Liverpool Wajib Menang Atas Spartak Moscow Jika Ingin Bersua Lawan "Mudah" di 16 Besar Liga Champions

Jordan Henderson/REUTERS
PEMAIN Liverpool Jordan Henderson berlatih di pusat latihan Melwood, Liverpool jelang laga menjamu Spartak Moscow dalam lanjutan Liga Champions, 6 Desember 2017 dini hari WIB.*

LIVERPOOL, (PR).- Hasil imbang sudah cukup bagi Liverpool untuk lolos ke babak 16 Besar Liga Champions saat menjamu Spartak Moscow di Stadion Anfield, Kamis 7 Desember 2017 pukul 2.45 WIB. 

Akan tetapi, jika ingin tampil sebagai juara grup, Liverpool harus meraih kemenangan atas wakil Rusia tersebut.

Saat ini, Liverpool berada di puncak klasemen Grup E dengan 9 poin sedangkan Spartak Moscow berada di peringkat ketiga dengan 6 poin. 

Sementara Sevilla (yang mengoleksi 8 poin dan menempati peringkat kedua akan bertandang ke marksas juru kunci Maribor yang sudah dipastikan tersingkir.

Jika Spartak Moscow dan Sevilla meraih kemenangan, kedua tim tersebut akan lolos ke babak 16 Besar  Liga Champions. Sevilla sebagai juara grup, sementara Spartak Moscow sebagai runner-up grup.

Spartak Moscow dan Liverpool akan mengumpulkan poin yang sama, yakni 9 poin. Namun, Spartak Moscow unggul rekor pertemuan (head to head) atas The Reds. Pada laga di Otkrytiye Arena, Moskow, 27 September 2017, Spartak Moscow bermain imbang 1-1 melawan Liverpool. 

Bagi pasukan Juergen Klopp, strategi yang paling aman saat melawan Spartak Moscow bukan mencari hasil imbang tetapi harus meraih kemenangan. Terlebih, The Reds akan tampil di depan puluhan ribu pendukungnya.

Menghadapi laga vital melawan Spartak Moskow, pelatih asal Jerman tersebut diperkirakan akan menurunkan formasi menyerang yang jadi andalannya, yakni 4-3-3.

Selain itu, Juergen Klopp pun akan kekuatan terbaiknya, termasuk dua pemain Brasil, Roberto Firmino dan Philippe Coutinho yang mencetak gol saat The Reds menghancurkan Brighton 5-1 di Liga Inggris, akhir pekan lalu.

Kemenangan atas Brighton tersebut memperteguh penampilan Si Merah yang tidak terkalahkan dalam delapan pertandingan terakhir di Liga Inggris. Kini, Liverpool menempati peringkat keempat Liga Inggris, menggeser Arsenal yang dikalahkan Manchester United 1-3.

Sementara itu, Spartak Moscow tidak ada pilihan selain harus mengalahkan Liverpool untuk lolos ke babak 16 Besar  Liga Champions.

Penampilan pasukan Massimo Carrera sedang meningkat. Mereka tidak terkalahkan dalam 12 pertandingan Liga Rusia. Mereka hanya sekali kalah dalam 19 pertandingan di seluruh kompetisi, yakni 1-2 dari Sevilla di Liga Champions, bulan lalu.

Dua tim yang tidak terkalahkan di liga domestik itu masing-masing sedang berusaha meraih kemenangan untuk memperebutkan tiket ke babak 16 Besar Liga Champions.

Shakthar Donetsk vs Macnhester City

Sementara itu, Napoli sangat berharap banyak kepada Manchester City. The Partenopei akan lolos ke babak 16 Besar jika berhasil mengalahkan Feyenoord dan pada saat bersamaan The Citezens menundukkan Shakhtar Donetsk.

Akan tetapi, bagi pasukan Josep "Pep" Guardiola, laga melawan Shakthar Donetsk sudah tidak berpengaruh lagi. Apa pun hasilnya The Citizens tetap tampil sebagai juara Grup F.

Dengan begitu, pelatih asal Spanyol tersebut diperkirakan akan lebih fokus untuk menghadapi Manchester United pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu 10 Desember 2017 pukul 23.30 WIB. 

Di Grup H, laga Real Madrid versus Borussia Dortmund di Stadion Santiago Bernabeu hanya "formalitas" bagi Los Blancos. Apapun hasilnya, pasukan Zinedine Zidane tetap jadi runner-up. Namun bagi Borussia Dortmund, laga tersebut sangat penting untuk lolos ke babak 32 Besar Liga Eropa. Syaratnya Die Borussen harus mengalahkan Si Putih.***

Baca Juga

Manchester United vs Burnley, Menjaga Rekor 55 Tahun

MANCHESTER, (PR).- Setelah ditahan imbang Leicester City, 2-2, akhir pekan lalu, Manchester United berusaha bangkit saat menjamu Burnley pada Boxing Day di Stadion Old Trafford, Manchester, Selasa 26 Desember 2017 pukul 22.00 WIB.

Liverpool Ungguli Swansea City 5-0

LIVERPOOL meraih kemenangan 5-0 atas Swansea City yang dijamunya di Stadion Anfield, Rabu 27 Desember 2017 dini hari WIB.  Lima gol Liverpool dicetak oleh Philippe Coutinho (menit ke-6), Roberto Firmino (52' dan 66'), Trent Alexander-Arnol