Bendera Indonesia Terbalik, Ini Permintaan Maaf dan Penjelasan Panitia SEA Games 2017 Malaysia

Bendera Merah Putih Terbalik/TWITTER IMAMNAHRAWI
Kesalahan pemasangan gambar bendera merah putih pada buku Kuala Lumpur 2017 Souvenir Special Book.*

KUALA LUMPUR, (PR).- Panitia Pelaksana SEA Games 2017 Malaysia menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat Indonesia, atas kesalahan pemuatan gambar bendera Indonesia. Mereka menyebutkan, terbaliknya gambar bendera Indonesia dalam buku panduan SEA Games XXIX/2017 adalah sebuah kesalahan yang tidak disengaja.

"Kami menyampaikan permintaan maaf pada masyarakat Indonesia untuk kesalahan yang tidak disengaja atas pemuatan gambar bender Indonesia yang terbalik," ujar pernyataan resmi panitia dalam laman resmi SEA Games 2017 Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Seperti diketahui, dalam buku panduan SEA Games XXIX/2017, Kuala Lumpur Malaysia, bendera Indonesia dimuat terbalik yakni putih pada bagian atas, dan merah di bagian bawah.

buku bertajuk 'souvenir special' tersebut dibagikan kepada tamu undangan, termasuk Menpora Imam Nahrawi saat upacara pembukaan pesta olahraga bangsa Asia Tenggara yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Di halaman ke-80 dalam buku tersebut, bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih merah. Posisi itu bersebelahan dengan bendera Malaysia.  Bendera Indonesia yang tercetak terbalik ini sebenarnya untuk menandakan negara yang sudah menjadi tuan rumah SEA Games.

Dibawah bendera tersebut terpampang jelas tahun ketika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games yaitu 1979, 1987, 1997 dan 2011.

Kesalahan mencetak bendera hanya terjadi pada Indonesia. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar.

Dalam pernyataan resmi, Panitia SEA Games 2017 Malaysia menjelaskan bahwa Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia YB Brig Gen Khairy Jamaluddin akan melakukan kunjungan kehormatan pada Minggu, 20 Agustus 2017 ini ke Indonesia. Jamaluddin akan bertemu dengan Menpora Indonesia Imam Nahrawi untuk kembali meminta maaf atas nama komite SEA Games.

"Kami sangat menyesal untuk kesalahan ini, dan kami percaya bahwa hubungan yang kuat antara kedua negara (Indonesia-Malaysia) akan tetap dan semakin menguat di bawah semangat SEA Games," tutur pernyataan resmi mereka.

Khairy Jamaluddin sebelumnya juga telah menyampaikan permintaan maafnya melalui akun twitter resmi miliknya. Ia menanggapi Menpora Imam Nahrawi yang mengunggah gambar bendera terbalik dalam buku panduan tersebut, dengan nada kesal. 

"Bapak Imam, Please accept my sincere apologies for this. Sesungguhnya tiada niat jahat. Saya amat kesal dengan kesilapan ini. Mohon maaf," tulis Khairy Jamaluddin. ***

Baca Juga

Menpora Tutup Final Liga Santri Nusantara

BANDUNG, (PR).- Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi menutup perhelatan final sepak bola Liga Santri Nusantara (LSN) 2017 yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu, 29 Oktober 2017 malam.