Duka Italia dan Tangis Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon/REUTERS
KIPER Italia Gianluigi Buffon menangis usai dipastikan tak berpartisipasi dalam Piala Dunia 2018. Italia ditahan imbang Swedia, 0-0 dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018 di San Siro, Milan, Selasa 14 November 2017.*

PARA pemain dan rakyat Italia menangis saat menyaksikan Gli Azzurri gagal lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia.

Bagi juara dunia empat kali tersebut, inilah untuk pertama kalinya dalam 60 tahun terakhir atau sejak 1958, mereka tidak tampil di pesta sepak bola terbesar sejagat.

Prestasi menyedihkan itu setelah skuad Giampiero Ventura tidak mampu mengejar defisit satu gol. Italia hanya bermain imbang 0-0 melawan Swedia pada laga kedua play-off di Stadion San Siro, Milan, Selasa 14 November 2017 dini hari WIB.

Dengan hasil tersebut, Swedia lolos ke Rusia secara agregat, 1-0. Kemenangan Swedia diraih pada laga pertama play-off di Friends Arena, Stockholm, tiga hari lalu. Ketika itu, Jakob Johansson mencetak gol kemenangan Swedia pada menit ke-61.

"Ini mengecewakan. Bukan untuk saya tapi perkembangan sepak bola Italia karena kami gagal lolos ke Piala Dunia 2018," kata Kapten Italia Gianluigi Buffon sambil menangis seperti dilaporkan Football Italia.

"Sungguh menyedihkan. Pertandingan resmi terakhir saya (bersama Timnas Italia) bertepatan dengan kegagalan lolos ke Piala Dunia," ucap kiper berumur 39 tahun tersebut yang sedang berusaha menorehkan rekor jadi pemain pertama yang tampil sebanyak enam kali di Piala Dunia.

Menyinggung penyebab kegagalan Italia lolos ke Rusia, menurut dia, hal itu terjadi bukan karena timnya meremehkan Swedia.

"Para pemain Italia menyadari siapa yang akan dihadapi dan bagaimana beratnya mengejar defisit satu gol, terutama secara psikologis," katanya.

"Kami kurang energi dan kurang tajam dalam mencetak gol. Namun, Swedia juga tampil luar biasa seperti pada leg pertama," ujar kiper Juventus tersebut.

Ketika ditanya soal masa depan sepak bola Italia setelah Gli Azzurri gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 60 tahun, menurut dia, Italia akan menemukan jalan untuk bangkit kembali.

"Italia memiliki banyak pemain berbakat seperti Gigio Donnarumma dan Mattia Perin," tutur Gianluigi Buffon.

Mundur?

Sementara itu, Pelatih Italia Giampiero Ventura menolak untuk mengundurkan diri setelah gagal membawa Azzurri lolos ke Rusia. Ia mengaku masih terikat kontrak hingga Juni 2020.

"Saya tidak akan mengundurkan diri karena saya belum berbicara dengan Presiden (Federasi Sepak Bola Italia)," kata pelatih berumur 69 tahun tersebut.

Pelatih Swedia Jan Andersson senang bisa membawa The Blue-Yellow lolos untuk pertama kalinya ke Piala Dunia sejak 2006 di Jerman.

"Kami tidak memiliki senjata yang tersisa. Kami hanya duduk di sana dan berharap kami dapat bertahan. Kami tidak dapat melakukan cara lain, kemampuan mereka sangat bagus," kata Andersson.

Dominan tetapi seolah tanpa nyawa

Tampil di depan 80.000 penonton yang memenuhi Stadion San Siro, Italia memulai pertandingan dengan bagus. Laga baru berjalan delapan menit, Marco Parolo dilanggar Ludwig Augsustinsson di kotak terlarang.

Akan tetapi, wasit asal Spanyol, Antonio "Lahoz" Mateu menyatakan bukan penalti dan pertandingan terus dilanjutkan (play on).

Bek Italia Giorgio Chiellini sempat berselisih paham dengan keputusan wasit tersebut tetapi bek berumur 33 tahun tersebut malah diganjar kartu kuning.

Tidak lama kemudian, giliran para pemain Swedia yang meminta penalti setelah bola mengenai pergelangan tangan Matteo Darmian. Tapi, wasit menyatakan play on.

Pada menit ke-16, tuan rumah mendapat peluang emas melalui tendangan Ciro Immobile dari sudut sempit tapi masih menyamping.

Pada menit ke-19, Jakob Johansson mengalami cedera lutut kiri sehingga harus mendapat perawatan medis. Ia kemudian digantikan Gustav Svensson.

Pada menit ke-28, giliran Antonio Candreva yang mengancam gawang Swedia setelah mendapat umpan dari Immobile. Tapi, tendangan Candreva melambung di atas mistar gawang.

Semenit kemudian, Emil Forsberg melancarkan protes kepada wasit setelah tendangannya mengenai lengan Andrea Barzagli di kotak terlarang. Namun, wasit malah memberi kartu kuning kepada Forsberg.

Menit ke-40, Immobile tinggal berhadapan dengan kiper Swedia Robin Olsen. Immobile berhasil memasukkan bola di antara dua kaki Olsen. Tapi, bola berhasil dihalau Andreas Granqvist sebelum melewati garis gawang.

Selama babak pertama, tuan rumah mengusai 74 persen permainan dengan melepaskan sebelas tendangan ke arah gawang. Tapi, tidak ada satu pun gol.

Memasuki babak kedua, Italia terus meningkatkan serangannya. Pada menit ke-54, Alessandro Florenzi nyaris mencetak gol melalui tendangan akrobatik dengan menyambar umpan silang Matteo Darmian. Namun, bicycle kick Florenzi melayang beberapa senti di atas mistar gawang Swedia.

Menit ke-63, Pelatih Italia Giampiero Ventura melakukan dua pergantian pemain sekaligus, yakni memasukkan Stephan El Shaarawy dan Andrea Belotti, menggantikan Matteo Darmian dan Manolo Gabbiadini.

Akan tetapi, pergantian tersebut belum membuahkan hasil. Imbasnya, pada menit ke-76, Ventura memasukkan Federico Bernardeschi menggantikan Antonio Candreva.

Kendati mendominasi permainan sebanyak 74 persen tapi tuan rumah gagal mencetak gol ke gawang Swedia hingga wasit membunyikan peluit panjang.

Para pemain Italia langsung roboh di lapangan ketika peluit panjang berbunyi. Bahkan, sejumlah pemain veteran seperti Giogio Chiellini tidak dapat menyembunyikan kekecewaannya. Dukungan para penonton segera berubah menjadi cemoohan yang membahana di seantero stadion.***

Baca Juga

Kalah dari Swedia, Langkah Italia Kian Berat

TIM nasional Italia harus mengingat kembali trauma gagal lolos ke Piala dunia 1958. Ingatan buruk itu menyusul kekalahan 1-0 atas Swedia pada babak play off Piala Dunia 2018 di Soalna, Swedia Jumat, 10 November 2017.

Dua penalti Antarkan Australia ke Piala Dunia 2018

SYDNEY, (PR).- Dua kali penalti dan satu gol bunuh diri jadi kunci kemenangan Australia 3-1 (0-0) atas Honduras pada laga kedua play-off interkontinental di Stadium Australia, Sydney, Rabu, 15 November 2017 malam WIB.