Jawa Barat Punya Tiga Wakil di Liga 3

Liga 3/HUMAS PSSI

JAKARTA, (PR).- Tiga klub akan jadi wakil Jawa Barat dalam kompetisi amatir Liga 3 yang akan mulai bergulir pada akhir November hingga pertengahan Desember ini. Tim Patriot Chandrabaga akan tampil melewati babak playoff. Sementara dua klub lainnya, PSKC Cimahi dan Maung Anom akan tampil langsung di putaran final.

Penentuan kuota klub per asosiasi provinsi ditentukan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh PSSI. Penilaian tersebut merupakan suatu inovasi. Hal itu diungkapkan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria usai pengundian Liga 3 dan Piala Pertiwi di Kantor PSSI, Gran Rubina, Kuningan, Jakarta, Selasa 14 November 2017. 

"Liga 3 ini merupakan grassroot sepak bola yang sebenarnya. Untuk penentukan kuota, kami tidak hanya memperhatikan jumlah peserta di tiap-tiap provinsi, tapi untuk bisa mewakili juga butuh kualitas penyelenggaraan, yakni dalam penyelenggaraan football development. Artinya, siapa saja asosiasi provinsi yang memiliki durasi kompetisi yang cukup untuk klub-klub itu berlatih dan bermain. Untuk tahun ini, predikat football development terbaik dipegang oleh Jawa Timur, hingga mereka bisa mendapatkan tiket langsung ke putaran final sebanyak empat tim," tuturnya. 

Asprov yang mendapatkan jatah langsung ke putaran final adalah mereka yang bisa menggelar pertandingan dengan standar minimal 14 kali pertandingan dalam kompetisi Liga 3 daerahnya. Sementara bagi Asprov yang menggelar pertandingan di bawah 14 kali di daerahnya, mendapatkan jatah playoff.

Karena ini menjadi jenjang menuju kompetisi profesional yakni Liga 2, maka Liga 3 ini dinilai menjadi suatu debut yang tensinya akan memanas juga. Dari hasil undian, ada beberapa grup yang dia lihat akan berlangsung seri. Seperti di Grup E putaran nasional/final. 

Untuk putaran playoff, kompetisi akan berlangsung pada 28-30 November mendatang. Sedangkan putaran final mulai 3 Desember hingga final pada 17 Desember di empat kota di Jawa Tengah yakni Semarang, Kendal, Kudus, dan Jepara. 

Undian kemarin dibagi menjadi dua kategori, yakni playoff dan putaran final. Di playoff, ada 24 klub yang akan bersaing. Mereka terbagi dalam 8 grup yang masing-masing grup terdiri dari tiga tim. Wakil Jabar di babak playoff, Patriot Chandrabaga berada di Grup 3 bersama Pespessel Sumatera Barat, dan Gajah Mada FC Yogyakarta. 

Sedangkan di putaran final/nasional ada 32 klub yang akan memperebutkan tiga tiket menuju Liga 2. Ke-32 klun tersebut terdiri dari 24 klub yang lolos otomatis, ditambah 8 tim yang lolos playoff. Sama dengan babak playoff, tim yang maju ke putaran final ini akan dibagi menjadi 8 grup yang masing-masing akan dihuni oleh empat tim. 

"Ke-24 tim yang lolos otomatis menjalani undian. Sementara 8 tim yang berasal dari playoff akan menempati posisi drawing yang keempat, mulai dari A4-H4 ditiap-tiap grup," tukas Head of Member PSSI, Dessy Arfianto yang memimpin undian tersebut. 

Dalam drawing putaran final, dua tim Jabar berada di grup yang berbeda. PSKC Cimahi menempati Grup B bersama Peseban Banjarmarin, dan Persibo Bojonegoro. Sementara Maung Anom Bandung di Grup C bersama Persik Kendal Jawa Tengah dan Villa 2000 B Jakarta.

Sejak awal, setiap Asprov mendapatkan subsidi untuk menggelar kompetisi Liga 3 di daerahnya sebesar Rp 200 juta. Subsidi ini diberikan PSSI dalam tiga tahap, yakni masing-masing Rp 50 juta untuk tahap pertama dan kedua, serta Rp 100 juta untuk tahap ketiga.

"Jadi siapapun Asprov yang menempatkan timnya di Liga 3 baik playoff maupun putaran final akan mendapatkan subsidi dari bantuan PSSI tersebut. Jadi tidak ada subsidi tambahan lagi," imbuhnya. 

Piala Pertiwi

Sementara itu, Piala Pertiwi yang mempertandingkan sepak bola wanita akan menjadi ajang test event Asian Games 2018. Turnamen ini akan berlangsung mulai 3 Desember paralel dengan Liga 3. Turnamen ini akan berakhir pada 14 Desember. 

