Imam Nahrawi Perkenalkan Headis, Olah Raga Campuran Tenis Meja dan Sepak Bola

Headis/ISTIMEWA
MENTERI Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi menyundul bola pengembalian lawan saat menyontohkan cabang olahraga baru, headis kepada para wartawan di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa, 5 Desember 2017. Headis akan diperkenalkan Menpora pada pertandingan eksibisi 2nd Journalist Games 2017 pada 8-9 Desember mendatang.*

JAKARTA, (PR).- Cabang olah raga baru, headis akan diperkenalkan Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) kepada masyarakat pada saat kegiatan 2nd Journalist Games 2018, 8-9 Desember mendatang di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta. Headis merupakan gabungan olahraga tenis meja dan sepak bola karena cara bermainnya dengan menyundulkan bola. 

Pada kegiatan Journalist Games ini headis akan diperkenalkan sebagai olahraga eksibisi. Headis menurut Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Imam Nahrawi adalah olahraga yang sedang digandrungi oleh anak-anak muda jaman sekarang. Tapi sayangnya gaungnya belum terdengar. Padahal, menurut Imam, Indonesia merupakan salah satu produsen meja dan bola headis yang memiliki sertifikat standar internasional dari Federasi Tenis Meja Dunia (ITTF). 

"Momen ini (Journalist Games) mewakili keinginan saya untuk memperkenalkan lebih luas lagi kepada masyarakat karena saya pun menyukai olahraga ini. Nanti saya juga akan menantang para wartawan bertanding headis saat eksibisi," katanya. 

Cara bermain headis ini menurut Imam tidak sulit. Permainan ini bisa dilakukan satu lawan satu atau berpasangan. Dia pun kemarin di depan para wartawan di lingkungan Kemenpora mempraktekan cara bermainnya langsung, melawan Deputi III Bidang Pembudayaan Olahraga, Raden Isnanta. 

Cara bermain

Cara bermainnya mirip dengan tenis meja. Untuk servis pertama, pemain tinggal menyundulkan bola untuk dipantulkan ke area pertahanan lawan. Pemain diperbolehkan untuk menyentuh meja. Siapa yang berhasil melayangkan serangan tanpa bisa dikembalikan lawan atau bola keluar dari arena meja permainan maka dinyatakan memperoleh poin. 

Menurut Imam, orang yang bisa bermain sepak bola pasti akan cepat menyesuaikan diri dengan olahraga ini. Headis ini pun juga cepat membuat keringat keluar. 

"Bermain headis dalam lima menit sudah keringetan. Kalau bermain bulutangkis, main 10 menit baru keringetan. Saya harap sosialisasi di Journalist Games ini nanti bisa jadi cilak bakal untuk terbentuknya federasi headis, karena saya lihat di Indonesia belum ada federasinya. Saya ingin kita angkat bersama olahraga ini," tukas Imam. 

Olahraga ini sendiri diakui Imam baru dikenalnya setahun lalu saat mengunjungi pabrik meja dan bola headis di Sukoharjo, Jawa Tengah. Tapi di dunia, khususnya Eropa olahraga ini sudah terkenal sejak 2007 lalu. 

Sementara itu selain eksibisi headis, Journalist Games sendiri akan mempertandingkan tiga cabang olahraga yakni futsal, bulutangkis, dan tradisional games yang terdiri dari balap karung, lari kelereng, dan balap bakiak. Total ada sembilan forum wartawan di Jabodetabek yang akan ambil bagian dalam kegiatan tahunan ini, mulai dari tuan rumah forum wartawan Kemenpora, hingga forum wartawan KPK dan Pena Timur. Total kegiatan ini akan memperebutkan hadiah total lebih dari Rp 30 juta. 

Bukan hanya ingin memperkenalkan olahraga baru, Journalist Games 2017 ini juga dalam rangka sosialisasi dua event besar yang akan digelar pada tahun depan, yakni Asian Games di Jakarta-Palembang dan Asian Para Games di Jakarta. 

Dengan diikuti oleh berbagai forum wartawan yang meliput di lingkungan lembaga/kementrian lain diharapkan dua event besar tersebut dalam tersosialisasikan dengan baik. Mengingat Indonesia sebagai tuan rumah ingin menciptakan dua sukses, yakni prestasi dan penyelenggaraan.***

Baca Juga

Sarat Sejarah, Nama Istora Senayan Tak Boleh Hilang

JAKARTA, (PR).- Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) meminta agar tidak ada perubahan nama untuk nama Istana Olah Raga (Istora) Senayan yang sudah menjadi bangunan cagar budaya di Komplek Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

Beginilah Bentuk Obor Asian Games 2018

JAKARTA, (PR).- Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) meluncurkan secara resmi obor Asian Games, tepat pada H-100 pelaksanaan pesta olahraga terbesar benua Asia itu, Kamis 10 Mei 2018.

Tim Uber Indonesia Petik Kemenangan Pertama Grup D

BANGKOK, (PR).- Meskipun sempat tertinggal lebih dahulu, tim Piala Uber Indonesia akhirnya mampu memetik kemenangan perdana dalam babak kualifikasi Grup D Piala Uber 2018 di Impact Arena Bangkok, Thailand, Senin 21 Mei 2018. Greysia Polii