Klub-klub Besar Saling Bunuh di Babak 16 Besar Liga Champions, Para Mantan Pemain Buka Suara

Liga Champions/AFP

GENDERANG perang babak 16 Besar Liga Champions mulai ditabuh. Perta­rungan akan segera dimulai pada Februari hingga Maret 2018 mendatang. Ini merupa­kan awal yang sesungguhnya ketika terjadi adu gengsi di antara tim-tim papan atas untuk melanjut­kan perjalannya hingga final nanti.

Dari delapan pertandingan yang akan berlangsung, dua pertandingan adalah laga akbar, empat tim besar akan saling berhadapan memperebutkan tiket ke babak 8 Besar. Juara Liga Champions tahun lalu, Real Madrid akan berhadapan dengan Paris Saint-Germain.

Sementara itu, Chelsea akan kembali diuji sekaligus menjalani pertandingan yang cukup berat di babak 16 Besar ini setelah pada hasil undian yang dilakukan, tim asuhan Antonio Conte tersebut akan ditantang Barcelona.

Runner-up Liga Champions musim lalu, Juventus akan bertemu dengan Tottenham Hotspur, satu dari lima klub Inggris dalam undian tersebut. Bagi kedua tim, ini akan menjadi perjumpa­an perdana di kompetisi antarklub Eropa. Na­mun, Tottenham Hotspur sempat mengalahkan Juventus pada laga pramusim di Stadion Wembley, Agustus lalu, degan skor 2-0.

Laga menarik juga terjadi saat AS Roma yang menjuarai grup. Mereka akan mengawali pertandingan melawan tim Ukraina Shakhtar Donetsk. Shakhtar Donetsk pernah mengalahkan AS Roma dua kali pada babak 16 Besar musim 2010-2011. Tim asal Ukraina itu menang 3-2 di Olimpico dan 3-0 saat bertindak sebagai tuan rumah.

Sejumlah mantan pemain pun turut mengomentari hasil pengundian itu. Berikut ini pendapat dari para pemain yang pernah membela Real Madrid, AS Roma, dan Juventus.

Fernando Morientes

”Paris Saint-Germain merupakan salah satu favorit juara Liga Champions musim ini karena sukses mendatangkan pemain sekelas Neymar dan Mbappe. Namun, harus ada pembuktian lain yang perlu ditunjukkan untuk bisa lebih baik dari Real Madrid. Untuk bisa mencapai level di mana Real Madrid berada, Anda tidak hanya butuh pemain bagus tetapi juga perlu dipastikan mereka tampil bagus secara tim. Kita masih perlu menunggu apakah mereka bisa melakukannya.”

Fransesco Totti  

”Hasil undian ’16 Besar’ Liga Champions 2017-2018 merupakan sebuah keuntungan. Semua berjalan dengan baik bagi AS Roma. Mengingat apa yang ada di sana, pengundian ini berjalan dengan baik. Namun, jangan meremehkan mereka karena secara teknik dan fisik mereka kuat dan bermain baik di kandang. Ini akan menjadi suatu permainan yang terbuka tetapi selanjutnya Anda akan merasakan yang lebih sulit.”

Pavel Nedved  

”Tottenham adalah tim yang solid dengan pelatih hebat. Kami tidak pernah menghadapi Tottenham Hotspur di Eropa tetapi kami pernah menghadapi mereka dalam pertandingan persahabatan musim panas ini dan kalah. Pertandingan itu sudah berlangsung dua bulan. Jadi, kita akan lihat bagaimana kelanjutannya. Mereka adalah tim yang solid dengan pelatih hebat (Mauricio Pochettino) yang memanfaatkan sepenuhnya potensi penyerang mereka. Sekarang kita harus percaya pada diri kita sendiri dan melakukan yang terbaik.”
 

Baca Juga

Jamu Real Madrid di Copa del Rey, Ini Modal Leganes

LEG pertama perempatfinal Copa del Rey 2017-2018 menjadi partai yang berat bagi tim-tim besar penghuni 4 Besar klasemen sementara Liga Spanyol.  Valencia sebagai satu-satunya tim besar yang meraih kemenangan.

Ini Sepuluh Atlet Terbaik Dunia 2017

TAHUN 2017 sebentar lagi berakhir. Tentunya selain menjadi bagian dari sejarah kehidupan banyak hal yang tidak terduga terjadi di tahun ini.