Real Madrid Bertemu PSG, Unai Emery: Mengalahkan Tim-tim Terbaik

Pengundian babak 16 Besar Liga Champions musim 2017-2018/UEFA

SWISS, (PR).- Dua tim raksasa Liga Spanyol Real Madrid dan Barcelona harus menghadapi jalan terjal pada babak 16 Besar Liga Champions 2017-2018 seusai UEFA melakukan undian yang dilangsungkan di Nyon, Swiss, Senin 11 Desember 2017.
 
Sang juara bertahan Real Madrid harus menghadapi tim supermahal asal Prancis, PSG (Paris Saint-Germain). Sementara Barcelona akan menghadapi juara Liga Inggris Chelsea.

Chelsea yang lolos sebagai runner-up grup memang digadang-gadang akan melakoni laga berat pada babak 16 Besar. Pasalnya, cuma ada tiga tim yang bisa dihadapi The Blues, yakni Barcelona, PSG, dan Besiktas.

Sebagian besar pengamat menebak, Chelsea akan bersua Barcelona dengan probabilitas nyaris 50 persen. Tebakan itu terbukti benar. Tim asuhan Antonio Conte harus menghadapi jalan terjal, menjamu El Barca pada leg pertama sebelum gantian bermain di Stamford Bridge pada laga kedua.

Sementara bagi Real Madrid, pertemuan melawan PSG di Liga Champions  sudah dilakukan sebanyak enam kali. Real Madrid dan PSG sama-sama meraih dua kemenangan dan dua hasil imbang.

Seusai undian,  Pelatih PSG Unai Emery menyatakan sangat antusias menghadapi Real Madrid. Menurut dia, melawan Real Madrid disebutnya sebagai peluang mengalahkan tim-tim terbaik.

"Saya pikir itu merupakan hasil undian yang bagus. Saya percaya kami bisa bersaing dengan Real Madrid. Agar bisa membuat pencapaian bagus di Liga Champions, Anda harus mengalahkan tim-tim terbaik. Babak 16 Besar memberi kami peluang untuk melakukannya," kata Emery seperti dilaporkan UEFA.com.

Menurut dia, menghadapi sang juara bertahan, tim harus tampil dengan performa terbaiknya. Jika ingin lolos, PSG harus memperlihatkan karakter tim dan kemampuan taktik.

"Kami akan memperlihatkan karakter, kemampuan taktik, dan bakat kami. Talenta sangatlah penting," tuturnya.

Sementara itu, Direktur Hubungan Institusi Real Madrid Emilio Butragueno mengatakan, pertemuan melawan PSG bisa dikatakan sebagai big match yang terlalu dini. Seharusnya, Real Madrid malawan PSG terjadi di partai final Liga Champions.

"Pertemuan nanti bisa saja menjadi final karena kekuatan kedua tim. Jadi, ini adalah final yang terlalu dini," ujar Butragueno.

Akan tetapi, kata dia, Real Madrid tidak bisa menggugat hasil pengundian tersebut. Semua tim kuat bisa saling berhadapan mulai dari babak penyisihan grup hingga partai final. 

"Tapi begitulah hasil pengundian babak ini dan salah satu tim akan tersingkir. PSG semakin tangguh saja dari tahun ke tahun. Mereka melewati fase grup dengan luar biasa dan punya potensi besar," tuturnya.
PSG lolos ke babak 16 Besar dengan status juara grup dan Bayern Muenchen menjadi runner-up. PSG sempat melaju dengan memenangi lima laga awalnya, walaupun akhirnya ditundukkan Bayern Muenchen di matchday terakhir.

Sementara itu, Real Madrid harus rela lolos sebagai runner-up grup di bawah Tottenham Hotspur. Tottenham Hotspur harus menghadapi finalis Liga Champions dua kali dalam tiga musim terakhir,  Juventus.

Ini menjadi pertemuan pertama kedua tim sepanjang sejarah turnamen Eropa. Namun, Tottenham Hotspur sempat mengalahkan Juventus pada laga pramusim di Stadion Wembley, Agustus 2017 lalu, degan skor 2-0 berkat gol Harry Kane dan Christian Eriksen.

Beberapa duel lain yang akan mempertemukan dua tim untuk pertama kalinya di Eropa adalah FC Basel versus Manchester City dan Sevilla menantang Manchester United. 

Duel lain melengkapi babak 16 Besar adalah Shakhtar Donetsk melawan AS Roma dan Besiktas bertemu Bayern Muenchen.

Shakhtar Donetsk pernah mengalahkan AS Roma dua kali pada babak 16 Besar musim 2010-2011. Tim asal Ukraina itu menang 3-2 di Olimpico dan 3-0 saat bertindak sebagai tuan rumah.

Berikut ini hasil lengkap pengundian babak 16 Besar Liga Champions:

Basel (Swiss) vs Manchester  City (Inggris)
Bayern Meenchen (Jerman) vs Besiktas (Turki)
Chelsea (Inggris) vs Barcelona (Spanyol)
Juventus (Italia) vs Tottenham Hotspur (Inggris)
Sevilla (Spanyol) vs Manchester United (Inggris)
Shakhtar Donetsk (Ukraina) vs AS Roma (Italia)
Porto (Portugal) vs Liverpool (Inggris)
Real Madrid (Spanyol) vs Paris SG (Prancis)***

Baca Juga

Jamu Real Madrid di Copa del Rey, Ini Modal Leganes

LEG pertama perempatfinal Copa del Rey 2017-2018 menjadi partai yang berat bagi tim-tim besar penghuni 4 Besar klasemen sementara Liga Spanyol.  Valencia sebagai satu-satunya tim besar yang meraih kemenangan.