Baru 3 Negara yang Ikut Test Event Sepak Bola Asian Games 2018

Ilustrasi/JUSTIA GANANG

JAKARTA, (PR).- Baru tiga negara yang dipastikan oleh PSSI akan menjadi peserta test event Asian Games 2018, Februari tahun depan. Ketiga negara tersebut yakni Tiongkok, Malaysia, dan Korea Selatan secara lisan sudah menyatakan kesanggupannya. 

Cabang sepak bola sendiri masuk dalam sembilan cabang wajib yang diharuskan Dewan Olimpiade Asia (OCA) untuk menggelar test event Februari mendatang. Keikutsertaan ketiga negara tersebut, sebelumnya dibocorkan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) Erick Thohir pada saat menyampaikan Laporan Akhir Tahun Inasgoc 2017 awal pekan ini di Jakarta. 

Hal tersebut kemudian terkonfirmasi oleh Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria. Usai pertemuan dengan enam pemain Timnas di Makostrad, Jakarta, Selasa 12 Desember 2017), Tisha mengaku jika pihaknya tinggal menunggu surat resmi persetujuan keikutsertaan ketiga negara tersebut dalam test event nanti. 

"Tinggal surat resminya saja. Surat resminya belum dikirimkan ke kami," ujarnya kepada wartawan. 

Jika sesuai dengan aturan yang ditentukan Inasgoc, sesuai diskusi dengan cabang olahraga, untuk cabang beregu atau grup hanya diwajibkan untuk diikuti oleh tujuh tim tamu, plus Indonesia maka total delapan peserta maksimal. Jumlah itu berkurang dari kewajiban sebelumnya yakni harus mengundang sembilan tim tamu. 

Empat negara lagi menurut Tisha belum ditentukan. Namun, Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla, katanya telah mengajukan empat nama negara lainnya yang diminta bisa dihadirkan sebagai lawan tanding dalam test event. 

"Milla memilih Saudia Arabia, Yordanis, Iran, dan Qatar untuk bisa masuk dalam test event. Kami sedang mengajukan, mengejar, dan mengusahakan keinginan Milla," ucapnya. 

Sejauh ini, menurut Tisha masih dalam tahap pembicaraan dengan keempat negara tersebut. Dia mentargetkan maksimal awal tahun depan, Januari sudah ada nama-nama pasti negara-negara yang akan ikut serta dalam test event sepak bola. 

Untuk test event wajib, ada medio waktu tertentu yang diberikan yakni pada 10-18 Februari 2018. Cabang sepak bola akan menjadi cabang kelima setelah panahan, atletik, basket, dan tinju yang mendapat jatah untuk menggelar test event. Sedikitnya ada tiga stadion yang rencananya akan digunakan untuk penyelenggaraan test event Asian Games 2018, yakni Pakansari Cibinong, Patriot Bekasi, dan Wibawa Mukti Cikarang.

Minta komitmen

Sementara itu, kemarin, enam pemain Timnas yang akan berkarir di luar negeri dipanggil untuk dimintai komitmennya. Keenam pemain tersebut yakni Evan Dimas, Andik Vermansyah, Ilham Udin, Kartika Aji, Gavin Kwan Adsit, serta Ryuji Utomo. 

PSSI meminta agar keenam pemain yang bermain di liga luar berkomitmen kepada Timnas jika nanti dipanggil. Keenamnya juga ditanya seputar jadwal kompetisi di liga yang mereka ikuti. 

"Pemanggilan ini hanya untuk membahas persiapan dan target Asian Games, sekaligus untuk melakukan sinkronisasi jadwal kompetisi mereka dengan jadwal Timnas. Karena kami ingin melakukan perencanaan agenda Timnas dengan baik," tukas Tisha menambahkan. 

Untuk target Timnas sendiri, PSSI melakukan revisi target. Jika sebelumnya PSSI yakin bisa menembus empat besar, maka kini seakan mau realistis mereka pun menurunkan target menjadi hanya masuk 10 besar Asia. Alasannya karena paska sanksi FIFA, perkembangkan sepak bola Indonesia belum berjalan cepat. 

"Melihat komposisi dan perkembangan setahun terakhir (paska sanksi FIFA), kami melihat secara realistis dan mentargetkan minimal Top 10. Artinya, bisa saja di posisi empat, lima, hingga 10," kata Tisha.  

Sebagai tuan rumah, pemerintah mengharapkan timnas bisa mempersembahkan medali atau minimal masuk empat besar. Pemerintah berharap PSSI bisa memanfaatkan status sebagai tuan rumah untuk bisa mewujudkan hal tersebut. 

Terlebih sudah sangat lama sepak bola Indonesia tidak berbicara banyak dikancah Asia, khususnya Asian Games. Medali terakhir yang diraih pasukan Garuda di ajang ini terjadi pada 59 tahun lalu di Jepang, dimana ketika itu Indonesia membawa pulang perunggu. ***

Baca Juga

Test Event 3 Cabang Olah Raga Asian Games 2018 Minim Peserta

JAKARTA, (PR).- Test event Asian Games 2018 untuk tiga cabang olah raga mengkhawatirkan. Pasalnya, Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (Inasgoc) membocorkan jika baru ada satu negara yang mengonfirmasi secara resmi keikutsertaannya.