Pesta Gol ke Gawang Myanmar, Timnas U-19 Rebut Posisi Ketiga Piala AFF U-18

Egy Maulana Vikri/PSSI
PEMAIN Timnas U-19 Egy Maulana Vikri berebut bo0la dengan pemain Myanmar dalam laga perebutan tempat ketiga di Stadion Thuwanna, Yangon, Minggu 17 September 2017. Dalam laga itu, Indonesia menang 7-1.*

YANGON, (PR).- Timnas U-19 meraih kemennagan telak, 7-1, atas Myanmar dalam laga perebutan tempat ketiga Piala AFF U-18. 

Bertanding di Stadion Thuwuna, Myanmar, Minggu 17 September 2017 sore, Timnas U-19 tampil beringas dan membuat lawannya tak berdaya. Tujuh gol Indonesia masing-masing dicetak Muhammad Rafli menit ke-14 dan 60, Witan Sulaeman menit ke-28, Egy Maulana Vikri menit ke-34 dan 86, serta Hanis Saghara Putra menit ke-73 dan 90+3.

Sementara itu, gol hiburan dari Myanmar dicetak Sone Naing menjelang bubaran tepatnya menit ke-90+2.

Hampir semua gol yang ditorehkan Indonesia merupakan buah dari kreasi cantik. Buruknya koordinasi barisan pertahanan dan lunturnya semangat juang Myanmar bisa dimanfaatkan dengan optimal oleh para pemain Timna U-19.

Sejak babak pertama, Pelatih Indra Sjafri menginstruksikan para pemainnya untuk tidak membiarkan para pemain Myanmar nyaman menguasai bola

Saat turun minum, Indonesia sudah unggul 3 gol tanpa balas. Statistik saat jeda menunjukkan Myanmar lebih dominan dalam permainan dengan 55 persen penguasaan bola dan melepaskan 15 kali percobaan tendangan ke arah gawang Indonesia. Angka itu berbanding jauh dengan Timnas U-19 yang hanya melepaskan 7 tembakan ke arah gawnag lawan. 

Pada babak kedua, Timnas U-19 tampil lebih berani dan mempertontonkan serangan yang bervariasi. Hasilnya, 4 gol tambahan berhasil dibukukan. Permainan eksposif dan efektif itu tak ayal membuat mental pemain Myanmar runtuh. 

Secara keseluruhan, Indonesia menciptakan 14 peluang, 10 di antaranya akurat menyasar ke gawang lawan. Sementara Myanmar menghasilkan 30 peluang namun hanya 11 yang akurat mengarah ke gawang Timnas U-19.

Dengan hasil itu, Indonesia berhak menempati peringkat ketiga Piala AFF U-18 setelah pada laga semifinal ditekuk Thailand dalam drama adu penalti.***

Baca Juga