Real Madrid vs Barcelona, Saling Jegal ke Singgasana Juara Liga Spanyol

Messi vs Ronaldo/REUTERS

MADRID, (PR).- Pekan ke 33 Liga Spanyol akan diramaikan laga akbar Real Madrid melawan Barcelona. Pada pertemuan kali ini, Real Madrid akan bertindak sebagai tuan rumah. Selain menjaga gengsi di antara kedua klub, pertandingan itu juga bisa menjadi penentu siapakah yang akan mengangkat trofi Liga Spanyol akhir musim nanti. 

Real Madrid saat ini memuncaki klasemen sementara Liga Spanyol sedangkan Barcelona tepat berada di bawahnya dengan selisih hanya 3 poin.

Kedua kesebelasan sedang dalam kondisi berbeda. Real Madrid sedang sangat percaya diri usai lolos ke semifinal Liga Champions dalam 7 musim berturut-turut. Sementara Barcelona harus tersingkir setelah kalah agregat 0-3 dari Juventus. Hal itu setidaknya  bisa menjadi bekal moral bagi Los Galacticos untuk membekuk sang tamu yang sedang terpuruk.

Dari 5 pertemuan terakhir kedua klub , masing-masing mengantongi 2 kemenangan dan satu kali imbang. Namun tim asuhan Luis Enrique dipastikan tidak akan tampil dengan kekuatan terbaiknya. Salah satu pemain andalan mereka, Neymar harus absen akibat kartu merah yang ia terima saat melawan Malaga. 

Sejatinya, Barca sudah mengajukan banding untuk pemainnya itu namun upayanya ditolak. Hal itu menjadi kerugian bagi barca mengingat tidak adanya pengganti yang sepadan untuk mengisisi posisi Neymar. 

Sementara di kubu tuan rumah, sang pelatih, Zinedine Zidane bisa jadi dipusingkan dengan pemilihan pemain inti. Pemain-pemain seperti Isco , Marco Asensio sedang berada pada performa puncaknya. belum lagi sudah pulihnya Gareth Bale. Fans Real Madrid bahkan lebih memilih Asensio untuk tampil sejak awal dibandingkan Bale.

Real Madrid harus benar-benar memanfaatkan kondisi lawannya yang sedang terpuruk apabila ingin semakin dekat dengan juara. Saat ini mereka mengantongi 75 poin dari 31 pertandingan. Sementara di posisi 2, Barcelona sudah mengumpulkan 72 poin dari 32 pertandingan. Dengan keunggulan 3 poin dan memiliki satu pertandingan lebih , Sergio Ramos dkk. lebih diuntungkan dalam perburuan gelar kali ini.

Laga ini menjadi misi yang sulit bagi pelatih Barca Luis Enrique. Tentu ia ingin meberikan yang terbaik di laga el clasico terakhirnya. Enrique memutuskan untuk mengakhiri kerja samanya dengan klub yang telah membesarkan namanya itu.

Zidane pun bukan tanpa ambisi. Ia tentu ingin menjuarai Liga  Spanyol, satu-satunya gelar yang belum mereka cicipi dalam enam musim terakhir. Pertandingan yang akan digelar pada Senin pukul 1.45 WIB itu tentu akan menyajikan sepakbola dengan kualitas dan emosi tinggi. (Arian Megantara)***

Baca Juga

Pelatih Real Madrid: Semakin Dekat, Semakin Rumit

VIGO, (PR).- Real Madrid akan menggeser Barcelona di puncak klasemen Liga Spanyol jika mampu mengalahkan tuan rumah Celta Vigo di Stadion Balaidos, Vigo, Kamis 18 Mei 2017 pukul 2.00 WIB.

Zidane: Cristiano Ronaldo Istimewa

MADRID, (PR).- Cristiano Ronaldo mencetak sejarah bersama Real Madrid, setelah golnya sukses melampaui angka 400 selama berkostum Los Blancos.