Persib U-19 Tundukkan Barito Putera 2-0

Selebrasi Gol/ARMIN ABDUL JABBAR/PR
Beckham Putra (kanan) dan pemain Persib U-19 lainnya saat bertanding di Stadion Siliwangi, Kota Bandung, belum lama ini.*

BANDUNG, (PR).- Persib U-19 kembali perkasa dengan menundukan Barito Putera U-19 2-0 dalam lanjutan Babak 8 Besar Liga 1 U-19 di Stadion Gelora Arcamanik, Minggu, 22 Oktober 2017 malam. Dengan hasil itu, Persib hanya butuh hasil seri di laga terakhir kontra Persipura untuk memastikan diri lolos ke semifinal.

Kemenangan atas Perseru Serui U-19 di laga perdana rupanya membuat motivasi anak asuh Budiman terlecut. Mereka langsung mendominasi permainan sejak menit awal.

Menyambut umpan tendangan bebas dari Tri Wahyudi, Beckham Putra langsung membuka peluang emas lewat sundulannya menit ke-5. Sayang bola masih melambung tipis di atas mistar gawang Barito Putera yang dijaga oleh Januarius Toa Meka.

Selang tujuh menit, Beckham kembali mengancam gawang Barito Putera lewat tendangan bebas sekitar tiga meter di luar kotak penalti. Namun lagi-lagi bola masih melebar beberapa sentimeter di kiri gawang Januarius.

Persib baru memecah kebuntuan pada menit ke-39 ketika Beckham dengan cerdik melihat posisi Tri Wahyudi di area pertahanan Barito Putera. Ia pun langsung mengirim umpang lambung dari tengah lapangan ke kotak penalti.

Dengan ketenangan, Tri menyambut umpan tersebut dan mencoba mengecoh bek Barito Putera. Setelah tendangannya sempat diblok, Tri mengeksekusi bola pantulan dengan sundulan yang bersarang di pojok kiri bawah gawang Januarius, skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Persib semakin trengginas dan tak memberi kesempatan pada Barito untuk mengembangkan permainan. Sayang sejumlah peluang terbuang begitu saja akibat penyelesaian akhir yang masih kurang sempurna.

Meskipun demikian, Persib kembali membuka peluang lewat kemelut di kotak penalti Barito Putera menit ke-78. Beckham kembali menunjukan kecerdikannya dengan menyodorkan bola ke Ilham Qolba yang berdiri bebas.

Hanya butuh satu sentuhan bagi Ilham sebelum melepaskan tendangan tak begitu keras namun terarah dan tak bisa dihalau Januarius. Keunggulan 2-0 bertahan hingga peluit akhir.

Tetap lolos

Seusai laga, pelatih Persib U-19 Budiman mengaku bersyukur atas kemenangan kedua itu. Namun ia masih merasa belum aman jika tak bisa setidaknya menahan imbang Persipura di laga terakhir.

Sebagai bahan evaluasi, Budiman menegaskan, masalah mental masih harus dibenahi dari anak asuhnya. "Saya melihat anak-anak masih grogi dan kurang percaya diri," ujarnya.

Sementara itu Asisten Pelatih Barito Putera Andri Ramawi Putera tetap mensyukuri hasil tersebut. "Selamat kepada Persib. Kami kecewa dengan hasil ini, tetapi ini sudah sesuai dengan target," katanya.

Andri tak menampik jika target timnya sejak awal hanya sampai babak 8 besar. Namun ia tetap akan mendorong anak asuhnya untuk bertarung mati-matian di laga terakhir kontra Perseru demi harga diri tim.

Bagi persib, kemenangan kedua membuat mereka semakin kokoh di puncak klasemen Grup B dengan 6 poin. Namun kekalahan Persipura 1-2 dari Perseru membuat posisi mereka belum bisa dipastikan lolos ke semifinal.

Hasil seri di laga terakhir, bisa mengukuhkan Persib untuk lolos. Namun dengan selisih gol +4, Persib tetap akan lolos jika kalah tak lebih dari tiga gol dari Persipura.

Sebaliknya bagi Persipura, mereka harus menang dengan selisih 5 gol atau lebih dari Persib. Begitu juga Perseru harus menang minimal selisih 6 gol dari Barito Putera.***

Baca Juga

Persija Lebih Keras Dibanding Persib

PERSIB mengakhiri puasa kemenangannya saat menekuk Mitra Kukar 3-1 di Stadion Si Jalak Harupat, Jumat 27 Oktober 2017 lalu.

Catatan Sejumlah Mantan Pemain Persib di Tim Barunya

MENGAWALI musim baru, perubahan merupakan hal yang wajar dialami tim sepak bola. Masuknya pemain baru dan keluarnya pemain lama terjadi demi memenuhi kebutuhan tim yang berujung pada target prestasi yang lebih baik.

Inikah Solusi Playmaker Persib Musim Depan?

CUCURAN air mata tak bisa dibendung di wajah Gian Zola Nasrullah ketika peluit akhir menandai kekalahan Persib Bandung dari tamunya Perseru Serui di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Minggu 12 November 2017.