSI untuk melakukan pengunduran jadwal kompetisi setidaknya sepekan lagi dari jadwal semula, yakni sekitar awal Maret. Pihaknya kini tinggal menunggu keputusan PSSI.

Terkait usulan tersebut, Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria mengatakan jika tidak memungkinkan untuk mengundur kembali jadwal kompetisi. Pasalnya, agenda sepakbola Indonesia sudah mulai padat dengan kegiatan event-event internaisonal yang akan digelar di Indonesia.

"Kalau lebih awal dari 24 Februari malah memungkinkan. Tapi kalau mundur, sepertinya sudah tidak bisa. Karena setelah Piala Presiden akan banyak agenda internasional yang dilangsungkan di Indonesia. Namun, kami akan terus membantu LIB untuk bisa memutar kompetisi pada jadwal semua," ujar Tisha.

Semua hal, menurut dia, akan lebih jelas kepastiannya setelah kongres tahunan.***

Baca Juga

Ini Format Liga 1 2018

JAKARTA, (PR).- Liga 1 2018 masih digelar dalam format kompetisi penuh dengan jumlah peserta 18 tim. Sementara Liga 2 yang sebelumnya diikuti 60 tim pada 2017, kini hanya akan diikuti 24 tim.

Rute Tour de Indonesia 2018 Lebih Pendek

JAKARTA, (PR).- Gelaran balap sepeda paling bergengsi di tanah air, Tour de Indonesia (TdI) yang akan digelar pada 25-28 Januari 2018 mendatang kembali mengalami perubahan rute.