Luis Milla Panggil 50 Pemain Ikuti Seleksi Lanjutan Asian Games 2018

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Luis Milla/ANTARA

JAKARTA, (PR).- Sebanyak 50 pemain akan dipanggil oleh Pelatih Timnas Indonesia Luis Milla untuk menjalani tahap seleksi lanjutan Asian Games 2018. Mereka akan dipanggil pada awal Februari mendatang. 

"Kita sudah mulai sounding ke klub untuk pemanggilan ini. Agar klub-klub bisa memperhatikan akan hal itu dan kami koordinasikan," ujar Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 21 Desember 2017. 

Karena untuk pemusatan latihan Asian Games 2018 ini, ujarnya, strateginya adalah menjalani pelatnas dengan medio jangka pendek tapi dengan intensitas sering. Pemusatan latihan akan digelar satu sampai dua minggu tapi dengan frekuensinya selalu.

"Jadi nanti kompetisi, lalu TC, satu sampai dua minggu uji coba, kembali lagi ke kompetisi, lalu kembali lagi TC. Begitu terus berulang, hingga akhir penetapan," tuturnya.  

Jadwal pemusatan latihan seperti itu yang menjadi kekhawatiran dari PSSI. Namun, menurutnya, rancangan program Timnas itu memang datang dari Pelatih Timnas sendiri, hingga pihaknya tidak akan mengintervensi. 

Lalu, bagaimana dengan pertimbangan regulasi di kompetisi Liga 1 nanti agar bisa mendukung pelatnas. Menurut Tisha, regulasi kompetisi mulai dipisahkan untuk urusan Timnas. Pasalnya, pertimbangan regulasi menjadi pertimbangan industri, pengembangan dan sebagainya. 

"Itu nanti akan jadi hal-hal teknis tambahan yang akan dibicarakan ke klub. Yang pasti awal Februari Milla akan mengeluarkan 50 pemain proyeksi untuk ditandingkan lagi," imbuh Tisha. 

Test event

Untuk test event, ternyata berdasarkan data yang masuk ke Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc), bukan Malaysia dan Korea Selatan yang sudah mengkonfirmasi secara resmi keikutsertaan mereka di Februari mendatang. Padahal kedua negara tersebut yang menurut Tisha pertama menyatakan kesediaannya secara lisan. 

"Yang konfirm dari Inasgoc adalah Tiongkok, Singapura, dan Yordania. Tapi mereka belum mengirimkan confirmation letter langsung ke PSSI, baru ke Inagos. Jadi saat ini kami masih hand on hand dengan Inasgoc untuk membantu mempercepat proses," ungkapnya. 

Sepakbola sendiri menjadi salah satu cabang wajib untuk menggelar test event sesuai permintaan Dewan Olimpiade Asia (OCA), dari total sembilan cabang olahraga.  Test event sendiri akan diselenggarakan 10-27 Februari mendatang. 

Stadion yang akan digunakan untuk penyelenggaraan test event ini ada tiga, yakni Pakansari Cibinong, Patriot Bekasi, dan Wibawa Mukti Cikarang. Sementara untuk Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) di Bandung dan Si Jalak Harupat akan digunakan pertandingan resmi Asian Games 2018 nanti. 

Terkait dengan target test event, Tisha menilai akan melihat setelah tahu negara-negara apa saja yang akan ikut serta dalam test event nanti. Akan ada 7 tim tamu dalam test event ini, plus Indonesia maka total test event akan diikuti oleh 8 negara.***

Baca Juga

Test Event 3 Cabang Olah Raga Asian Games 2018 Minim Peserta

JAKARTA, (PR).- Test event Asian Games 2018 untuk tiga cabang olah raga mengkhawatirkan. Pasalnya, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) membocorkan jika baru ada satu negara yang mengonfirmasi secara resmi keikutsertaannya.