Liga Desa Nusantara U-20 Resmi Digelar Hari Ini

Liga Desa Nusantara/DOK KEMEN DESA
STAF Khusus Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Syaiful Huda, membuka turnamen sepak bola Liga Desa Nusantara U-20 di lapangan Gas Bama, Desa Kelari, Kecamatan Kelari, Kabupaten Karawang, Rabu 22 Nopember 2017.*

KARAWANG, (PR).- Turnamen sepak bola Liga Desa Nusantara U-20 resmi dibuka di lapangan Gas Bama, Desa Kelari, Kecamatan Kelari, Kabupaten Karawang, Rabu 22 Nopember 2017. Liga itu diikuti 16 kabupaten se-Jabar dan Banten bertajuk "Kejuaraan Piala Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi".

Turut hadir dalam pembukaan itu Staf Khusus Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi, Syaiful Huda; Sesdirjen PPMD Kementerian Desa, Muhklis; Asisten Deputi Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan  Kepramukaan, Sanusi; dan Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamkasyari. Hadir pula Muspida Kabupaten Karawang.

Dalam sambutanya, Staf Khusus Menteri Desa, PDT, dan Transmigrasi Syaiful Huda, mengatakan bahwa Liga Desa Nusantara 2017 adalah ajang pencarian bibit dan penguatan olah raga di desa. Selain itu, juga sebagai bagian dari 4 program unggulan Kementerian Desa.

"Diharapkan, Liga Desa dapat mendukung salah satu program Kementerian Desa yang dikerjasamakan dengan Kementerian olah raga, dalam melahirkan atlet-atlet unggulan tingkat nasional bahkan dunia. Saya optimistis, di desa banyak potensi atlet yang belum tergali dan ini momentumnya," kata dia.

Huda menuturkan, Liga Desa Nusantara 2017 juga merupakan media sportivitas dan semangat bagi desa membangun Indonesia dengan mengoptimalkan dana desa untuk kesuksesan program prioritas kementerian. 

Seperti diketahui, program itu salah satunya Produk Unggulan Kawasan Desa (Prukades) untuk memperkuat ketahanan kemandirian desa, Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) untuk wadah dan kelembagaan penguatan ekonomi desa, dan Embung. "Inti dari olah raga itu sportivitas. Dengan adanya Liga Desa ini, harus memicu sportivitas desa dalam mewujudkan desa membangun Indonesia," katanya.

Jadi motivator

Wakil Bupati Karawang, Ahmad Zamkasyari, mengaku bangga Karawang dapat menjadi tuan rumah pembukan Liga Desa Nusantara dan Gala Desa.

"Keseriusan kita untuk memajukan olah raga allhamdulilah lebih termotivasi dengan dijadikannya kabupaten kami sebagai tuan rumah," paparnya.

Perlu diketahui, kata Ahmad Zamkasyari, dari 1.586 perusahan yang ada di Karawang baru hanya 21 perusahan yang peduli terhadap dunia olah raga. Dengan adanya kegiatan ini, dia berharap, kepedulian terhadap olah raga di Karawang bisa lebih baik lagi.

"Liga desa ini adalah program yang luar biasa. Ini bentuk kepedulian negara terhadap desa yang sangat tinggi," katanya.

Ketua panitia Liga Desa Nusantara, Heri, menambahkan acara ini adalah kerja sama antara Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi bersama Kemenpora yang diselegarakan serempak di 16 kabupaten se-Jabar dan Banten. 

"Tahun ini, Liga Desa Nusantara ini baru dilakukan di 16 kabupaten se-Jabar dan banten. Kick off hari ini di gelar serentak di setiap kabupaten," paparnya.

Turnamen sepak bola ini, tutur Heri, diikuti olah kelompok usia 20 tahun yang pesertanya harus berdomisili dari desa yang akan bertanding. Sistem pertandinganya adalah sistem gugur dan pertandingan ini merpebutkan Piala Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi.***

Baca Juga

ISSI Dapat Dukungan Dana Segar untuk Pelatnas Asian Games

JAKARTA, (PR).- Menghadapi Asian Games 2018, PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) mendapatkan dukungan dana segar dari produsen sepeda gunung, Pasific Bike khusus untuk pengelolaan Pelatnas disiplin cabor MTB (sepeda gunung) nomor cross