Timnas U-16 Sukses Jaga Gengsi Indonesia

Timnas U-16/PSSI

CHOBURI, (PR).- Tim Nasional (Timnas) U-16 akhirnya berhasil jaga gengsi Indonesia di Piala AFF U-15 2017. Mereka akhirnya pulang dengan kemenangan setelah mengalahkan Malaysia di pertandingan terakhir penyisihan Grup A.

Bertanding di Chonburi Campus Stadium, Senin, 17 Juli 2017, Indonesia memetik kemenangan 2-0. Dua gol Timnas dilesakkan oleh sang kapten tim, Brylian N. Aldama pada menit ke-54 dan menit ke-60.

Gol pertama Timnas diciptakan oleh Brylian lewat kombinasi umpan pendek yang apik hingga tidak bisa diantisipasi kiper Singapura. Lalu, gol kedua dihasilkannya setelah memanfaatkan dengan baik umpan silang dari Yudha Febrian dari sektor kiri.

Indonesia menguasai pertandingan di 10 menit terakhir, tapi sayang, peluang yang tercipta belum bisa berbuah poin tambahan bagi Timnas. Poin pun tidak berubah hingga akhir pertandingan.

Meski akhirnya berbuah kemenangan, namun Pelatih Timnas U-16 Fakhri Husaini tidak serta merta puas dengan performa pemainnya. Terlebih, laga terakhir melawan Singapura memang gunakannya untuk melihat kesiapan pemainnya untuk dimainkan dari awal pertandingan. 

Dari hasil pertandingan itu, dia menilai, masih ada beberapa pemain yang tidak menunjukkan dan menggunakan kesempatan tersebut untuk bermain maksimal. Terutama di babak pertama. Menurut Fakhri, beberapa pemain tidak bermain seperti apa yang diinstruksikannya.

"Babak pertama saya kurang puas dengan penampilan para pemain. Namun saat babak kedua mereka menunjukkan kemampuannya meskipun belum seperti biasanya. Gol Brylian memang memenangkan kami, tapi saya juga lihat dia belum dalam permainannya yang seutuhnya, berbeda dengan sebelum kami berangkat ke turnamen ini. Dia rasa dia masih bisa kembang lagi," ujarnya.

Timnas direncanakan akan langsung kembali ke tanah air pada Selasa, 17 Juli 2017. Nanti setelah tiba di Indonesia dan diputuskan selesai turnamen ini, Fakhri memastikan pihaknya akan melakukan evaluasi tim.

Kemungkinan untuk terjadinya perombakan tim, menurut dia sangat terbuka. Mengingat setelah ini, Timnas U-16 akan langsung persiapan menuju kualifikasi Piala Asia U-16 2018 pada 16-24 September mendatang di Thailand.

Indonesia sendiri berada di Grup G bersama tuan rumah, Thailand, Laos, Timor-Leste, dan Kepulauan Mariana Utara. Timnas U-15 akan mengawali penyisihan grup pada 16 September melawan Kepulauan Mariana Utara. ***

Baca Juga

Timnas U-16 Wajib Menundukkan Australia Demi Jaga Asa

CHONBURI, (PR).- Kekalahan 0-1 dari Thailand di laga kedua pada pertandingan penyisihan Grup A Piala AFF U-15, Selasa, 11 Juli 2017 lalu membuat Tim Nasional U-16 peluang Indonesia untuk bisa menembus semifinal pun semakin berat.

Jelang Piala AFF, Timnas U-16 Mulai Asah Taktik

JAKARTA, (PR).- Memasuki 10 hari terakhir jelang Piala AFF U-15 2017 yang akan berlangsung pada 9-22 Juli mendatang di Thailand, Tim Nasional (Timnas) U-16 mulai memasukan banyak menu latihan taktik.

Timnas U-16 Kehilangan Hamsa Lestaluhu

JAKARTA, (PR).- Tim Nasional (Timnas) U-16 yang akan berlaga di Piala AFF, 9-22 Juli ini di Thailand harus kehilangan salah satu gelandang serang terbaiknya, Hamsa Lestaluhu.

Misi Timnas U-16, Menang di Dua Laga Akhir

CHONBURI, (PR).- Meskipun sudah tersingkir dalam persaingan menuju semifinal Piala AFF U-15 2017,  Tim Nasional U-16 masih mempunyai misi yang harus dipenuhi di penyisihan Grup A, sebelum akhirnya kembali ke Tanah Air.

Timnas U-16 Gagal Penuhi Misi Bawa Pulang Dua Kemenangan

CHONBURI, (PR).- Tim Nasional (Timnas) U-16 gagal penuhi misi bawa pulang enam poin penuh di dua sisa pertandingan. Pada Sabtu 15 Juli 2017, Timnas kembali harus menelan kekalahan ketiga dalam penyisihan Grup A Piala AFF U-15 2017.