Menang Tipis, Manchester City Jauhi Manchester United dalam Perburuan Gelar Liga Inggris

Manchester United vs Manchester City/REUTERS
PEMAIN Manchester City David Silva mencetak gol ke gawang Manchester United dalam laga di Old Trafford, Manchester, Minggu 10 Desember 2017 malam WIB. Gol menit ke-43 itu menjadi yang pertama dalam pertandingan derby tersebut.*

MANCHESTER, (PR).- Manchester City mempermalukan Manchester United di hadapan pendukungnya sendiri di pekan ke-16 Liga Inggris musim ini. Dalam pertandingan Minggu 10 Desember 2017 malam di Stadion Old Trafford, The Citizens menang 2-1.

Berkat hasil tersebut, Manchester City kian tak terkejar dalam perlombaan merebut gelar juara Liga Inggris musim ini. Di puncak klasemen, mereka kokoh dengan koleksi 46 poin. Sementara Setan Merah ada di urutan kedua dengan 35 poin.

Meski bermain di rumah sendiri, Manchester United dipaksa lebih banyak bertahan. Tim tamu menggempur dari berbagai penjuru dan unggul penguasaan bola 75 persen berbanding 25 persen pada paruh pertama.

Manchester City unggul terlebih dahulu menit ke-43. Berawal dari sepak pojok, David Silva menyambut bola muntah di muka gawang Setan Merah dengan kaki kirinya. Bola yang mengarah ke pojok kanan bawah gawang tak mampu ditepis David De Gea.

Keunggulan itu tak bertahan lama. Pada menit kedua masa tambahan waktu paruh pertama, Manchester United menyamakan kedudukan melalui tendangan matang Marcus Rashford meneruskan umpan silang yang gagal diblok bek Manchester City.

Sepanjang babak pertama, Manchester United hanya melepaskan 2 tendangan ke arah gawang, satu di antaranya berujung gol. Sementara Manchester City melepaskan 4 tendangan tepat sasaran yang satu di antaranya menjadi gol serta 2 tembakan melenceng.

Pada paruh kedua, duel kian sengit. Terus menekan, tim asuhan Pep Guardiola akhirnya kembali unggul lewat kemelut yang sama dengan gol pertama mereka, gol kedua tercipta. Namun, kali ini aktor utamanya adalah Nicolas Otamendi. Sepakan terbangnya dari jarak sangat dekat ke arah tengah gawang mengejutkan David De Gea.

Jose Morinho yang berpikir keras di tepi lapangan memutuskan untuk tetap mengandalkan Romelu Lukaku dan Anthony Martial sebagai ujung tombak. Dia baru memasukkan Zlatan Ibrahimovic menggantikan Jesse Lingard menit ke-76. Juan Mata juga masuk menit ke-82 menggantikan Ander Hererra.

Sementara di belakang, gaya bertahan yang jadi ciri khasnya sukses mencegah Manchester City mencetak gol ketiga.***

Susunan pemain inti

Manchester United: David de Gea, A Young, M Rojo, Smalling, Valencia, Matic, Ander Herrera, Rashford, Lingard, Martial, Lukaku

Manchester City: Ederson Moraes, F Delph, Otamendi, Kompany, Walker, David Silva, Fernandinho, Kevin De Bruyne. Sane, Gabriel Jesus, Sterling***

Baca Juga

Cuma Bisa Imbang, Manchester United Kian Tertinggal

LONDON, (PR).- Manchester United hanya bisa menambah 1 poin usai imbang dengan Leicester City, Minggu, 24 Desember 2017 dini hari WIB. Pertandingan yang digelar di Stadion King Power tersebut berakhir dengan skor 2-2.