19 November Akan Jadi Hari Bersepeda Nasional

Ilustrasi/REUTERS

JAKARTA, (PR).- Pemerintah lewat Kemenpora mencanangkan Hari Bersepeda Nasional pada 19 November mendatang. Rencananya, untuk bisa mewujudkan hal tersebut, Kemenpora akan memfasilitasi hampir 90-an penggiat, pecinta, komunitas sepeda dari kabupaten/kota seluruh Indonesia pada 19 November mendatang di Sragen, Jawa Tengah.

Inisiatif lahirnya Hari Bersepeda Nasional ini sendiri karena semakin berkembangnya olahraga gowes ini di daerah-daerah. Hal itu diungkapkan oleh Deputi III Kemenpora Bid. Pemberdayaan Olahraga Raden Isnanta dalam jumpa pers di Kemenpora, Jakarta, Jumat, 17 November 2017.

"Kami telah banyak mendengar dan mencatat berbagai keinginan dan aspirasi masyarakat sepeda yang menginginkan adanya Hari Bersepeda Nasional. Impian masyarakat adalah memiliki payung hukum berupa Keputusan Presiden (Keppres). Rencana itu akan dimulai dengan mencanangkan Hari Bersepeda Nasional di Sragen, 19 November mendatang," katanya. 

Payung hukum yang dimaksud, ditambahkan Tim Yuridis Kemenpora Slamet Rianto adalah guna memfasilitasi para pesepeda, pejalan kaki, dan penyandang cacat dalam melakukan aktivitasnya di jalan. Perlunya payung hukum tersebut, adalah untuk menjamin kepastian hukum dan melindungi para pesepeda.

"Jadi payung hukum ini lebih spesifik lagu untuk memfasilitasi para pengguna sepeda. Ini terkait ada dasarnya yakni selain  UU SKN/2005 juga ada UU Angkutan Jalan No.22/2009 dan PP No. 79/2011," ucapnya. 

Menurut dia, pihak Kemenpora telah menyiapkan draf Keputusan Presiden tentang Hari Bersepeda Nasional yang diawali proses pembahasan, pengkajian baik aspek yuridis, sosiologis maupun aspek-aspek lainnya, serta penelaahan oleh para pakar, utusan komunitas dan dari kementerian/lembaga terkait. Diharapkan dengan adanya payung hukum tersebut bisa memiliki nilai manfaat yang besar untuk pembangunan olahraga khususnya dan pembangunan nasional secara umumnya.

Animo  masyarakat yang cukup besar dalam bersepeda, menurut Isnanta, kembali terlihat sejak dijalankannya program unggulan Kemenpora yaitu Gowes Pesona Nusantara mulai 13 Mei 2017 lalu yang secara serempak dilakukan pada titik-titik terluar NKRI. Pelaksanaan di Sragen nanti menjadi salah satu rangkaiannya.***

Baca Juga

ISSI Dapat Dukungan Dana Segar untuk Pelatnas Asian Games

JAKARTA, (PR).- Menghadapi Asian Games 2018, PB Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) mendapatkan dukungan dana segar dari produsen sepeda gunung, Pasific Bike khusus untuk pengelolaan Pelatnas disiplin cabor MTB (sepeda gunung) nomor cross

Test Event Sepak Bola Asian Games 2018 Diikuti 8 Negara

JAKARTA, (PR).- Test event Asian Games 2018 cabang sepak bola akhirnya diputuskan hanya akan mengundang tujuh negara peserta. Jumlah undangan berkurang dari rencana awal sesuai usulan pemerintah, mengingat keterbatasan anggaran.

Dua Kandidat Memperebutkan Posisi Ketua Umum Pelti

JAKARTA, (PR).- Dua kandidat akhirnya dinyatakan lolos dalam tahap verifikasi akhir bakal calon Ketua Umum PP Pelti (Pengurus Pusat Persatuan Tenis Lapangan Indonesia) 2018-2022.