Duel Liverpool vs Manchester United Tak Hanya di Lapangan

Liverpool vs MU/LIVERPOOL

BIG Match Liga Inggris akan tersaji akhir pekan ini, kala The Reds Liverpool menjamu setan merah Manchester United pada Sabtu, 14 Oktober 2017 di Stadion Anfield.

Kedua tim merupakan klub tersukses di Liga Inggris dalam hal raihan trofi. MU total telah mengoleksi 20 trofi sementara Liverpool masih tertahan dengan 18 trofi. Namun The Reds belum pernah meraih trofi Liga Inggris semenjak berganti format pada 1992 yang lalu.

Dilansir dari laman skysport, ada sejumlah fakta menarik tentang kedua klub yang sama-sama memakai jersey kebanggaan berwarna merah ini, berikut fakta faktanya.
 

1. Rata-Rata Posisi di Klasemen

Dalam kurun waktu 50 tahun terakhir, Liverpool memiliki rata-rata posisi di klasemen dengan 3,44. Sementara Manchester United hanya memiliki rata-rata 5,08, meskipun sebenarnya MU telah memenangkan gelar Liga Inggris sejak berganti format sebanyak 13 kali.
 

2. Jumlah Raihan Gelar

Liverpool dan MU tidak hanya bersaing dalam kancah domestik Liga Inggris, kedua tim juga bersaing dalam raihan trofi lainnya.

Seperti di kompetisi Liga Champions Eropa, Liverpool lebih unggul dalam raihan trofi si kuping besar ini, The Reds total telah meraih 5 gelar. Sementara MU baru meraih 3 trofi.

Di ajang Piala FA, MU lebih unggul dengan keluar sebagai juara sebanyak 12 kali, sementara Liverpool baru mengantongi gelar ini sebanyak 7 kali.

Jika ditotalkan, jumlah raihan gelar kedua tim dari berbagai kompetisi yang diikuti, MU dan Liverpool hanya terpaut satu trofi saja. MU telah meraih gelar sebanyak 45 kali, Liverpool hanya berbeda satu margin dengan MU, total 44 trofi telah diraih Liverpool.
 

3. Tingkat Kehadiran Penonton

Berdasarkan data yang dihimpun dari Worldfootball.net, selama seabad terakhir jumlah pendukung Manchester United lebih sering menghadiri pertandingan ke Stadion Oldtrafford.

Rata-rata tiap kali MU menghelat laga, jumlah penonton yang menyaksikan pertandingan adalah sebanyak 55. 350 penonton, sejak musim 1967/1968 hingga musim 2016/2017.

Liverpool kembali berkompetisi di Liga Champions Eropa musim ini, setelah beberapa musim absen, tentu kembalinya Liverpool ke kompetisi klub-klub tertinggi Eropa ini akan membuat Stadion Anfield kembali disesaki para pendukung The Reds.

Selama 50 tahun terakhir, rata-rata jumlah penonton yang menyesaki Anfield adalah sebanyak 41. 403 penonton.
 

4. Jumlah Pengikut Media Sosial

Total ada 108.3 juta orang yang mengikuti akun sosial media Manchester United, baik itu Facebook, Instagram ataupun Twitter.  Sementara ada 43,9 juta orang yang mengikuti akun sosial media Liverpool.

Akun sosial media para pemain kedua tim juga tak kalah banyaknya, di kubu setan merah Zlatan Ibrahimovic memiliki jumlah pengikut yang paling banyak, ada 59,6 juta orang yang mengikuti akun sosial media pemain asal Swedia ini. Lalu diikuti oleh Paul Pogba dengan 29,3 juta pengikut dan David De Gea dengan total pengikut 23,4 juta orang.

Para pemain Liverpool juga tak kalah tenar dalam hal jumlah pengikut, Mohamed Salah menjadi pemain yang memiliki pengikut terbanyak di kubu Merseyside, Salah memiliki 15,7 juta pengikut, lalu diikuti oleh pemain asal Inggris Daniel Sturridge yang memiliki jumlah pengikut sebanyak 8,3 juta dan Philippe Coutinho dengan total pengikut sebanyak 7,3 juta. (Abdul Muhaemin)***

Baca Juga