Undangan Piala Presiden 2018 Mulai Disebar, Persija Kemungkinan Absen

Piala Presiden 2018/DWI SETYADI/PR

JAKARTA, (PR).- Panitia penyelenggara Piala Presiden 2018 mulai menyebarkan surat undangan keikutsertaan ke klub-klub Liga 1 dan Liga 2. Mereka diharapkan dapat turut berpartisipasi dalam turnamen yang rencananya akan digelar pada 16 Januari hingga 17 Februari 2018 mendatang. Kuota peserta yang ditetapkan adalah 20 tim.

"Dari pekan lalu, kami (organizing committee) sudah mengirimkan surat undangan kepada klub-klub yang memang diharapkan untuk bisa ikut berpartisipasi dalam Piala Presiden nanti. Formatnya masih seperti sebelumnya, yakni 15 klub Liga 1, 3 klub promosi Liga 2, dan 2 dari rangking 4 dan 5 Liga 2," kata anggota Organizing Committee Piala Presiden, Risha Adi Wijaya. Ia dihubungi wartawan, Sabtu 30 Desember 2017.

Kendati kuota telah ditetapkan, namun hak untuk ikut atau tidak dalam turnamen ini, menurut dia, kembali keputusannya diserahkan kepada masing-masing klub. Namun yang pasti, kata Risha, turnamen ini akan dijadikan sebagai turnamen pramusim Liga 1 2018 yang akan dimulai pada Februari 2018.

"Sebenarnya kalau kami melihatnya, ini suatu turnamen yang cukup dan sangat berarti buat klub. Karena bisa jadi ajang pemanasan bagi mereka untuk beradu kompetisi dengan para peserta Liga 1 lainnya musim depan. Jadi ini sebagai ajang percobaan men-setting tim atau pemetaan kekuatan calon lawan di kompetisi musim depan," tukasnya. 

Persija absen

Risha mengakui, memang ada beberapa tim yang sejak awal sudah menyatakan kemungkinan untuk tidak ikut serta dalam turnamen ini, seperti Sriwijaya FC, Persija, dan Persebaya. Ketiganya, kata dia, sudah terlebih dahulu memiliki jadwal partisipasi di turnamen lainnya. Namun, sebelum ada kepastian jawaban secara resmi dari ketiganya, Risha mengaku, masih memperhitungan mereka sebagai calon peserta Piala Presiden. 

"Kami sih tidak mau berpikir ke arah situ dulu (tidak ikut). Tapi, yang jelas saat ini kami sudah mengirimkan undangan kepada mereka dan kini status kami adalah menunggu respons dari semua klub undangan. Kami berharap, semua peserta Liga 1 musim depan plus tim undangan dari Liga 2 dapat berpartisipasi semua. Perubahan peserta (bila terjadi) akan dibicarakan selanjutnya," tuturnya.

Tunggu konfirmasi

Kompetisi ini akan berjalan dengan format "home turnamen" dengan lima daerah yang akan menjadi tuan rumah babak penyisihan. Daerah/kota mana saja yang akan menjadi tuan rumah, Risha mengaku, masih dalam tahap finalisasi dan menunggu konfirmasi dari calon peserta. 

"Kami sudah menyiapkan lima kota yang nantinya akan menjadi tuan rumah. Lima kota tersebut akan difinalisasikan setelah kami mendapatkan umpan balik atau surat konfirmasi dari masing-masing klub yang kami tawarkan sebagai tuan rumah," katanya. 

Pemilihan kota penyelenggaran sendiri, menurut dia, berdasarkan kepada beberapa aspek. Yakni, dengan melihat dari sisi euforia penonton, kapasitas stadion, ketersediaan akomodasi dan kemudian transportasi, serta lain-lain.***

Baca Juga

Ini Alasan Stadion GBLA Jadi Tempat Pembukaan Piala Presiden

JAKARTA, (PR).- Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Gedebage, Bandung akan menjadi venue pembukaan Piala Presiden 2018. Kepastian itu diterima oleh "PR" lewat rilis resmi yang keluarkan PSSI, Selasa 9 Januari 2018.

Ini Format Liga 1 2018

JAKARTA, (PR).- Liga 1 2018 masih digelar dalam format kompetisi penuh dengan jumlah peserta 18 tim. Sementara Liga 2 yang sebelumnya diikuti 60 tim pada 2017, kini hanya akan diikuti 24 tim.