Gian Zola Dicoret dari Skuad Timnas SEA Games

Gian Zola/ARMIN ABDUL JABBAR/PR

JAKARTA, (PR).- Gelandang serang asal Persib Bandung, Gian Zola dicoret dari daftar skuad Timnas yang akan berlaga di SEA Games 2017. Keputusan tidak membawa Zola karena di posisinya saat ini sudah menumpuknya pemain.

Hal itu diungkapkan Asisten Pelatih Timnas U-22 Bima Sakti seperti yang kutip dari rilis PSSI, Jumat 11 Agustus 2017. Menurut dia, Zola tidak jelek, tapi memang kebutuhan tim dan kuota yang membuat Pelatih Timnas U-22 Luis Milla harus memilih.

"Untuk posisi gelandang sudah menumpuk pemain. Jadi kami harus memilih bukan karena jelek tapi karena disesuaikan dengan kebutuhan dan kuota yang hanya memperbolehkan membawa 20 pemain," ujarnya. Untuk posisi gelandang ini, bukan Zola saja yang tercoret, gelandang Bali United Miftahul Hamdi pun juga bernasib serupa.

Selain itu, ada juga dua pemain lainnya yang tidak dibawa ke Kuala Lumpur, yakni Bagas Adi Nugroho (Arema FC) dan Ravi Murdianto (PT TNI). Bagas tidak dibawa karena pemain belakang timnas ini masih belum pulih benar dari cedera lutut kirinya hingga tidak memungkinkan untuk dibawa. Sementara Ravi, karena terpentok kuota. Hanya dua kiper yang didaftarkan untuk bermain di SEA Games nanti, sedangkan satu kiper lainnya dibawa hanya sebagai partner berlatih. Dengan tidak dibawanya empat pemain, jadi total hanya 20 plus satu pemain yang akan dibawa Sabtu 12 Agustus 2017.

"Buat mereka, ini bukan akhir dari segalanya. Masih ada event-event lainnya seperti Asian Games tahun depan dan FIFA match day," ungkap Bima menambahkan.

Timnas sendiri rencananya akan bertolak menuju Kuala Lumpur pagi nanti, pukul 8.35 WIB menggunakan Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. 

Pada ajang SEA Games 2017 nanti Indonesia bergabung bersama Thailand, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, dan Filipina di Grup B. Garuda Muda akan memulai laga perdana pada tanggal 15 Agustus 2017 melawan Thailand di Stadion Shah Alam, Selangor.

Fokus set piece

Pada latihan terakhir Jumat sore di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, timnas fokus berlatih ke set piece. Latihan terakhir itu berjalan hampir dua jam, berbeda dari biasanya yang hanya 1,5 jam tiap sesinya. 

"Kami fokus latihan tersebut karena coach Luis Milla tidak mau terjadi lagi kesalahan-kesalahan waktu lawan Malaysia kemarin kan dua gol gara-gara set pieces. Tadi juga ada dua kali game gunanya supaya membiasakan pemain dan kami juga ingin lihat gimana kondisi Ezra dan pelatih sangat puas dengan semua kondisi para pemain," jelas Bima.

Daftar 21 pemain Timnas U-22 yang dibawa ke Malaysia:

  • Kiper: Kurniawan Kartika Aji (Persiba Balikpapan), Satria Tama (Persegres Gresik United), Mochammad Diky Indriyana (Bali United)
  • Belakang: Andy Setyo (PS TNI), Hansamu Yama (Barito Putera), Ryuji Utomo (Persija), Putu Gede (Bhayangkara FC), Gavin Kwan (Barito Putera), Ricky Fajrin (Bali United), Rezaldi Hehanusa (Persija)
  • Tengah: M Hargianto (Persija), Asnawi Mangkualam Bahar (PSM), Hanif Abdurrauf Sjahbandi (Arema FC), Evan Dimas (Bhayangkara FC), Septian David Maulana (Mitra Kukar), Febri Haryadi (Persib), Osvaldo Hay (Persipura), Saddil Ramdani (Persela)
  • Depan: Ezra Walian (-), Marinus Mariyanto (Persipura), Yabes Roni (Bali United) 

Jadwal lengkap laga Timnas U-22 di SEA Games 2017:

  • Selasa, 15 Agustus 2017: Indonesia vs Thailand (Stadion Shah Alam, pukul 15.00 WIB, live SCTV/Indosiar/TVRI)
  • Kamis, 17 Agustus 2017: Indonesia vs Filipina (Stadion Shah Alam, pukul 19.45 WIB, live SCTV/Indosiar/TVRI)
  • Minggu, 20 Agustus 2017: Indonesia vs Timor Leste (Stadion Majlis Perbandaraan MP Selayang, pukul 15.00 WIB, live SCTV/Indosiar/TVRI)
  • Selasa, 22 Agustus 2017: Indonesia vs Vietnam (Stadion Majlis Perbandaraan MP Selayang, pukul 19.45 WIB, live SCTV/Indosiar/TVRI)
  • Kamis, 24 Agustus 2017: Indonesia vs Kamboja (Stadion Shah Alam, pukul 15.00 WIB, live SCTV/Indosiar/TVRI).***

Baca Juga

Striker Nur Hardianto Batal Perkuat Timnas U-22 di SEA Games

JAKARTA, (PR).- Striker Tim Nasional U-22 Ahmad Nur Hardianto dipastikan tidak akan memperkuat Timnas di ajang SEA Games 2017 di Kuala Lumpur 19-30 Agustus mendatang. Penyakit yang dideritanya saat ini dinilai dokter Timnas U-22 dr.

Suporter Tim Nasional Indonesia

Deklarasi Damai Suporter Digelar 3 Agustus

JAKARTA, (PR).- Deklarasi damai suporter sepak bola nasional dipastikan akan digelar pada Kamis, 3 Agustus 2017 di Wisma Menpora, Kemenpora, Jakarta.