Menghitung Peluang Liverpool dan Manchester United Masuk Zona Liga Champions

Liga Inggris/DOK. PR

PADA pekan ke-34 Liga Inggris, Manchester United akan bertandang ke Turf Moor, markas dari Burnley, Minggu 23 april 2017. Tim asuhan Jose Mourinho sedang dalam kepercayaan diri tinggi setelah menekuk sang pemuncak klasemen, Chelsea.

Meskipun begitu , Setan Merah harus tetap mewaspadai tuan rumah. Menilik pada pertemuan sebelumnya ketika bermain di Old Trafford , Burnley hanya bisa bermain imbang tanpa gol. Bukan tidak mungkin anak asuh Sean Dyche bisa kembali menyulitkan Manchester United. Terlebih, musim ini Burnley memiliki rekor bagus ketika bermain di kandang.

Kemenangan sudah menjadi hal yang wajib bagi kedua tim. Manchester United yang kini berada di posisi 5 klasemen sementara jelas membutuhkan 3 poin guna menjaga peluang masuk ke posisi 4 Besar. Hal itu dibutuhkan guna mengamankan jatah ke Liga Champions.

Sementara itu, Burnley yang menempati posisi 14 klasemen dan terpaut 8 poin dengan zona degradasi membutuhkan poin untuk terus merengsek ke papan tengah.

Liga inggris terkenal dengan pekan pekan terakhirnya yang menyajikan drama. Entah itu perebutan posisi 4 Besar maupun perjuangan menyelamatkan diri dari zona degradasi.

Sementara di pertandingan lain, pada tanggal yang sama, Liverpool akan menjamu Crystal Palace di Anfield. Crystal Palace tentu tidak ingin membuang poin begitu saja kala berjumpa dengan Liverpool. Ia pantas berharap lebih kepada timnya. Pada pertandingan terakhir ketika melawan tim besar seperti Arsenal dan Chelsea, mereka bisa mengalahkan kedua tim asal London tersebut.

Bahkan Arsenal mereka bantai tiga 3 tanpa balas. Tentu hal itu menjadi peringatan tersendiri bagi Juergen Klopp. Pemain-pemain seperti Benteke dan Wilfried Zaha wajib diwaspadai Liverpool.

Kombinasi keduanya telah terbukti merepotkan Arsenal dan Chelsea. Apalagi, Benteke yang sudah mencetak 3 gol dari 4 pertandingan terakhir merupakan mantan pemain Liverpool. Tentu setidaknya ia bisa mengekspos lini pertahanan Liverpool yang pada musim ini menjadi titik lemah.

Akan tetapi, Liverpool sedang dalam misi untuk mengamankan tiket Liga Champions. Setiap pertandingan adalah final bagi Jordan Henderson dkk. Sudah pasti Klopp tidak akan meremehkan setiap lawan yang tersisa. Terpeleset sedikit saja bisa membuat posisi mereka rawan tergusur oleh Manchester City dan Manchester nited.

Manchester United saat ini berada diposisi ke 5 klasemen dengan 60 poin. Sementeara Liverpool dua tingkat di atasnya dengan 66 poin. Namun, Manchester United memiliki sisa dua pertandingan lebih dari Liverpool. Jika kedua tim ingin mengamankan tiket Liga Champions, skenarionya adalah mereka harus menyapu bersih sisa pertandingan dengan kemenangan.

Jika berhasil, mereka akan sama-sama mengantongi 81 poin pada akhir musim. Rintangan ada pada Mourinho dan anak asuhnya. Mereka masih harus bertandang ke markas Arsenal , Manchester City, dan Tottenham Hotspur. Sementara bagi Klopp, momen yang berpotensi menghalang laju mereka adalah ketika bertandang ke markas West Ham United. Menarik untuk dinanti. Mengingat kedua tim memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk finis di posisi 4 Besar. (Arian Megantara)***

Baca Juga

Gagal Gaet Dua Pemain, Chelsea Lirik Gelandang Leicester City

LONDON, (PR).- Everton telah menolak tawaran 25 juta poundsterling dari Chelsea untuk Ross Barkley. Namun, gelandang berbendera Inggris itu masih mungkin meninggalkan Everton sebelum jendela transfer ditutup, Kamis 31 Agustus 2017.