Mengejutkan, Andalan Indonesia Langsung Tersingkir

Praveen Jordan dan Debby Susanto/DOK PBSI

HONG KONG, (PR).- Andalan Indonesia di ganda campuran, Praveen Jordan/Debby Susanto harus angkat koper lebih awal setelah tersingkir di babak pertama Hong Kong Open Super Series 2017. Mereka kandas di tangan non unggulan, asal Jerman Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich straight game 15-21, 19-21 dalam waktu yang cukup singkat, kurang dari 30 menit pada pertandingan yang berlangsung di Hong Kong Coliseum, Selasa, 21 November 2017.

Hasil ini cukup mengejutkan, mengingat secara peringkat kedua ganda terpaut cukup jauh. Praveen/Debby menempati empat dunia, sedangkan Lamsfuss/Herttrich di 25 dunia. Secara rekor pertemuan pun sejauh ini dari dua laga, Praveen/Debby belum pernah terkalahkan.

Performa Praveen/Debby dalam beberapa turnamen belakang memang mengalami penurunan. Penampilan Praveen yang menjadi sorotan. Padahal setelah mundurnya sang juara bertahan, Tontowi Ahmad/Liliyana di kejuaraan ini Praveen/Debby sebagai unggulan kedua pun menjadi andalan. Mengingat tahun lalu mereka bisa meraih posisi sebagai runner-up.

"Harusnya ini saatnya ganda campuran bertumpu pada Praveen/Debby dan pemain muda lainnya. Bukan lagi dengan Tontowi/Liliyana. Tapi performa pemain muda lainnya ini belum cukup mumpuni hingga kami di tahun ini terpaksa harus merombak, seperti Hafiz/Gloria. Harapannya, dengan dipersiapkannya di akhir tahun ini, tahun depan prestasi mereka akan lebih baik," ujar Asisten Pelatih Ganda Campuran yang mendampingi, Vita Marissa sesuai rilis PBSI.

Dengan tumbangnya Praveen/Debby, maka tumpuan Indonesia di sektor ini benar-benar dari para ganda mudanya. Dimana dua ganda Merah Putih, Alfian Eko Prasetya/Melati Daeva Oktavianti dan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja sukses melaju ke babak utama. Mereka lolos dari babak kualifikasi setelah mengalahkan lawan-lawannya.

Alfian/Melati naik setelah mengalahkan pasangan Thailand, Tinn Isriyanet/Pacharapun  Chochuwong di final kualifikasi dengan skor akhir  21-23, 21-17, 21-19. Sedangkan Hafiz/Gloria menundukkan pasangan tuan rumah, Li Kuen Hon/Leung Sze Lok straight game 21-10, 21-12.

Di babak utama, Alfian/Melati sebagai qualifier 2 akan menantang pasangan Taiwan, Lu Ching Yao/Chiang Kai Hsin. Bila maju ke babak kedua, mereka akan ditunggu pasangan Singapura Hee Yong Kai Terry/Tan Wei Han yang di babak pertama sukses menundukkan unggulan enam, asal Tiongkok, Li Kai/Tan Jinhua 21-17, 21-13. 

Sementara Hafiz/Gloria sebagai qualifier 4 akan bertemu  pasangan Thailand, Nipitphon Phuangphuapet/Jongkolphan Kititharakul. Jika mereka mampu melewati babak pertama, maka halangan berat dari ganda unggulan akan langsung menghadang. Dimana mereka akan bertemu dengan unggulan kelima, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.***

Baca Juga

Kevin/Marcus Berpeluang Rebut Gelar Keenam Tahun Ini

HONG KONG, (PR).- Pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon berpeluang untuk kembali mempertahankan gelar juaranya di ajang Hong Kong Open Super Series.

Empat Ganda Putra Tembus Babak Kedua

HONG KONG, (PR).- Empat ganda putra Indonesia tembus babak kedua Hong Kong Open Super Series 2017. Meski baru di awal turnamen, namun keempat pasangan tersebut harus berjuang keras terlebih dahulu sebelum akhirnya memastikan lolos.