The Jakmania Boleh ke Bandung?

Persija vs Persib/DEDEN IMAN/PR
PEMAIN Persib Bandung Sergio Van Dijk berebut bola dengan pemain Persija Jakarta pada pertandingan Indonesia Soccer Championship 2016 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Sabtu 5 November 2016. Persib dapat mengimbangi permainan keras Persija 0-0 dalam pertandingan tersebut.*

JAKARTA, (PR).- PT Liga Indonesia Baru (LIB) tidak mempermasalahkan jika suporter Persija Jakarta, The Jakmania datang ke Bandung untuk menyaksikan pertandingan langsung antara Persib Bandung melawan Persija Jakarta pada pekan 16 kompetisi Go-Jek Traveloka Liga 1, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, 22 Juli mendatang. Akan tetapi mereka menyerahkan semua keputusan kepada pihak Panitia Penyelenggara pertandingan dan pihak kepolisian. 

"Kami mempersilakan suporter Persija untuk menyaksikan pertandingan. Tapi kembali lagi semua keputusan ada ditangan Panitia Penyelenggara (Panpel) Persib dan perizinan dari pihak kepolisian. Kami pada dasarnya tidak melarang," ucap CEO PT Liga Indonesia Baru (LIB) Risha Adi Wijaya kepada wartawan di Kantor PT LIB, Kuningan, Jakarta, Senin 10 Juli 2017. 

Sebelumnya, Ketua PSSI Edy Rahmayadi lah yang mencetuskan ide tersebut. Dia berencana membiarkan The Jakmania untuk datang menonton pertandingan ke Bandung. Dia menilai jika kebebasan ini adalah untuk mengukur kadar kedewasaan kedua kelompok suporter, Jakmania dan bobotoh yang selama ini selalu berseteru. 

Perseteruan yang abadi ini pun berdampak negatif. Pasalnya tidak ada satu pun suporter dari kedua kelompok yang bisa bebas mendukung timnya saat Persib dan Persija bertemu dalam pertandingan kandang. Pasalnya, jika bertemu maka kerap kali akan berakhir bentrok hingga memakan korban jiwa. 

"Apa perlu dilepas saja, The Jakmania ke Bandung? Karena biasanya kalau dilepas justru tidak terjadi apa-apa," kata Edy ketika membuka kompetisi Liga 1 U-19 di Stadion Patriot akhir pekan lalu. 

Direktur Operasional (COO) PT LIB Tigor Shalomboboy menambahkan, jika sebenarnya semua orang memang memiliki hak yang sama untuk menonton pertandingan. Tapi di luar itu, pihaknya juga ada dalam satu komunitas yang tidak memungkinkan untuk bisa melakukan hal tersebut. 

"Dalam hal ini kita berbicara aspek keamanan. Pasti kepolisian tidak mengizinkan dari sisi keamanannya, mengingat peristiwa yang sudah-sudah. Meskipun Pak Edy kemarin menyampaikan 'Ya sudah sekalian saja dilepas' tapi kami melihatnya juga harus berkomunikasi dengan banyak pihak. Kami tidak mau berita suporter justru lebih ramai dibandingkan berita pertandingan itu sendiri," ucapnya.***

Baca Juga

Sanksi untuk Persib Masih Mengambang

JAKARTA, (PR).- Nasib Persib Bandung dalam kompetisi Liga 1 sepertinya masih belum bisa diputuskan dengan cepat. Komisi Disiplin PSSI mengaku masih membutuhkan pendalaman lagi untuk mengumpulkan bukti sebanyak-banyaknya.

Kim Kurniawan: Saatnya Persib Menang

SOLO, (PR).- Gelandang Persib Kim Kurniawan melihat bahwa Maung Bandung lebih berpeluang dalam pertandingan Persija vs Persib di Stadion Manahan Solo, Jumat 3 November 2017 sore.