Ski Air Porda 2018 Pertandingkan 14 Nomor

PSAWI Jabar/IRFAN SUBHAN/PR
WAKIL Ketua II KONI Jabar, Verdia Yosef (duduk tengah) berfoto bersama dengan perwakilan pengurus Pengprov dan Pengcab Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (PSAWI), pada Rapat Anggota Tahunan PSAWI Jabar, di BMC Resto, Jalan Aceh, Kamis, 18 Mei 2017.*

BANDUNG, (PR).- Cabang olah raga ski air dan wakeboard di Pekan Olah Raga Daerah (Porda) 2018 Kabupaten Bogor akan mempertandingkan 14 nomor. Hal tersebut terungkap saat Rapat Anggota Tahunan (RAT) Pengurus Provinsi Persatuan Ski Air dan Wakeboard Indonesia (Pengprov PSAWI) Jawa Barat, di BMC Resto, Jalan Aceh, Kamis, 18 Mei 2017.

“Jumlah ini lebih banyak dua nomor dibandingkan saat PON XIX/2016 kemarin yang hanya mempertandingkan 12 nomor. Sebenarnya dua nomor ini bukan baru. Hanya kita ubah, tadinya kan beregu campuran sekarang kita tambah yaitu beregu putra dan beregu putri. Baik untuk ski air maupun wakeboard,” tutur Ketua Umum Pengprov PSAWI Jabar, Darwin Suratman, saat ditemui disela-sela RAT.

Dia menuturkan, pada Porda 2018 nanti, cabang olah raga ski air dan wakeboard akan diikuti 13 Pengcab PSAWI. Dari 13 Pengcab, 10 diataranya sudah memiliki surat keputusan (SK), sedangkan tiga lainnya masih dalam proses pengajuan.

Ke-10 Pengcab PSAWI yang sudah memiliki SK yaitu Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Purwakarta, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Subang, dan Sumedang.

“Tiga Pengcab lainnya yaitu Kabupaten Bandung, Cianjur, dna Sukabumi masih dalam tahap pengajuan, dan mudah-mudahan SKnya bisa segera keluar.

Jabar sendiri menjadi pionir ski air dan wakeboard nasional. DKI Jakarta dan Jawa Timur tidak mempunyai Pengcab, bahkan ini cabor ski air pertama yang di Pordakan,” katanya.

Nyaris tak dipertandingkan

Darwin mengatakan, sebelumnya ski air nyaris tidak dipertandingkan di Porda 2018 Kabupaten Bogor. Namun, berkat dukungan penuh dari KONI Jabar, maka cabor ini akhirnya bisa dipertandingkan.

Ini merupakan keikutsertaan yang ketiga dari cabang olah raga ski air dan wakeboard di Porda, setelah yang pertama pada Porda 2010 Jabar dan Porda 2014 Kabupaten Bekasi.

“Sesuai dengan peraturan KONI Jabar, cabor yang bisa dipertandingkan di Porda minimal diikuti tujuh Pengcab. Ski air ini akan diikuti oleh semua Pengcab yaitu 13 Pengcab,” ucapnya.

Untuk praturan pembatasan usia sendiri, cabang olah raga ski air dan wakeboard belum memiliki ketentuan tersebut. Namun, setiap Pengcab bisa mengirimkan dua atlet di atas 35 tahun. hal ini dilakukan supaya di PON Papua nanti, mereka masih bisa dapat bertanding.

“Kalau total atlet yang ikut di Porda Kabuapten Bogor nanti diperkirakan 500an atlet, arena pertandingan sendiri akan diadakan di Danau Mekarsari, dan tempat ini juga akan menjadi tempat babak kualifikasi Porda pada bulan Oktober nanti,” tutur Darwin.***

Baca Juga

Persib U-19 Tundukkan Barito Putera 2-0

BANDUNG, (PR).- Persib U-19 kembali perkasa dengan menundukan Barito Putera U-19 2-0 dalam lanjutan Babak 8 Besar Liga 1 U-19 di Stadion Gelora Arcamanik, Minggu, 22 Oktober 2017 malam.

Regulasi Kompetisi Liga 1 Berpotensi Salah Tafsir

JAKARTA, (PR).- Guna meminimalisir salah tafsir kembali terhadap regulasi kompetisi, khususnya di Liga 1, PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan meminta penjelasan resmi kepada PSSI.