Timnas Pelajar U-15 Seleksi 70 Talenta Muda

Ilustrasi/REUTERS

BANDUNG, (PR),- Sebanyak 70 pelajar dari seluruh penjuru Indonesia mengikuti seleksi tim nasional (timnas) pelajar U-15 di stadion Siliwangi, Jalan Lombok, Kota Bandung, Jumat, 24 November 2017. Dari 70 pemain ini nantinya akan dijaring hingga menghasilkan 30 orang untuk mengikuti kejuaraan sepak bola pelajar Asia tahun 2018 mendatang.

"Yang mengikuti seleksi  kurang lebih ada 70 pemain, ini adalah tahap pertama dan akan berlanjut sampai dengan besok. Kita akan melakukan proses seleksi secara bertahap dan menghasilkan 30 pemain," kata Penanggung Jawab sekaligus Penasehat Teknis Badan Liga Sepak Bola Pelajar Indonesia (BLiSPI), Rully Nere seusai memantau seleksi.

Dia menambahkan, selama seleksi para pelajar sangat antusias untuk bisa membela Indonesia di ajang internasional. Untuk itu dia menilai bahwa para peserta memiliki prospek yang baik untuk menghadapi kejuaraan pelajar tingkat Asia. 

"Anak-anak bagus, mereka punya skill yang baik tinggal kita latih skills mereka karena mereka punya prospek kedepan. Kami berharap bisa mempersembahkan yang terbaik untuk Indonesia,"katanya.

Rully mengatakan pada kejuaraan sepak bola pelajar Asia tahun 2018 Indonesia akan menjadi tuan rumah. Maka ia berharap timnas pelajar terpilih dapat mempersembahkan gelar juara.

"Kita harus menjadi juara karena timnas pelajar selama belum pertbah menjuarai dan hanya sampai final kalau tidak salah. Mudah-mudahan kita akan persembahkan hadiah untuk kemenpora," katanya.

Mencari talenta muda

Hal senada dikatakan pelatih timnas pelajar U-15, Firman Utina. Mantan pemain Persib Bandung ini berharap para peserta terpilih dapat memberikan yang terbaik bagi Indonesia di ajang kejuaraan sepak bola pelajar tingkat Asia tahun 2018 mendang.

Dari hasil pemantauan sementara, Firman mengaku sudah memiliki gambaran siapa saja yang akan mengisi skuatnya kelak. Namun ia mengaku masih harus meninjau mengingat peserta seleksi merupakan pemain muda.

"Sudah ada gambaran, garis besarnya sudah ada. Mudah-mudahan seleksi ini bisa memberikan yang terbaik untuk memperbaiki pencapaian tahun kemarin. Mereka merupakan pemain dengan usia yang labil sehingga tinggal dilihat passion dan prakteknya nanti," kata Firman.

Dengan banyaknya pesepak bola muda yang muncul di ajang seleksi ini. ia berharap, pihaknya dapat membantu PSSI dalam mencari talenta muda berbakat untuk timnas U-16 hingga U-19.

"Mudah-mudahan ini bisa mengurangi beban PSSI dalam mencari pemain berbakat. Dengan begitu, ini bisa berjalan beriringan untuk menemukan skema di U-16 nantinya," tuturnya.

Menurug dia, saat ini proses pembinaan untuk sepak bola sudah didorong melalui Indonesia Way yang dikomandoi Danurwindo. Dengan begitu, Firman pastikan semuanya sudah dalam jalur yang benar.

"ini sudah satu frame denganPSSI sebetulnya dalam hal pencarian pemain berbakat juga pembinaan. Sekarang ini kan ada Indonesia Way! Yang di pimpin om Danurwindo sebagai mentor," tuturnya.

Akan menghadapi berbagai negara pada ajang kejuaraan sepakol bola pelajar tingkat Asia. Menurut dia, waktu yang diberikan kurang ideal untuk menargetkan juara. Namun ia berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia.

"Untuk target, kita persiapan hanya lima bulan kalau mau mengembangkan sebuah peotensi sebetulnya tidak cukup dan mereka yang terpilih dari tiap daerah baru berkumpul sekarang artinya membutuhkam waktu yang cukup panjang tetapi usia ini dibentuk untuk kedepan juga," tuturnya.***

Baca Juga