Ada 13 tim yang akan bersaing di Palembang. Mereka yakni Kalimantan Barat, Jambi, Papua Barat, Jabar, tuan rumah Sumsel, Sulawesi Selatan, DI Yogyakarta, Bengkulu, Papua, Bali, Banten, Bangka Belitung, dan Jawa Tengah. 

Jabar sendiri akan mendapatkan tantangan di Grup A dengan jumlah peserta lebih banyak dibandingkan tim lainnya yang hanya berisikan tiga tim. Selain Jabar, di Grup A juga ada Kalimantan Barat, Jambi, dan Papua Barat. 

"Untuk Pertiwi Cup, karena sebagai test event, maka sasaran yang ingin dicapai adalah persiapan Panpel yang berkoordinasi dengan Asprov Sumsel, persiapan venue (stadion), serta  persiapan untuk mencari Timnas wanita Asian Games 2018," ucapnya. 

Hasil undian playoff Liga 3 (28-30 November 2017)

Grup 1. Stadion Citarum Semarang
A.Persibeng bengkayang Kalbar
B. Matra mamuju sultra
C. Belitung Timur babel

Grup 2. Stadion Citarum Semarang
A. PS Benteng Bengkulu
B. Aceh United 
C. Plauw Putera Maluku

Grup 3. Stadion Kebon Dalem Kendal
A. patriot Chandrabaga Jabar
B. Perpesel Sumbar
C. Gajah Mada FC DIY

Grup 4. Stadion Kebon Dalem Kendal
A. Persidago Gorontalo
B. Persitangsel
C. Persegumas 

Grup 5. Stadion Wergo Wetan Kudus
A. Persipal Palu
B. Persiter Ternate Maluku Utara
C. Balangan Kalsel

Grup 6. Stadion Wergo Wetan Kudus
A. Persintan Intan Jaya Papua
B. PS Bintan Kepulauan Riau
C. PSKT Sumbawa Barat

Grup 7. Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara
A. Persekaba Bali
B. Sakai Sambayan FC Lampung
C. Persijam Jambi

Grup 8. Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara
A. PS Bintang krangkan Jakarta
B. Persimura Sumsel
C. PS keluarga USU medan

Hasil undian putaran final Liga 3 (3 - 17 Desember 2017):

A. Stadion Citarum Semarang
1. PSDS Deli Serdang
2. Kuala Nanggroe Aceh
3. Persewar Waroben
4. Tim playoff

B. Stadion Citarum Semarang
1. PSKC Cimahi jabar
2. Perseban Banjarmasin
3. Persibo Bojonegoro
4. Tim playoff

C. Stadion Kebon Dalem Kendal
1. Maung Anom Bandung
2. Persik Kendal Jateng
3. Villa 2000 B Jakarta
4. Tim playoff

D. Stadion Kebon Dalem Kendal
1. Deltras Sidoardjo
2. Batang Anai Sumbar 
3. Persebit Bitung 
4. Tim playoff  

E. Stadion Wergo Wetan Kudus
1. Bank Sulut
2. PSAD Balipapan
3. Perse Ende 
4. Tim playoff

F. Stadion Wergo Wetan Kudus
1. Nabil FC Riau
2. Persilat Lampung
3. Satria Adikarta DIY 
4. Tim olayoff

G. Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara
1. Persidrap sulsel
2. Pelangi Intimu Kaltra
3. Sekapas Pasuruan
4. Tim playoff

H. Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara
1. Persis Gotong Royong Solo
2. Bangka Selection Babel
3. Blitar united 
4. Tim playoff

Hasil undian Piala Pertiwi (3 -14 Desember 2017), di Stadion Gelora Siliwangi dan Stadion Atletik Jakabaring

A.
1. Kalimantan barat
2. Jambi
3. papua barat
4. Jawa Barat

B.
1. Sumsel
2. Sulsel
3. DIY

C.
1. Bengkulu
2. Papua
3. Bali

D.
1. Banten
2. Bangka Belitung
3. Jateng

Baca Juga

Garuda Petik Kemenangan, Siliwangi Malah Telan Kekalahan

JAKARTA, (PR).- Setelah kalah di laga perdananya, Selasa, 7 November 2017 di lanjutan babak Grup A Turnamen Bola Basket Nasional Perbasi Cup 2017, Bank BJB Garuda Bandung akhirnya memetik kemenangan pertamanya.

Manajemen Madura United Akhirnya Minta Maaf

JAKARTA, (PR).- Manajer Madura United, Haruna Soemitro akhirnya menyampaikan permintaan maaf secara terbuka. Hal ini terkait ia sempat memberikan pernyataan kontroversial bahwa laga Madura United (MU) vs Bhayangkara FC terkotor di Liga 1.