Timnas U-23 Siap Maksimal Hadapi Myanmar

Timnas U-23/ANTARA
Sejumlah pesepak bola mengikuti seleksi timnas tahap ketiga di lapangan Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa, 7 Maret 2017. Pada seleksi ini, pelatih timnas Luis Milla memanggil tiga pemain baru yakni Nazar Nurzaidin (Barito Putera), Paulo Oktavianus Sitanggang (Barito Putera), dan Yabes Roni Malaifani (Bali United).*

CIBINONG, (PR).- Tim Nasional Indonesia U-23 menjanjikan perlawanan maksimal terhadap tim Myanmar pada pertandingan persahabatan yang akan digelar di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Selasa 21 Maret 2017. Meskipun tim lawan akan diperkuat sejumlah pemain senior, pelatih Timnas Luis Milla tetap optimistis dengan kekuatan pemain muda Indonesia.

Pertandingan tersebut juga diakui Luis sebagai pertandingan yang penting baginya sebagai pelatih baru Timnas. "Buat kami dan saya khususnya, laga ini sangat penting. Kami hormati Myanmar sebagai lawan kami," kata Luis dalam konferensi pers di Hotel Aston Sentul Kabupaten Bogor, Senin 20 Maret 2017. Untuk pertandingan perdananya, Timnas sudah berlatih selama sekitar satu bulan.

Selama proses seleksi pemain hingga latihan, tim pelatih Indonesia mengaku melakukan pendataan kemampuan dari setiap pemain yang terpilih. Luis memastikan kondisi seluruh pemainnya memungkinkan untuk bertanding melawan Myanmar. Kondisi fisik pemain juga ditunjang tahapan latihan hingga mereka dinyatakan berada pada kondisi paling prima.

"Tim kita positif (prima) karena latihan 2-3 hari lalu sangat bagus. 4-3 hari kita latihan​ teknik dan taktik. kita mau lihat sejauh mana permainannya nanti," kata Luis. Saat latihan, ia memperingatkan para pemain muda Indonesia​ untuk mewaspadai para pemain senior tim lawan. Menurutnya, peta kekuatan kedua tim cukup berbeda.

Timnas Indonesia diperkuat para pemain muda sedangkan Myanmar diisi pemain senior yang sudah banyak menjalani pertandingan bergengsi bersama tim nasional mereka. Karena itu, Luis meminta para pendukung Tim Garuda bersabar karena timnya saat ini masih dalam tahap konstruksi.

Hingga sehari sebelum pertandingan, Luis mengatakan salah seorang pemainnya Ezra Wilian karena status kewarganegaraannya yang belum jelas. Namun, ia meyakinkan proses naturalisasi bomber tim Ajax Amsterdam itu sudah hampir selesai. "Kalau sudah lengkap ia akan main. Menurut saya ia pemain berbakat, pemain yang bisa masuk ke sistem kami permainan kami," katanya.

Kepastian Ezra bisa bertanding pada pertandingan tersebut menurut Direktur Hubungan Internasional dan Media PSSI Hanif Thamrin tinggal menunggu tanda tangan Presiden Joko Widodo. "Kami masih menunggu. Setelah berkoordinasi dengan AFC, Keppres saja cukup tak usah sumpah," katanya.

Sementara itu, Evan Dimas yang sempat alami cidera juga dipastikan pulih dan bisa dimainkan dalam pertandingan​ kali ini. "Saya memang cedera saat seleksi terakhir kemarin. Tapi kondisi saat ini sudah membaik. Kalau diturunkan saya siap untuk melawan Myanmar," katanya menegaskan. Menanggapi kepemimpinan Luis, ia berharap prestasi sepakbola Indonesia semakin membanggakan.

Sementara itu, Pelatih Myanmar Gerd Zeise, mengaku tidak akan menyepelekan kekuatan Timnas Indonesia U-23 pada laga persahabatan kali ini. Ia meyakini tim lawan yang diperkuat para pemain muda berbakatnya mempersiapkan diri secara maksimal. "Kami sudah sering bertemu Indonesia. Timnas Indonesia tim yang kuat, begitu juga tim U-23. Saya juga pernah bertemu timnas U-19 Indonesia," kata.

Gerd menyebut tim Myanmar membawa sebanyak 21 pemain yang mana 10 di antaranya merupakan pemain senior. Menurutnya, sebagian pemain Indonesia yang bermain kali ini sebenarnya juga pernah menjajal kemampuan tim Myanmar dalam berbagai pertandingan

Beberapa orang di antaranya kata Gerd adalah Evan Dimas dan Putu Gede. Keduanya pernah memperkuat Timnas Indonesia U-19 menghadapi Myanmar pada babak penyisihan Grup B Piala AFF U-19 2013. Bahkan keduanya juga berhasil mencetak gol untuk kemenangan Indonesia dengan skor 2-1 atas Myanmar.

Tak heran, Gerd mengaku sudah cukup mengenal permainan para pemain muda Indonesia yang akan diturunkan nanti. "Mereka punya permainan cepat, kombinasi yang bagus, kuat duel satu lawan satu," katanya memuji. Pelatih asal Jerman itu mengakui laga kali ini dijadikan persiapannya menghadapi kualifikasi Piala Asia 2019. Myanmar dijadwalkan bertanding melawan India pada 28 Maret 2017.***

Baca Juga

Zola dan Febri Jadi Starter Timnas U-23 vs Myanmar

BANDUNG, (PR).- Dua pemain muda Persib Bandung, Gian Zola dan Febri Hariyadi bakal diturunkan sebagai starter pada laga uji coba Timnas U-23 melawan Myanmar ‎di Stadion Pakansari, Selasa 21 Maret 2017. 

Susunan Pemain Timnas Indonesia U-23 vs Myanmar

BANDUNG, (PR).- Timnas Indonesia U-23 akan menjalani pertandingan uji coba perdana mereka, di Stadion Pakansari, Selasa, 21 Maret 2017 ini. Pada laga yang dijadwalkan berlangsung pukul 16.00 WIB itu, Timnas menjamu Myanmar.

Stadion Pakansari Rusak Ringan Jelang Final Piala Presiden 2017

CIBINONG, (PR).- Menjelang pertandingan final Piala Presiden 2017, Stadion Pakansari Kabupaten Bogor yang dipastikan jadi lokasi pertandingan tersebut mengalami beberapa kerusakan seperti langit-langit ruangan jebol dan beberapa kerusakan lain di toilet.

Arema FC Raih Gelar Juara Piala Presiden 2017

CIBINONG, (PR).- Arema FC merebut menyabet gelar juara Piala Presiden 2017 setelah mengalahkan Pusam Borneo FC dengan skor telak 5-1 di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Minggu, 12 Maret 2017 malam.